17 Manfaat Jiwa Wirausaha bagi Pemuda dan Remaja

Memiliki jiwa kewirasaan merupakan hal yang sangat baik, apalagi bagi mereka yang masih berjiwa muda, sikap kewirausahaan sangat dibutuhkan. Sikap kewirausahaan atau jiwa seorang wirausaha ini harus dimiliki para pemuda atau pun remaja saat ini tentu karena ia memiliki berbagai macam manfaat tak terduga dari memiliki jiwa wirausaha. Wirausaha merupakan usaha yang menciptakan nilai suatu melalui keterampilan berkomunikasi manajemen pengambilan resiko mobilisasi pengenalan kesempatan bisnis dengan manusia untuk sumber daya memanfaatkan yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang terlaksananya kewirausahaan dengan baik.

Kewirausahaan Merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan menciptakan suatu kegiatan atau suatu usaha atas dasar keinginannya pribadiSecara ringkas wirausaha. Sifat seorang wirausaha tentu harus dimiliki bagi mereka yang memiliki jiwa wirausaha, dengan mengetahui prinsip-prinsip dari jiwa wirausaha maka, akan lebih mudah bagi anda mengetahui apa saja manfaat yang akan anda peroleh dari memiliki sikap jiwa wirausaha. Adapun manfaat jiwa wirausaha akan diuraikan sebagai berikut.

Manfaat jiwa wirausaha

1. Pantang menyerah

Wirausahawan sejati tidak akan menyerah begitu saja ketika memiliki tantangan, dengan sikap yang demikian itu pemuda maupun remaja yang memiliki sifat gila berusaha tentu dia tidak akan mudah merasa lelah dan menyerah ketika menghadapi masalah yang cukup besar.

baca juga : Manfaat jalan kaki pagi hari

2. Berani menanggung resiko

Jiwa wirausaha, adalah mereka yang berani menanggung resiko. Bagi wirausaha menciptakan suatu hal yang baru bukanlah hal yang menakutkan, namun hal itu adalah tantangan bagi mereka yang memang harus mereka jalani, sehingga mereka tahu apakah hal yang diambil itu baik atau buruk bagi usahanya. Tentu hal ini sangat memiliki banyak resiko tetapi tidak akan masalah bagi mereka yang memiliki jiwa wirausaha karena mereka tidak takut lagi dengan resiko yang akan ditanggungnya

baca juga : Manfaat dongeng

3. Mobilitas yang luas

Jiwa wirausaha adalah mereka yang memiliki mobilitas luas sehingga mempermudah mereka untuk mencari referensi, apabila jiwa wirausaha ini telah dimiliki sejak dini maka seseorang akan memiliki mobilitas yang luas sehingga dalam melaksanakan kegiatan akan lebih mudah mencari sponsor atau pendukung.

baca juga : Manfaat membaca komik

4. Memahami modal sosial

Sifat yang tidak luput dan tidak jauh yang harus dimiliki oleh wirausaha adalah memahami modal sosial di masyarakat karena dalam berwirausaha itu tidak hanya membutuhkan modal uang yang besar saja tetapi juga modal sosial dibutuhkan untuk berwirausaha.

baca juga : Manfaat bangun pagi


5. Memiliki sifat inovatif

Sikap yang tak luput dari wirausaha adalah mereka yang memiliki sifat inovatif, manfaat dari jiwa wirausaha adalah sifat inovatif itu. Dengan sifat inovatif dan mereka mampu melakukan pembaruan pembaruan terhadap suatu hal yang telah ada sehingga akan ada perubahan yang signifikan yang membawa keberuntungan

baca juga : Manfaat air lemon

6. Memiliki sifat kreatif

Begitu pula dengan sifat kreatif, mereka yang memiliki jiwa wirausaha akan lebih mampu berpikir kreatif daripada mereka yang tidak memiliki jiwa wirausaha.

baca juga : manfaat membuat kerajinan tangan

7. Selalu aktif

Jiwa wirausaha akan menuntut mereka selalu aktif, aktif beraktivitas, aktif mencari referensi, dan aktif dalam berpikir inovatif dan kreatif. Hal ini tentu membuat mereka tidak menjadi pemuda yang pemalas

baca juga : manfaat telur hias

8. Mampu melihat peluang

Aktif yang memiliki seseorang yang memiliki jiwa wirausaha akan memberikan manfaat lain yaitu mampu melihat peluang, hal ini disebabkan karena keaktifan dari mereka membantu seseorang lebih peka dalam melihat peluang peluang yang ada di sekitar kita.

baca juga : manfaat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

9. Memiliki kemampuan untuk memanajemen waktu

Jiwa wirausaha pun menuntut mereka untuk dapat memilih jemen waktu, bagi wirausaha time is money. Yang mudahWaktu adalah uang dan waktu sangat berharga tidak ada waktu untuk bermalas-malasan ataupun berfoya-foya

baca juga : manfaat kekayaan alam tidak langsung

10. Selalu memiliki jiwa semangat

Jiwa yang selalu bersemangat untuk mencari segala sesuatu hal yang baru-baru dan selalu baru, dengan memiliki kemampuan tersebut akan melatih para pemuda untuk terus berfikir aktif dan kritis

baca juga : manfaat sampah organik

11. Perilaku yang sopan

Wirausaha adalah mereka yang tidak hanya bekerja untuk dirinya tetapi juga menciptakan pekerjaan bagi orang lain, dalam artian mereka akan menjadi pemimpin. Untuk menjadi pemimpin yang baik seorang jiwa wirausaha harus memiliki perilaku yang baik dan sopan. Tidak hanya untuk menjadi pemimpin tetapi juga untuk melakukan pendekatan dengan customer harus memiliki sifat tersebut

baca juga : manfaat tanaman cendana

12. Sikap friendly

Tidak hanya sifat yang sopan dan baik tetapi juga sikap friendly dibutuhkan para wirausahawan untuk mengait pelanggan maka saat itu juga merupakan sikap yang harus dimiliki oleh jiwa wirausaha dengan memiliki sifat jiwa wirausaha tersebut maka anda akan merasakan manfaat dari sikap wirausaha.

baca juga : manfaat daging angsa

13. Bertanggung jawab

Seorang wirausaha yang handal dan wirausaha sejati tidak akan melepaskan diri dari tanggung jawabnya, mereka tentu akan bertanggung jawab dengan apa yang telah diperbuatnya dan berani menanggung resiko dengan apa yang telah dilakukannya.

baca juga : manfaat bunga turi

Itulah manfaat yang akan anda peroleh dari memiliki jiwa wirausaha, seseorang yang sejak kecil memiliki jiwa wirausaha dalam kehidupan di masa depannya mereka akan lebih berani mengambil resiko dan menghadapi segala sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Selain itu memiliki jiwa wirausaha akan mendorong seseorang menjadi lebih kreatif inovatif dan selalu aktif.

, ,
Post Date: Wednesday 23rd, August 2017 / 10:23 Oleh :
Kategori : Kebiasaan