6 Manfaat Ikan Manyung Bagi Kesehatan

Manfaat ikan bagi manusia sudah diketahui sangat berperan besar dalam kehidupan, mulai dari manfaat ikan hias, manfaat ikan air tawar bagi kesehatan dan manfaat ikan laut. Ikan manyung adalah salah satu komoditas dalam perikanan laut yang potensial untuk dikembangkan dan kerap diolah menjadi ikan asin yang sering dikonsumsi yaitu ikan asin jambal roti. Populasinya tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Selatan dan Arafura. Di bagian utara ikan ini terdapat di sepanjang pantai India, Thailand, sepanjang pantai laut Cina Selatan, bagian selatan pantai Australia. Ikan manyung kebanyakan hidup di dua habitat. Awalnya ia hidup di air tawar lalu menuju ke muara dan akhirnya ke laut lepas. Ikan manyung dikelompokkan sebagai ikan demersal besar. Bentuk badannya memanjang, kepalanya gepeng, memiliki sungut dua pasang pada rahang bawah dan satu pasang sungut pada rahang atas. Memiliki perisai kepala yang beralur dan berbintik, ciri khasnya adalah memiliki sirip tambahan berupa lemak yang letaknya di belakang sirip dorsal dan tidak berhubungan. Ukuran ikan mayung bisa mencapai 250 – 700 mm dan panjang bisa mencapai 1500 mm. Beratnya bisa mencapai 190 – 4500 gram pada panjang 195 – 580 mm, dan berat mencapai 553 – 5000 gram pada panjang 280 – 600 mm.

Kegunaan Ikan Manyung Untuk Kesehatan

Ikan manyung mengandung protein tinggi sehingga manfaat ikan manyung bagi manusia adalah untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit – penyakit degeneratif. Ikan ini juga mengandung minyak berkolesterol rendah sehingga tidak akan menyebabkan kelebihan kolesterol. Manfaat ikan manyung untuk kesehatan yaitu:

1. Meningkatkan trombosit dalam darah

Trombosit yang kerap disebut sebagai platelet atau keping darah adalah sel – sel darah yang berbentuk oval kecil yang diproduksi di sumsum tulang. Fungsi trombosit adalah untuk membantu dalam proses pembekuan darah. ketika pembuluh darah pecah, trombosit akan bertumpuk di lokasi tersebut untuk membantu menutup kebocoran. Manfaat ikan manyung dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

2. Mengatasi kekurangan gizi

Ikan manyung memiliki kandungan gizi yang termasuk tinggi terutama protein yang bermanfaat untuk kesehatan. Protein dari manfaat ikan manyung bisa mencegah penyakit seperti jantung, stroke dan kolesterol. Ikan manyung memiliki kandungan omega 3 yang mengandung lemak berkolesterol rendah sehingga tidak akan menyebabkan kelebihan kolesterol, begitu juga dengan manfaat ikan julung untuk masalah kolesterol.

3. Meringankan masalah osteoarthritis

Osteoarthritis adalah penyakit arthritis degeneratif atau penyaki degeneratif pada sendi. Ini adalah kondisi dimana sendi terasa nyeri karena inflamasi ringan yang muncul karena gesekan ujung – ujung tulang penyusun sendi. Penyakit ini ditandai dengan kemunduran tulang rawan atau kartilago pada sendi dan tulang – tulang di sekitarnya sehingga sendi terasa nyeri dan tulang kaku. Ikan ini bisa membantu perbaikan pada tulang yang rawan dan menghilangkan nyeri sendi dengan kandungan kalsiumnya.

4. Mencegah stroke

Stroke adalah penyakit yang terjadi karena penggumpalan pembuluh darah di dalam arteri otak. Penggumpalan tersebut menyumbat aliran darah di otak dan menghalangi asupan oksigen yang cukup sehingga otak tidak dapat berfungsi dengan baik. Kandungan lemak baik dalam ikan manyung lebih tinggi daripada lemak jahat sehingga baik untuk dikonsumsi dan mencegah stroke yang terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat. Anda juga bisa mencoba manfaat ikan teri nasi dan manfaat ikan sukang.

5. Memelihara kesehatan kulit

Manfaat ikan manyung bisa membantu untuk memelihara kesehatan kulit sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit kulit yang membuat kulit tampak kurang menarik dan tidak sehat. Penyakit kulit yang bisa dihindarkan dengan konsumsi ikan manyung antara lain yaitu radang kulit atau dermatitis dan menghindari masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri dan virus, seperti juga manfaat ikan barakuda yang bisa menyembuhkan radang kulit.

6. Menurunkan gejala diabetes

Penyakit kencing manis atau diabetes mellitus muncul secara perlahan karena adanya gangguan pada sistem metabolisme karbohidrat di tubuh manusia. Pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup, tubuh tidak dapat berfungsi mengubah gula darah menjadi energi. Pola makan yang tidak teratur, banyak makanan manis dan jarang berolahraga menyebabkan penyakit ini selain juga faktor keturunan. Mengonsumsi ikan manyung bisa membantu meringankan atau mencegah penyakit ini. Ada juga manfaat ikan gabus bagi penderita diabetes yang bisa dicoba.

Jenis – Jenis Ikan Manyung

Ikan manyung merupakan anggota bangsa ikan berkumis atau siluriformes dan termasuk famili Ariidae. Ada sembilan jenis Ariidae yang disebut sebagai ikan manyung yaitu:

  • Plicofollis crossocheilos
  • Plicofollis argyropleuron
  • Plicofollis nella
  • Sciades sagor
  • Cryptarius truncatus
  • Arius maculatus
  • Arius oetik
  • Arius microcephalus
  • Netuma thallasinus
  • Arius caelatus
  • Arius venosus

Dari sekian banyak jenis manyung, yang paling populer untuk diolah sebagai ikan asin adalah jenis netuma thallasinus. Manfaat ikan manyung bisa Anda dapatkan melalui bermacam – macam olahannya antara lain yang sangat terkenal seperti ikan asin jambal roti. Nama jambal roti berasal dari tekstur daging ikan manyung yang sudah digoreng yang rapuh seperti roti panggang. Ikan ini juga biasa diolah menjadi abon dan bagian kepalanya bisa dimasak menjadi gulai, dimangut atau diasap sebagai makanan khas pantai utara Jawa (pantura). Telurnya juga dapat dijadikan pepes, dan kantung udaranya juga dapat dikonsumsi. Banyaknya pilihan cara mengolah ikan manyung ini sudah tentu akan membantu meningkatkan selera makan bagi Anda yang sulit atau tidak memiliki selera makan yang cukup sehingga terancam kekurangan gizi.  Ikan ini juga berpotensi untuk dijadikan objek pada kegiatan sport fishing yang sudah mulai dilakukan beberapa waktu belakangan ini.