8 Manfaat Jeruk Lemon Lokal Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sudah bukan hal baru lagi jika jeruk lemon merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan tubuh hingga kecantikan. Jeruk lemon yang dijual di pasaran biasanya terdiri dari dua jenis yaitu jeruk lemon lokal dan impor.

Apakah perbedaan antara kedua jenis jeruk lemon ini? Tidak ada. Pada dasarnya kandungan di dalam jeruk lemon lokal maupun impor adalah sama, sehingga juga memiliki manfaat buah jeruk lemon untuk yang sama. Nah, pada artikel kali ini akan diulas mengenai berbagai manfaat jeruk lemon lokal untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sudah menjadi rahasia umum jika di balik rasanya yang kecut dan asam, jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Di mana vitamin C adalah senyawa antioksidan yang dapat menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai macam penyakit, dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Mendetoks toksin di dalam tubuh

Salah satu manfaat air lemon juga dapat digunakan untuk detoksifikasi, yaitu proses pengeluaran racun atau toksin dari dalam tubuh. Penumpukan toksin ini bisa menyebabkan gangguan baik kesehatan maupun kecantikan kulit, sehingga untuk mengatasinya bisa dengan cara mengkonsumsi air lemon setiap pagi secara teratur.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat jeruk lemon lokal juga bisa melancarkan saluran cerna dan mengatasi gangguan yang terjadi seperti diare, sakit perut dan lain sebagainya. Di samping mengandung antioksidan, khasiat jeruk lemon lokal juga bisa melawan bakteri jahat yang menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan tersebut dengan baik.

4. Membantu program diet

Seperti halnya dengan manfaat rebusan lemon, air perasan jeruk lemon lokal juga dapat melancarkan merabolisme dalam tubuh dan berperan dalam peluruhan lemak jahat. Air perasaanya bisa dikonsumsi setiap hari sebelum makan, untuk membantu program penurunan badan yang sedang dilakukan agar lebih cepat hasilnya.

5. Menangkal radikal bebas

Kandungan senyawa antioksidan di dalam jeruk lemon lokal berkhasiat untuk menangkal radikal bebas, yang mana bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan bisa memicu terjadinya penuaan dini kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, air lemon bisa dikonsumsi maupun digunakan untuk masker wajah.

6. Memutihkan kulit wajah

Jeruk lemon lokal memiliki manfaat vitamin C dan kecantikan, yaitu untuk membuat kulit tampak lebih putih secara natural. Jeruk lemon lokal bisa dimanfaatkan air perasannya untuk dibuat toner, masker maupun scrub alami dan dapat dikombinasikan dengan bahan lain untuk memutihkan kulit.

7. Mengatasi bruntusan dan jerawat

Di dalam jeruk lemon lokal juga terdapat senyawa anti bakteri, yang bisa melawan bakteri penyebab munculnya jerawat. Selain itu juga dapat berkhasiat untuk mengatasi bruntusan atau benjolan kecil-kecil yang biasanya muncul di daerah dahi. Air perasan jeruk lemon bisa digunakan untuk masker maupun toner agar jerawat dan bruntusan hilang.

8. Menghaluskan kulit wajah

Manfaat lemon untuk wajah selanjutnya adalah bisa membuat kulit lebih terasa halus dan mulus. Air lemon memiliki fungsi sebagai eskfoliator, yang mana bisa membersihkan sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di kulit maupun yang menyumbat pori-pori kulit degan cukup efektif.

Demikian ulasan mengenai berbagai macam manfaat jeruk lemon lokal untuk kesehatan dan kecantikan kulit, semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan