Manfaat Kulit Sawo yang Sayang Dibuang

Sawo menjadi salah satu buah yang digemari karena rasanya yang manis dan tekstur daging buah yang lembut sehingga banyak dibudidayakan di Indonesia karena manfaat buah sawo dan kandungan nutrisinya yang sangat tinggi tersebut. Namun sayangnya, sebagian besar beranggapan jika hanya daging buah sawo saja yang bisa dimanfaatkan. Akan tetapi pada kenyataanya, ada juga manfaat kulit sawo tersembunyi yang juga tidak kalah dengan daging buahnya. Kulit sawo yang selama ini hanya dianggap sebagai sampah dan tidak digunakan ini ternyata memiliki khasiat luar biasa yang sebaiknya jangan terburu buru anda buang. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari kulit sawo.

  1. Obat Disentri

Disentri adalah penyakit dengan gejala seperti mulas, buang air besar berair serta berlendir. Salah satu penyakit pencernaan ini ternyata bisa diatasi hanya dengan kulit sawo. Cara mengatasi disentri sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dengan kulit buah ini cukup mudah yakni dengan mencuci bersih sekitar 8 buah sawo yang masih muda kemudian kunyah langsung bersama dengan kulitnya dan tambahkan sedikit garam. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari hingga sembuh.

  1. Mengobati Diare

Diare menjadi salah satu penyakit pencernaan yang membuat seseorang buang air besar cair secara terus menerus. Meski terlihat seperti penyakit ringan, namun jika diare dibiarkan tanpa pengobatan, maka bisa membuat penderita lemas karena dehidrasi dan juga kekurangan ion dalam jumlah yang banyak. Kulit sawo ini bisa digunakan sebagai solusi diare dengan beberapa tahap seperti berikut ini.

  • Siapkan 1 buah sawo muda yang sudah dicuci bersih.
  • Parut sawo tersebut bersama kulitnya kemudian peras dan tambahkan sedikit air matang.
  • Minum campuran ini sebanyak 2 kali sehari.
  • Sedangkan untuk hasil cepat, anda bisa tambahkan dengan sedikit daun sawo yang sudah dihaluskan.
  1. Mengatasi Penyakit Paru Paru

Penyakit paru paru menjadi salah satu penyakit berbahaya yang juga bisa diatasi dengan kulit sawo. Menggunakan kulit sawo tentunya menjadi cara yang lebih baik jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat obatan yang bisa memberikan efek samping. Kandungan tanin dalam kulit sawo ini sangat dipercaya bisa mengatasi penyakit paru paru secara alami sekaligus mengurangi rasa sakit dari gejala yang ditimbulkan.

  • Rebus irisan buah sawo muda beserta kulitnya selama 15 menit.
  • Sesudah hangat, minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari untuk hasil cepat.
  1. Menurunkan Demam

Demam sebenarnya bukan merupakan sebuah penyakit namun hanya menjadi gejala dari penyakit yang mendasari. Meski begitu, demam tetap harus diatasi dengan baik untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Untuk menggunakan kulit sawo sebagai penurun demam, caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu merebus sawo beserta kulitnya baik buah sawo muda atau tua. Sesudah mendidih, saring dan biarkan hingga hangat lalu minum dua kali sehari hingga demam sembuh.

  1. Pencegahan Kanker

Tidak hanya penyakit ringan yang bisa diatasi dengan kulit sawo, namun kulit buah yang biasanya dibuang ini juga bisa digunakan sebagai solusi kanker. Kandungan vitamin A, serat dan juga manfaat antioksidan dalam kulit sawo sangat penting untuk mencegah beberapa jenis kanker seperti paru paru dan kanker rongga mulut. Anda hanya perlu mengkonsumsi buah sawo bersama kulitnya dua kali sehari yang sudah dicuci bersih.

  1. Menutrisi Kulit

Manfaat vitamin A, vitamin C dan juga vitamin E dalam kulit sawo sangat penting digunakan sebagai solusi kecantikan kulit agar tetap sehat dan awet muda. Seperti beberapa cara diatas, anda hanya perlu mengkonsumsi buah sawo bersama dengan kulitnya secara teratur untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit anda.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari kulit sawo adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang ada dalam kulit buah sawo ini sangat penting untuk mencegah berbagai kerusakan mata dengan cara yang mudah yakni mengkonsumsi buah sawo tanpa dikupas secara teratur.

Manfaat kulit sawo yang selalu kita buang ketika menikmati daging buah ini ternyata sangat menakjubkan yang bahkan bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti salah satunya kanker. Untuk itu, sebaiknya jangan buang kulit sawo namun konsumsi bersama daging buahnya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah ini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan