8 Manfaat Kunyit Asam Sirih Pinang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kunyit asam sirih pinang secara umum sangat disukai oleh masyarakat. Hal ini karena masyarakat indonesia sudah tidak asing lagi dengan istilah jamu hal ini dikarenakan jamu sudah terkenal di zaman nenek moyang terdahulu yang memang berfungsi untuk pengobatan tradisional atau juga disebut pengobatan herbal. Suku jawa sering menamai jamu dengan sebutan “cekok” dimana artinya seperti menyuapkan minuman dengan paksa. Berbeda dengan manfaat makanan pahit, jamu biasanya identik dengan rasa yang tidak enak, maka dari itu orang tua memaksa anaknya untuk meminum jamu yang berfungsi untuk menambah nafsu makan.

Pengobatan tradisional ini menggunakan bahan bahan alami diantaranya  jahe, kencur, temulawak, cabe, cengkeh, kayu manis, akar alang-alang, lempuyang, jeruk nipis, daun sambiloto, kunyit, sirih pinang yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki khasiat dan manfaat yang berbeda yang juga menjadi khas manfaat rempah-rempah untuk kesehatan.

Jamu yang terkenal dikalangan masyarakat biasanya yaitu beras kencur, kunyit asam, kunyit asam sirih pinang. Dari jamu yang telah disebutkan sebelumnya terutama untuk kunyit asam sirih pinang terkandung beberapa zat yang terdapat didalamnya. Kunyit asam sirih pinang mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin E, lesitin, mg stearat, amprotab, kalidon, dan nepagin, zat tersebut yang terkandung di dalam kunyit asam, sedangkan zat yang terkandung di dalam pinang itu sendiri diantaranya yaitu arecoline, arecaidine, cholin, guvacine, guvacoline, dan tanin.

Kandungan zat zat tersebut sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita, antara lain sebagai berikut :

1. Mengontrol Berat Badan

Bagi Sebagian besar wanita berat badan ideal adalah dambaan. Menurutnya dengan berat badan yang ideal maka akan merasa lebih percaya diri. Dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam sirih pinang akan dapat mengontrol nafsu makan jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

2. Detoksifikasi Racun

Salah satu manfaat utama mengkonsumsi jamu kunyit asam sirih pinang ini yaitu detoksifikasi atau proses pengeluaran racun-racun yang ada di dalam tubuh. Berbeda dengan manfaat jahe dan sereh racun yang ada di dalam tubuh tersebut berasal dari paparan polusi dan radikal bebas maupun dari zat kimia yang masuk melalui makanan yang kita makan.

3. Berguna pada Area Kewanitaan

Untuk mengencangkan daerah kewanitaan jamu kunyit asam sirih pinang sangat lah bermanfaat terutama bagi wanita, apalagi wanita yang telah melahirkan ataupun baru selesai melahirkan, caranya cukup mudah hanya dengan menyiapkan kunyit, gambir, kulit pinang yang masih mudah dan kapur sirih, lalu direbus dan digunakan untuk membasuh organ kewanitaan.

4. Melancarkan Haid

Haid merupakan siklus bulanan yang sangat penting bagi wanita. Kelancaran haid juga memperngruhi kesehatan. Kondisi haid yang tidak teratur dapat menjadi salah satu masalah penting yang harus diobati bagi wanita. Konsumsi kunyit asam secara teratur dan rutin  akan menyebabkan siklus haid menjadi teratur. Kombinasi dengan daun sirih yang juga manfaat minum daun sirih setiap hari maka dapat mengatasi nyeri pada haid dan juga mengatasi keputihan pada organ kewanitaan.

5. Memperlambat Proses Penuaan

Bertambahnya usia seseorang tentunya akan berakibat pada kondisi kesehatan dan penampilan. Semakin bertambahnya usia mengakibatkan wajah akan terlihat lebih tua. Akan tetapi, hal ini dapat dihindari dan dicegah yakni dengan rajin minum jamu kunyit asam yang merupakan salah satu ramuan tradisional yang mampu mencegah dan memperlambat penuaan sehingga wajah terlihat lebih awet muda. Berbeda dengan manfaat minum rebusan daun sirih merah amu kunyit asam juga membantu meremajakan sel kulit sehingga wajah terlihat lebih segar dan cerah.

6. Mencerahkan Kulit
Jamu kunyit asam jika dikonsumsi secara teratur juga dapat menjadikan kulit lebih cerah. Kunyit memiliki kemampuan untuk menetralisir racun serta menangkal radikal bebas yang memberikan dampak pada kulit yang akan semakin cerah serta sehat.

7. Melancarkan Sirkulasi Darah
Mengkonsumsi jamu kunyit asam sirih secara teratur mampu  menstimulasi organ hati agar empedu mengurai lemak di dalam darah hal ini menyebabkan aliran darah dalam tubuh akan normal dan lancar yang akan mengakibatkan metabolisme dalam tubuh menjadi stabil
8. Mengatasi Radang Tenggorokan
Kunyit asam mampu meringankan sakit akibat radang tenggorokan. Memiliki sifat anti bakteri yang mampu membunuh kuman penyebab infeksi tenggorokan yang juga bermanfaat untuk membersihkan tenggorokan.

Itulah beberapa manfaat jamu kunyit asam sirih pinang bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas dapat menambah informasi dan wawasan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal