10 Manfaat Jus Daun Seledri bagi Kesehatan Tubuh Yang Menakjubkan

Seledri merupakan bahan tambahan yang sering ada dalam masakan. Seledri merupakan daun dengan ciri khas bau yang sedap. Daun seledri biasanya bisa ditemukan dalam olahan sayur sop. Seledri bisa dimanfaatkan mulai dari tangkai hingga daunnya. Selain sebagai bahan tambahan makanan seledri juga bisa diolah menjadi jus. Jus seledri dikenal dengan manfaat menyehatkan, apabila jus yang dibuat hanya dari seledri saja serta rasanya tidak enak maka bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti timun maupun apel. Berikut ini manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi jus seledri

  1. Menurunkan kolestrol

Kadar kolestrol tinggi yang ada dalam tubuh bisa menimbulkan banyak permasalahan seperti penyumbatan pembuluh darah yang ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi jika tidak ditangani dengan serius dapat meningkatkan resiko terkena penyakit stroke yang sangat membahayakan serta beresiko kematian. Hal yang dapat dilakukan sejak dini yaitu mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolestrol seperti jus seledri. Manfaat jus seledri bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh sehingga lemak kolestrol dapat dihancurkan.

     2. Menurunkan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa sangat berbaaya apabila tetap dibiarkan. Penyebab tekanan tinggi dikarenakan penyempitan pembuluh darah yang terjadi akibat penumpukan lemak darah. Penumpukkan yang tidak diatasi memiliki resiko yang dapat membuat pembuluh darah pecah, selanjutnya pecahnya pembuluh darah dapat menyebabkan penyakit stroke. Maka dari itu mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan darah tinggi diperlukan salah satunya jus daun seledri.

Manfaat daun seledri selanjutnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini relevan dengan manfaat sebelumnya yaitu seledri akan membantu tubuh menurunkan darah tinggi sebab seledri mengandung falvonoid serta beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh. Penurunan tekanan darah akan melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga kerja jantung menjadi semakin ringan, penurunan ini juga baik untuk meminimalkan resiko stroke.

     3. Mengatasi Anemia

Anemia atau kekurangan darah merah dalam tubuh menyebabkan beberapa gejala ganguan tubuh seperti rasa mudah lelah, letih dan mudah lupa menjadi sangat menganggu aktivitas. Jus seledri dapat mengatasi anemia sebab seledri memiliki kandungan zat besi. Kandungan zat besi yang mencukupi dapat membuat metabolisme tubuh manjadi baik serta membantu mengurangi kekurangan darah.

     4.  Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih membuat tubuh terlihat gemuk serta membuat tidak nyaman dnegan penampilan. Selain keresahan terhadap penampilan berat badan berlebih meningkatkan resiko obesitas dan kemunculan gangguan kesehatan lainnya sehingga kebanyakan orang akan memilih melakukan program diet. Program diet dengan mengurangi kalori serta berolahraga menjadi pilihan utama. Jus daun seledri dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Jus daun seledri akan lebih optimal jika dicampur dengan air perasan lemon yang diminum secara teratur.

      5. Membersihkan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring air dan mengatur ekskresi melalui urin. Kesehatan ginjal perlu dijaga agar tubuh dapat melakukan pembuangan sisa metabolisme dengan baik serta tidak ada racun yang mengendap dalam tubuh. Ginjal yang berperan banyak dalam filtrasi cairan yang masuk ke dalam tubuh juga dapat kemasukkan kotoran atau zat yang bersifat racun sehingga dalam jangka panjang dapat mempengaruhi kesehatan ginjal. Manfaat daun seledri untuk membersihkan ginjal memiliki arti bahwa daun seledri dapat digunakan untuk membersihkan ginjal dari kotoran maupun zat racun yang ada didalamnya. Penggunaan jus seledri sebagai pembersih ginjal dapat dilakukan secara rutin dan sewajarnya.


      6. Mencegah kanker

Kanker sebagai penyakit yang memiliki resiko kematian tinggi. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker dengan bahan-bahan alamii salah satunya yaitu Jus daun seledri. Jus daun seledri dipercaya dapat mencegah kanker sebab seledri mengandung zat anti kanker yang baik untuk tubuh. Konsumsi jus seledri dapat mencegah resiko kanker, serta kandungan dalam seledri dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh sehingga baik untuk proses pengeluaran racun.

       7.  Mengatasi Rematik

Setiap bertambahnya usia tubuh akan rentang terserang penyakit. Hal ini disebabkan oleh penurunan fungsi organ dan imunitas sepanjang bertambahnya usia, semakin tua semakin turun pula kammpuan imunitasnya. Salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh orang – orang tua yaitu gangguan rematik.

Penyakit rematik atau rasa nyeri pada bagain anggota gerak bawah (kaki) bisa dialami orang dewasa hingga lanjut usia. Rematik dapat membatasi pergerakan seseorang akibat rasa nyeri yang di derita sehingga menganggu produktivitas. Jus seledri dapat menjadi obat untuk mengatasi rematik. Konsumsi jus seledri akan mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat rematik sehingga bisa membantu untuk beraktivitas kembali. Meski terjadi penurunan kualitas. tubuh masih bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan sehat dan merubah gaya hidup.

       8. Menjaga kesehatan kulit

Memiliki kulit yang sehat terawat merupakan keinginan semua orang, sebab kulit yang sehat akan menampakkan aura baik dari setiap penampilan. Menjaga kulit agar tetap terlihat sehat terawat dapat dilakukan dengan makan makanan tinggi nutrisi. Salah satunya yaitu jus daun seledri. Jus seledri memiliki kandungan berbagai vitamin seperti vitamin B, vitamin C, dan Vitamin A serta folat yang membantu untuk mengencangkan dan melembabkan.

Manfaat jus seledri Selain dapat mengencangkan kulit jus daun seledri jug dapat mengatasi kulit berminyak. Kulit yang berminyak memang dapat melembabkan kulit akan tetapi kelebihan minyak juga dapat menyebabkan gangguan kulit seperti jerawat.


        9. Mengatasi jerawat

manfaat daun seledri untuk wajah  dengan kandungan manfaat baiknya dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat dari dalam. Bila selama ini penanganan masalah jerawat dilakukan dari luar dengan mengoleskan salep atau krim ke area kulit yang berjerawat ada kalanya penanganan juga harus dilakukan dari dalam. Penanganan dari dalam sangat diperlukan apabila masalah jerawat disebabkan oleh gangguan hormon maupun adanya radikal bebas yang ada dalam tubuh.

       10. Mengurangi sembelit

Susah buang air besar bisa dirasakan oleh siapa saja dengan penyebab yang beragam yaitu kurang konsumsi air, kurang konsumsi serat, serta masalah pencernaan. Sembelit akan membuat perut terasa penuh dan terlihat gemuk karena kembung (mneimbun) sisa metabolisme yang belum berhasil dikeluarkan. Jus daun seledri memiliki kandungan serat dan zat yang dapat mencegah sembelit dan melancarkan proses pencernaan. Jus seledri dapat dikonsumsi murni daun seledri maupun jus buah dengan campuran selendri juga enak danefektif untuk mengurangi sembelit.

Demikian manfaat dari jus daun seledri. Konsumsi jus daun seledri akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Konsumsi  jus daun yang dianjurkan yaitu teratur dan tidak boleh berlebihan meskipun daun seledri mudah didapat.

Daun seledri dapat ditemukan dengan mudah di toko sayur maupun di pasar tradisional. Daun seledri sangat populer dilkalangan masyarakat sebab biasanya digunakan dalam campuran bumbu sup sehingga aroma sup semakin terasa sedap. Selain sup bisa menjadi campuran aneka bakwan maupun sebagai hiasan pemanis hidangan.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran