10 Manfaat Minum Air Bawang Putih Untuk Penyakit Ringan Hingga Kronis

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur dengan bau khas dan menyengat yang sudah sering digunakan untuk memasak dari mulai masakan Asia hingga Amerika. Bawang putih memiliki banyak kandung penting seperti fosfor, magnesium, kalium, kalsium, seng, zat besi, belerang, klorin dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, tiamin, folat, niacin dan masih banyak lagi. Untuk meningkatkan khasiat bawang putih, banyak orang yang mencampur bawang putih tersebut dengan potongan bawang putih kemudian dihaluskan dan ditambahkan dengan air yang kemudian dijadikan minuman kesehatan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam penelitian yang dilakukan di Liverpool John Moores University jika air bawang putih sangat baik diminum untuk mencegah penyakit jantung, hipertensi kolesterol tinggi dan juga tekanan darah tinggi. Para peneliti percaya jika bawang putih bisa menghentikan pembekuan darah dan juga penyumbatan pembuluh darah akibat peningkatan stres oksidatif antioksidan. Bawang putih mengandung sulfur dan tinggi akan vitamin C yang bisa mempertahankan tekanan darah sekaligus membantu penyembuhan jaringan dan sel yang rusak karena radikal bebas.

  1. Mengatasi Batuk dan Pilek

Bawang putih yang dihaluskan dan dicampur dengan air juga sangat bagus diminum sebagai solusi batuk pilek. Hanya dengan minum air bawang putih secara teratur, maka batuk, pilek dan gejala yang menyertai bisa cepat sembuh dengan cara menghilangkan virus dalllam tubuh.

  1. Menurunkan Hipertensi

Minum air bawang putih merupakan ramuan herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan allicin dalam bawang putih ini bisa melemaskan pembuluh darah sekaligus melawan trombosis dengan cara mengurangi agregasi trombosit.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Air bawang putih yang mengandung sneyawa allicin ini juga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah LDL yakni kolesterol jahat dari pengoksidasi. Semua orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi harus minum ramuan ini agar kadar kolesterol bisa dinormalkan kembali.

  1. Mencegah Keracunan Logam Berat

Minum air bawang putih bisa mencegah kerusakan organ yang disebabkan karena logam berat. Senyawa belerang dalam bawang putih bisa mengurangi kadar timbal dalam darah sehingga tanda tanda toksisitas seperti sakit kepala dan tekanan darah bisa diatasi sekaligus membantu penyerapan zat besi dan seng dalam darah.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Memasukkan air bawang putih dalam diet juga sangat baik dalam mengatasi masalah pencernaan seperti mengembalikan fungsi normal usus, mengatasi iritasi lambung sekaligus sebagai solusi diare.

  1. Mengatur Gula Darah

Kegunaan lain dari air bawang putih secara signifikan bisa mengurangi kadar gula darah sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes atau orang yang memiliki risiko tinggi terkena diabetes.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mengandung fitonutrien yang bisa membantu mengurangi stres oksidatif sekaligus mencegah kerusakan DNA sehingga sistem kekebalan tubuh bisa diperkuat. Selanjutnya, air herbal ini juga berguna untuk mengurangi kelelahan, meningkatkan energi sekaligus memberikan umur panjang.

  1. Mengatasi Asma

Air bawang putih sangat efektif untuk mengobati asma. Air bawang putih yang dicampur dengan susu yang diminum sebelum tidur sangat baik untuk mencegah serangan asma sekaligus juga cocok diminum untuk mengobati infeksi paru paru seperti cystic fibrosis.

  1. Mencegah Kanker

Solusi kanker menjadi khasiat berikutnya dari air bawang putih yang bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker seperti lambung, kandung kemih, usus besar, otak, prostat, paru paru, hati dan juga kerongkongan. Air herbal ini bisa mengurangi produksi senyawa karsinogenik sekaligus menurunkan risiko tumor terkait kanker payudara.

Manfaat minum air bawang putih memiliki khasiat luar biasa untuk mengatasi berbagai penyakit ringan hingga berat dengan cara alami tanpa efek samping. Hal yang harus diingat, air bawang putih tetap tidak boleh diminum terlalu berlebihan agar tidak membahayakan bagi tubuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman