7 Manfaat Kesehatan Jasmani Bagi Tubuh Yang Perlu Diketahui

Komponen kesehatan tubuh manusia terdiri dari kesehatan jasmani dan kesehatan rohani. Kesehatan rohani secara definisi merupakan kondisi kesehatan jiwa manusia yang memiliki akal dan pikiran sehingga mampu mengkoordinasikan pikiran dan mampu menjaga ketenangan jiwa. Sedangkan kesehatan jasmani diartikan sebagai kondisi dimana komponen dan bagian tubuh manusia dapat bekerja dan terkoordinasi dengan baik satu sama lainnya serta dalam kondisi yang normal.

Menjaga keduanya tentu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dari manusia terhadap tubuhnya. Dengan menjaga kedua kesehatan baik jasmani maupun rohani maka seseorang dapat menjalankan fungsi tubuhnya lebih normal dan stabil. Dalam pembahasan kali ini, akan dijelaskan terkait manfaat kesehatan jasmani sehingga seseorang perlu untuk menjaganya. Berikut beberapa manfaat kesehatan jasmani bagi manusia dalam penjelasan di bawah ini.

1. Menjaga kesehatan

Manfaat kesehatan jasmani tentu digunakan untuk menjaga kondisi kesehatan terutama keshatan secara fisik. Dengan aktivitas tertentu maka kesehatan jasmani akan dapat diperoleh dengan baik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu dalam menjaga kondisi kesehatan jasmani diantaranya seperti melakukan olahraga secara rutin, memberikan waktu istirahat bagi tubuh yang cukup,  konsumsi makanan sehat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, dan penuhi kebutuhan cairan.

2. Menghindarkan dari kondisi obesitas

Manfaat lainnya dari kesehatan jasmani adalah membantu menghindarkan tubuh dari kondisi obesitas. Obesitas sendiri dalam pengertiannya adalah kondisi kronis akibat penumpukan lemak di dalam tubuh yang ditandai dengan bentuk badan tidak ideal dan bobot badan yang sudah cukup tinggi. Obesitas menjadi salah satu kondisi yang dapat menyebabkan tubuh mengalami banyak penyakit berbahaya. Obesitas dapat terjadi akibat terlalu banyak konsumsi makanan terutama yang mengandung banyak lemak serta sikap malas untuk menjaga kondisi tubuh maupun berolahraga. Aktivitas fisik dalam menjaga kesehatan jasmani diperlukan untuk membakar kalori di dalam tubuh sehingga tidak ada penumpukan kalori yang menyebabkan obesitas atau kegemukan. Untuk lebih memberikan hasil signifikan, obesitas dapat dibantu dengan menggunakan manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan.

3. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia terutama penyakit jantung koroner. Olahraga demi menjaga kondisi kesehatan jasmani dapat membantu menjadikan jantung lebih sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit berbahaya. Manfaat kesehatan jasmani tersebut diperoleh karena dengan berolah raga maka fungsi jantung akan terus membaik dan aliran darah yang terjadi di dalam tubuh akan berlansung secara lancar. Dalam olahraga kesehatan jasmani tersebut, otot otot jantung tentu akan berkontraksi lebih cepat untuk melatih jantung agar dapat memiliki kinerja yang optimal.

4. Menjaga suasana hati

Selain membantu dalam meningkatkan kesehatan secara fisik, manfaat lain yang juga bisa diperoleh adalah membantu dalam menjaga susana hati menjadi lebih tenang, sabar, senang, dan selalu memiliki pikiran yang positif. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena seluruh bagian tubuh yang kesehatan jasmaninya terjaga dapat berkerja secara optimal tanpa mengalami berbagai macam kondisi permasalahan tertentu. Seseorang yang kesehatan jasmaninya lebih terjaga akan membantu menjadikan orang tersebut lebih senang dan tenang atau santai.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat lainnya yang bisa di dapatkan dari kondisi kesehatan jasmani yang terjaga adalah membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Peningkatan daya tahan tubuh tersebut diperoleh karena dengan berolahraga seluruh proses dan sistem pertahanan yang dimiliki oleh tubuh dapat berkerja secara optimal. Kondisi daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh yang meningkat tentu akan membantu dalam mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menyerang dan terjadi pada tubuh.

6. Mencegah dan mengatasi depresi

Depresi menurut wikipedia merupakan salah satu kondisi yang secara definisi diartikan sebagai perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Depresi dapat terjadi akibat berbagai macam peristiwa yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kesedihan. Depresi dan stres memang kondisi yang dapat banyak dialami terutama pada masyarakat perkotaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu dalam mencegah terjadinya kondisi depresi dan stres tersebut adalah selalu mengusahakan agar kondisi kesehatan jasmani terjaga didukung juga dengan adanya kesehatan rohani yang baik.

7. Mencegah Insomnia

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari kesehatan jasmani yang terjaga adalah membantu mencegah terjadinya insomnia. Insomnia merupakan kondisi dimana seseorang tidak dapat tidur malam dengan normal dan akan terus terjaga sepanjang malam. Kondisi insomnia tentu dapat memberikan pengaruh yang buruk bagi keadaan kesehatan seseorang secara langsung. Insomnia juga dapat diatasi dengan menggunakan manfaat minum klorofil.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat kesehatan jasmani yang terjaga dengan baik sehingga menjadikan kondisi tubuh selalu dalam keadaan yang sehat dan terbebas dari berbagai macam masalah keseahtan yang ada. Kesehatan jasmani yang terjaga dengan baik dapat diperoleh melalui aktivitas olahraga ataupun mengatur pola makan yang benar. Kesehatan jasmani tersebut tetap perlu didukung dengan bentuk kesehatan lain yakni sehat rohani.