10 Manfaat Jus Mangga Campur Pisang dan Resep Sehat

Mengkonsumsi jus tidak hanya menyegarkan tapi juga memberikan banyak sekali manfaat kesehatan karena buah-buahan mengandung banyak sekali kandungan vitamin dan mineral serta zat-zat alami lainnya yang baik untuk kesehatan. Beberapa jenis buah-buahan yang sering dijadikan jus adalah buah mangga dan buah pisang. Lalu pernahkah Anda mengkombinasikan keduanya? Dan tahukah Anda apa saja manfaat jus mangga campur pisang?

Manfaat Jus Mangga Campur Pisang

Mangga merupakan jenis buah-buahan yang memiliki rasa manis dengan aroma yang segar sementara pisang dikenal dengan teksturnya dan rasanya yang tidak terlalu manis. Kombinasi manfaat pisang dan mangga memberikan rasa jus yang terasa manis namun memiliki tekstur yang lebih kental sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari jus mangga campur pisang.

  1. Solusi Sarapan Sehat dan Praktis

Kebiasaan buruk orang Indonesia ketika sarapan adalah mengkonsumsi karbohidrat berlebih. Padahal kombinasi antara mangga dan pisang sudah cukup karena pisang merupakan sumber energi yang baik sementara mangga mengandung vitamin C yang dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh sehingga tubuh mendapat lebih banyak stamina tapi tidak mudah mengantuk.

  1. Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Saat hamil, ibu harus memastikan asupan gizinya optimal. Walaupun tergolong buah murah ternyata pisang mengandung kandungan asam folat yang tinggi yang baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Sementara mangga mengandung zat besi yang dapat mengoptimalkan produksi sel darah marah sehingga janin dapat berkembang sempurna.

  1. Kaya Kandungan Vitamin C

Defisiensi vitamin C dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti mudah sakit, pusing kepala dan tubuh cepat terasa lelah. Mengkonsumsi jus mangga dan pisang secara teratur dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh sehingga sistem metabolisme dapat bekerja optimal karena manfaat vitamin c adalah mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

  1. Cocok Bagi Anak yang Sulit Makan

Banyak orang tua yang mengeluhkan bahwa anak-anak mereka sulit sekali makan. Mengkombinasikan jus mangga dan pisang bisa menjadi solusi yang menyenangkan karena rasanya yang enak, teksturnya yang cocok untuk anak-anak dan memiliki nutrisi yang baik untuk menopang pertumbuhan anak.

  1. Bisa Dikonsumsi Saat Diet

Jika Anda sedang diet dan kesulitan untuk mengontrol nafsu makan karena cenderung sering lapar, cobalah mengkonsumsi jus mangga dan pisang karena manfaat jus mangga campur pisang untuk diet adalah tinggi nutrisi dan serta tapi sangat rendah kalori sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Pada penderita diabetespun sangat aman mengkonsumsi jus mangga campur pisang karena kombinasi keduanya bisa membuat penderita diabetes cepat kenyang sehingga mengurangi porsi mereka untuk ingin ngemil.

  1. Kaya Kandungan Antioksidan

Jika dilihat mulai dari vitamin C, beta karoten sampai beberapa kandungan vitamin B kompleks pada mangga dan pisang merupakan indikator kuat bahwa kedua buah ini kaya kandungan dan manfaat antioksidan. Tubuh tidak bisa memproduksi antioksidan yang cukup sehingga mencari sumber antioksidan dari luar sangatlah penting.

  1. Baik untuk Kesehatan Mata

Seperti yang disebutkan di atas mangga kaya akan kandungan beta karoten. Beta karoten merupakan pro vitamin A yang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan dan salah satunya adalah membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Semua jenis makanan yang kaya akan serat tentu saja baik untuk sistem pencernaan. Baik mangga maupun pisang mengandung serat yang cukup tinggi. Beberapa jenis pisang, seperti pisang barangan, bahkan digunakan sebagai obat untuk mencuci perut terutama bagi Anda yang baru saja sembuh dari diare.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Sistem Imun

Ketika sistem imun berfungsi optimal maka Anda tidak akan mudah sakit dan ketika sakit pun akan segera sembuh. Mangga mengandung vitamin C, pro vitamin A dan antioksidan yang dapat membantu mengoptimalkan sistem imun dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Resep Jus Mangga Campur Pisang

Setelah mengetahui manfaatnya tentunya Anda tidak akan melewatkan untuk segera menyajikannya untuk keluarga Anda dan berikut adalah resep jus mangga campur pesang yang sehat.

Bahan-bahan:

  • 1 Buah Mangga Harum Manis
  • 2 Buah Pisang Ambon
  • 50 ml madu
  • 200 ml air matang
  • Secukupnya es batu

Cara Membuat:

  • Potong dadu mangga dan pisang agar mudah diblender
  • Blender terlebih dahulu mangga dan pisang sampai halus
  • Masukkan air dan madu
  • Blender kembali sampai benar-benar halus/tidak berserat
  • Sajikan dengan es batu dan boleh tambahkan madu jika kurang manis

Untuk mendapatkan manfaat jus mangga campur pisang, perlu Anda ingat bahwa manfaat mangga bisa saja berkurang ketika dijus karena kandungan seratnya walaupun tidak hilang sepenuhnya namun berkurang cukup signifikan. Selain itu menggunakan madu sebagai pemanis lebih disarankan daripada menambahkan gula atau susu kental manis karena justru dapat menambah kadar kalori dalam jus.