Manfaat Jahe Bawang Putih Lemon Madu Solusi Alami Semua Penyakit

Jahe, bawang putih, lemon dan madu merupakan bahan bahan alami yang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Masing masing bahan ini sudah sangat sering digunakan dalam masakan atau bahkan campuran kue dan minuman yang juga kaya akan nutrisi. Semua bahan ini mengandung manfaat antioksidan yang sangat tinggi berserta vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, protein, fosfor dan masih banyak lagi. Selain bisa memberikan banyak kegunaan ketika dikonsumsi masing masing, ternyata ada manfaat jahe bawang putih lemon madu yang juga sangat baik untuk tubuh ketika dikonsumsi bersamaan atau dicampur menjadi satu. Berikut akan kami berikan beberapa manfaat yang bisa didapat dari kombinasi bahan alami tersebut.

  1. Meredakan Flu Batuk

Jahe sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi penyakit dan infeksi seperti pilek dan flu. Sementara dari Cochrane Database of Systematic Review membuktikan jika bawang putih juga bisa digunakan sebagai solusi batuk dan flu. Hal serupa juga bisa diberikan dari lemon dan madu karena tinggi kandungan antioksidan dan vitamin C dalam semua bahan tersebut akan mempercepat proses penyembuhan penyakit lebih cepat.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jahe merupakan fasilitator untuk proses pencernaan yang bisa menurunkan kadar gula tinggi dan menenangkan perut sekaligus mengandung senyawa yang bisa meningkatkan penyerapan nutrisi. Untuk bawang putih bisa mengatasi sebagian besar masalah usus seperti masuk angin,  solusi diare, disentri dan juga kolitis yang bahkan bisa membunuh cacing dalam pencernaan. Sedangkan jus lemon berguna untuk menyembuhkan masalah berkaitan dengan pencernaan seperti sembelit dan madu sebagai penambah rasa manis alami sekaligus mengandung antibiotik yang bisa mengatasi gangguan pencernaan lebih cepat.

  1. Menjaga Kesehatan Usus

Kombinasi jahe, lemon, bawang putih dan madu juga sangat baik dikonsumsi secara teratur untuk meningkatkan kesehatan usus dan sudah dibuktikan lewat penelitian. Berbagai masalah seperti pendarahan dan iritabilitas lambung akut bisa diatasi dengan kombinasi bahan tersebut sekaligus juga bisa menghambat perkembangan bakteri H.pylori yang menjadi ulserogenik utama. Kolitis ulserativa dan penyakit Crohn yang menyebabkan kerusakan di dalam tubuh juga diketahui bisa diatasi dengan kombinasi bahan tersebut karena kandungan anti inflamasi dari masing masing bahan.

  1. Mengatasi Asma

Untuk anda yang menderita asma, kombinasi jahe, madu, bawang putih dan lemon ini juga bisa dijadikan cara tradisional untuk mengatasi gangguan pernapasan seperti asma dan solusi batuk dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat anti peradangan yang terkandung dalam setiap bahan seperti Zerumbone dalam jahe sangat baik untuk menyembuhkan alergi pada saluran pernapasan sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi dengan tingkat keefektifannya yang tidak kalah dengan obat obatan.

  1. Melindungi Organ Hati

Seseorang yang menderita tuberkulosis bisa memperoleh manfaat dari kombinasi bahan ini karena bisa mencegah hepatotoksisitas sekaligus melindungi organ hati dari keracunan kadmium yang disebabkan karena mengkonsumsi kadmium dari makanan dengan cara mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, jahe, lemon, bawang putih dan madu juga bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit hati berlemak non alkohol yang terjadi karena obesitas. Sedangkan dalam bawang putih mengandung S ally mercapto cysteine dan sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah perlemakan organ hati sekaligus mencegah risiko cedera pada organ hati.

  1. Menurunkan Berat Badan

Jahe sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan secara cepat dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika dicampur dengan bawang putih, lemon dan madu, maka khasiatnya bertambah seperti bisa mengurangi ekspresi gen yang berhubungan dengan adipogenesis penyebab pembentukan sel lemak sekaligus membantu untuk meningkatkan thermogenesis sehingga bisa membakar lemak lebih cepat sekaligus mengurangi tingkat kolesterol tinggi dalam tubuh. Tingkat polifenol yang terkandung dalam lemon juga bisa menekan pertambahan berat badan dan akumulasi lemak dalam tubuh untuk mendukung program diet anda.

  1. Mencegah Kanker

Senyawa organik dalam jahe bernama gingerol sangat penting sebagai solusi kanker khususnya kanker payudara dan berbagai sel kanker lainnya seperti kanker kolorektal, kanker ovarium, kanker kulit, kanker lambung, kanker pankreas, kanker prostat, kanker kandung kemih dan bahkan hingga kanker otak. Senyawa diallyl trisulfide dalam bawah putih juga merupakan agen terapeutik yang efektif untuk menghambat perkembangan tumor dalam tubuh. Dengan hanya mengkonsumsi kombinasi bahan bahan tersebut, maka masalah kanker bisa dicegah agar tidak berkembang semakin kronis.

  1. Meningkatkan Kognisi

Jahe, bawang putih, madu dan lemon sama sama bisa menunda terjadinya penyakit neurodegeneratif seperti demensia, parkinson dan juga alzheimer dengan cara mengurangi stres oksidatif dan juga peradangan. Semua ini adalah faktor berbahaya yang menjadi penyebab penurunan kognitif berkaitan dengan usia. Semua nutrisi dalam bahan bahan tersebut seperti manfaat antioksidan dan anti inflamasi bisa mencegah penyakit tersebut secara mudah tanpa menimbulkan efek samping berbahaya untuk tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jahe sangat baik dikonsumsi untuk melindungi kesehatan kardiovaskular sekaligus menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh sehingga risiko pembekuan darah, tekanan darah tinggi dan masalah jantung bisa dicegah dengan baik. Sedangkan bawang putih mentah bisa mencegah tromboemboli untuk mengurangi pembekuan darah dan meningkatkan aliran darah, trombosis, hiperlipidemia, hipertensi, aterosklerosis dan masih banyak lagi. Untuk madu dan lemon yang mengandung manfaat potasium dan vitamin C tinggi bisa digunakan untuk mengontrol darah tinggi, mengatasi sakit kepala dan mual sekaligus memberikan sensasi menenangkan.

Manfaat jahe bawang putih lemon madu ternyata memiliki manfaat luar biasa yang juga sangat mudah didapat karena biasanya tersedia pada dapur anda. Meski rasa bawang putih sedikit tidak enak, namun bisa tertutupi dengan rasa dari jahe, lemon dan juga madu sebagai penambah rasa manis sehingga kombinasi ini merupakan solusi kesehatan yang nikmat sekaligus kaya akan khasiat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal