7 Manfaat Ilmu Tajwid Bagi Umat Islam

Tajwid secara pengertian adalah ilmu tentang cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Sedangkan secara istilah, ilmu tajwid adalah ilmu yang berguna untuk mengetahui bagaimana cara melafalkan huruf  dengan benar berkaitan dengan sifat, mad, tarqiq, tafkhim dan lainnya. Salah satu cara untuk masuk surga adalah dengan melakukan ibadah dengan baik, dan diantara cara beribadah dengan baik adalah dengan mengetahui ilmu cara membaca al-Qur’an dengan benar. Membaca al-Qur’an merupakan amalan yang mulia, dimana setiap hurufnya akan dibalas dengan sepuluh kebaikan sebagaimana disebutkan dalam sabda Rasulullah.

Ilmu tajwid diperlukan untuk dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Ada banyak materi yang perlu dipelajari dan dipahami dalam ilmu tajwid antara lain mengenal makhorijul huruf atau pengucapan huruf arab dengan benar,  mempelajari sifat dan hukum bacaan al- Qur’an, juga mengenai panjang dan pendek bacaan. Tajwid juga mencakup mempelajari tanda baca wakaf, yaitu tanda baca yang memberitahu kapan kita harus berhenti membaca, di mana bagian yang tidak diperbolehkan berhenti dan lainnya. Beberapa hal yang menjadi manfaat ilmu tajwid bagi umat Islam perlu diketahui untuk memahami makna pembelajaran tersebut.

1. Mengetahui cara membaca al-Qur’an dengan baik

Salah satu tujuan untuk mempelajari manfaat ilmu tajwid ketika membaca al-Qur’an adalah untuk mengetahui bagaimana cara membunyikan huruf berdasarkan makhraj atau tempat keluarnya. Juga untuk mengetahui bagaimana cara membaca hukum – hukum bacaan, bagaimana kalimat dan saat yang tepat untuk berhenti membaca. Mempraktekkan semua pengetahuan tersebut akan membuat kualitas bacaan al-Qur’an kita semakin baik. [AdSense-B]

2. Menghindari kesalahan membaca al-Qur’an

Hubungan tajwid dengan al-Qur’an adalah bahwa kita akan mengetahui kesalahan bacaan dengan sendirinya, baik itu yang dilakukan diri sendiri ataupun dilakukan orang lain. Membaca al-Qur’an sangat berbeda dengan cara membaca hadist atau kalimat dalam bahasa arab lainnya. Jika terjadi kesalahan sepele sekalipun dalam membacanya, maka artinya juga akan berubah. Kita tidak boleh mengganti salah satu kalimat atau huruf dalam al-Qur’an dengan kalimat atau huruf lain dalam bahasa Arab walaupun artinya sama, karena al-Qur’an merupakan syair berbahasa arab yang bermakna sangat dalam. Manfaat ilmu tajwid adalah untuk mencegah terjadinya kesalahan ketika membaca al-Qur’an, baik itu dari susunan, makna, huruf dan harakat dalam kalimat sehingga menghindarkan dosa karena kesalahan membaca al-Qur’an.

3. Mengetahui adab dan tata krama membaca al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan firman yang mulia dari Allah sehingga sudah sepatutnya kita membaca firman Allah tersebut dengan cara yang paling benar dan sebaik – baiknya, serta menghindari membacanya dengan asal – asalan. Memperhatikan makhraj, hukum bacaan dan tanda baca ketika membaca al-Qur’an menjadi salah satu bentuk akhlak baik dalam usaha untuk membaca firman Allah. Begitu pula dengan manfaat mempelajari utsul fiqih dan manfaat mempelajari metodologi studi Islam sebagai sarana untuk memperdalam agama.

4. Sebagai bentuk ibadah

Bagi seorang muslim, membaca al-Qur’an mendatangkan pahala yang sangat besar dalam berbadah. Dengan mempelajari ilmu tajwid untuk memperbaiki kualitas pembacaan al-Qur’an kita maka hal itu akan menjadi salah satu bentuk ibadah yang diniatkan karena Allah SWT. Selain itu juga dianjurkan untuk membaca al-Qur’an secara perlahan sambil meresapi isinya serta makna yang terkandung di dalamnya. Begitu juga dengan manfaat mempelajari ilmu kalam dan manfaat mempelajari ilmu mawaris yang akan semakin memperdalam ibadah.

5. Menjaga kemurnian bacaan Qur’an

Tanpa pengetahuan akan ilmu tajwid yang benar maka saat ini umat Islam pastinya akan membaca al-Qur’an dengan sembarangan saja. Akibatnya bacaan al – Qur’an bisa berubah bentuk dan artinya sehingga maknanya pun akan menjadi salah juga. Manfaat ilmu tajwid dan manfaat mempelajari ulumul Quran yang dipelajari dengan baik bisa menjaga kemurnian al-Qur’an sehingga tidak mengalami perubahan arti. [AdSense-C]

6. Melatih pengucapan bahasa arab

Mempelajari ilmu tajwid berfungsi untuk melatih lidah kita dalam mengucapkan huruf – huruf dalam al – Qur’an sehingga terbiasa dalam pengucapan dan bacaannya. Manfaat mempelajari bahasa Arab juga berguna sehingga bacaan al-Qur’an kita pun akan sesuai dengan harapan dan arti yang benar, membawa makna dari surat – surat dalam al-Qur’an tetap sesuai dengan aslinya.

7. Menjaga makna al-Qur’an

Surat – surat dalam al-Qur’an merupakan kalam dari Allah yang agung maka dari itu, siapapun yang turut berusaha menjaga kalam Allah maka akan mendapatkan pahala yang sangat besar. Banyak yang sudah dapat membaca al Qur’an, tetapi sering tidak menyadari pentingnya mengetahui penjang pendek bacaan dan hukum bacaan, padahal ketika kita salah membaca maka artinya juga akan berbeda. Manfaat ilmu tajwid antara lain untuk menjaga al-Qur’an agar tetap murni dan tidak mengalami pergeseran arti karena kesalahan bacaan. Manfaat mempelajari ushul fiqh akan memberikan kita manfaat memeluk agama Islam dan esensi ajarannya yang benar.

Dalam ilmu tajwid terdapat beberapa pembagian yang harus dipelajari, yaitu makharijul huruf, hukum bacaan seperti ghunnah, idgham, nun sukun, tanwin, mim sukun, lam ta’rif, qalqalah, tafkhim, tarqiq dan bacaan mad. Manfaat ilmu tajwid akan berguna jika kita memahami tujuan mempelajarinya yang harus diketahui sebelum belajar memnaca al-Qur’an secara keseluruhan. Mempelajari ilmu tajwid berguna agar kita dapat melafalkan setiap huruf hijaiyah dengan baik sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, menjaga kemurnian bacaan al- Qur’an, dan menjaga lisan agar tidak terjadi kesalahan dalam membaca. Kesimpulannya, membaca al-Qur’an haruslah benar karena kesalahan dalam membaca akan berdampak serius terhadap arti dari bacaan itu sendiri, dan akibatnya akan sangat fatal untuk masa depan.