5 Manfaat Kunyit Untuk Asam Lambung Yang Sangat Penting

Untuk sebagian besar orang berbeda jika anda melihat manfaat pisang untuk jantung, termasuk anda pastinya tahu dengan jenis rempah- rempah yang satu ini. yaitu kunyit atau biasanya dikenal dengan nama kunir di beberapa daerah seperti di jawa. Secara ilmiah kunyit memiliki nama Curcuma longa Linn. Syn. Curcuma domestica Val dan termasuk jenis rempah asli Indonesia. Lalu seiring berkembangnya era perdagangan dan pertanian, kunyit menyebar luas hingga ke wilayah Asia, India, hingga Afrika dan hampir seluruh masyarakat india menggunakan rempah ini setiap harinya sebagai bumbu masakan ataupun obat.

Tidak hanya di India saja berbeda jika anda melihat manfaat yakult untuk asam lambung, di Indonesia sendiri masih banyak sekali orang yang menggunakan kunyit sebagai bumbu pelengkap masakan mereka. Warna kuning yang ada pada kunyit biasanya dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami dalam pembuatan berbagai macam makanan seperti nasi kuning. Tidak hanya itu saja, bahkan saat ini banyak sekali produk minuman hingga produk kecantikan berbahan dasar kunyit. Kunyit dijadikan sebagai bahan dasar minuman seperti jamu karena selain rasanya yang segar dan manis jika ditambahkan madu ataupun gula juga memiliki manfaat lainnya dalam bidang kesehatan. Dalam bidang kecantikan sendiri berbeda dengan manfaat rimbang, kunyit banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan lulur ataupun masker karena kandungan nutrisi pada kunyit sangat baik untuk kulit anda. Adapun rincian mengenai kandungan nutrisi pada kunyit.

Kandungan Nutrisi Kunyit

  • Natrium deklofenak
  • Piroksikam
  • Fenil butason
  • Antioksidan
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E
  • Lesitin
  • Amprotab
  • Mg- stearat
  • Nepagin

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang berupa zat aktif dan vitamin pada kunyit yang berbeda jika anda melihat manfaat ekor ikan pari, tidak hanya baik bagi kecantikan kulit anda saja. Masih banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda mengkonsumsi kunyit secara teratur dan berkala. Adapun salah satu manfaat kunyit bagi anda yang memiliki riwayat gangguan terhadap asam lambung. Dan untuk anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari kunyit yang baik untuk asam lambung dan berbeda dengan manfaat ekor cicak bercabang, berikut akan kami berikan penjelasan secara rinci mengenai berbagai manfaat kunyit untuk asam lambung.

Manfaat Kunyit Untuk Asam Lambung

  1. Menstabilkan Kadar Asam Lambung

Bagi anda yang memiliki masalah terhadap kondisi asam lambung, anda bisa mencoba cara tradisional untuk menstabilkan kadar asam lambung anda. Yaitu selain dengan mengontrol pola makan dan menu makanan anda sehari- hari, anda juga bisa mengkonsumsi kunyit. Untuk mengkonsumsinya bisa dijadikan sebagai bahan tambahan makanan ataupun minuman. Akan lebih mudah jika anda menjadikannya minuman seperti jamu. Selain rasanya yang enak dan segar cara mengolahnya pun sangat mudah dan praktis.

  1. Meredakan Nyeri Lambung

Bagi anda yang sering mengalami nyeri di bagian perut terutama lambung, anda bisa mencoba salah satu resep minuman tradisional yang berbahan dasar kunyit. Caranya yaitu siapkan kunyit sebanyak dua suing seukuran jari kelingking anda dan cuci hingga bersih. Seteah benar- benar bersih, potonglah kunyit dengan irisan agak tipis dan agar rasanya lebih nikmat anda bisa mencampurkannya dengan beberapa sendok madu ataupun gula. minuman ini tidak hanya bisa diminum dengan air panas tetapi anda bisa juga menyeduhnya dengan menambahkan beberapa kotak es batu. Tentunya ini selain nikmat juga segar.

  1. Mengatasi Maag

Banyak hal yang menjadi penyebab rasa nyeri pada lambung dan salah satunya yaitu penyakit maag. Biasanya selain rasa mual yang berlebih, anda juga akan merasakan nyeri pada lambung anda. Untuk mengatasi penyakit maag yang kambuh, anda bisa meminum minuman yang berbahan dasar kunyit. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang ada pada kunyit, selain dapat meredakan penyakit maag anda yang kambuh, kunyit juga mampu mencegah kambuhnya penyakit maag anda. Cara ini dipercaya sangatlah efektif untuk mengatasi penyakit maag anda. Anda bisa membuktikannya sendiri di rumah.


   

  1. Menjaga Kestabilan Asam Lambung

Bagi anda yang memiliki gangguan ketidakstabilan terhadap asam lambung anda, anda bisa mencoba cara tradisional ini. Caranya yaitu sediakan kunyit yang telah dibersihkan sebesar ibu jari anda dan potonglah tipis tipis. Setelah itu seduh dengan air mendidih dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Dengan ini anda dapat selalu menjaga kondisi asam lambung anda agar tetap stabil. Anda bisa mengkonsumsinya sebanyak 1 hingga 2 kali setiap 3 hari sekali.

  1. Mencegah Tingginya Asam Lambung

Asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan beberapa macam penyakit lambung seperti maag, tentunya ini sangat berbahaya karena jika maag sudah semakin akut akan sulit diatasi. Untuk mencegak tingginya kadar asam lambung anda, anda bisa mengkonsumsi kunyit entah itu berupa minuman, makanan hingga suplemen.

Itulah berbagai macam manfaat mengenai kunyit untuk asam lambung yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan anda dan bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal