Manfaat Ikan Gindara untuk Bayi yang Sehat Tumbuh Kembangnya

Bayi memerlukan berbagai jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Salah satu makanan yang penting bagi bayi adalah ikan. Manfaat ikan bagi bayi adalah mencerdaskan bayi dan membantu menjaga kesehatan berbagai organ tubuh.

Terkait jenis ikan yang dapat dijadikan makanan untuk bayi, perlu diperhatikan keamanannya dan riwayat alergi dari si bayi. Ikan gindara, yang dikenal sebagai ikan setan, memiliki tekstur cukup lembut sehingga sangat sesuai untuk bayi. Umumnya, bentuk ikan gindara yang dapat diolah secara fillet akan memudahkan sang ibu untuk memasak makanan ini bagi bayi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan gindara untuk bayi yaitu.

  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam minyak ikan gindara, seperti lemak jenuh, minyak tak jenuh tunggal (MUFA), dan lemak tak jenuh (PUFA), berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh si bayi, sehingga membantu mencegah berbagai penyakit, seperti influenza, demam, batuk, sesak napas, dan TBC.

  • Membantu perkembangan otot

Kandungan protein dalam ikan gindara dapat membantu menjaga ketahanan dan kekuatan tubuh, termasuk membantu perkembangan massa otot, meningkatkan kekuatan otot, dan menjaga kesehatan otot.

  • Memberikan proteksi atau perlindungan terhadap sel kanker

Manfaat minyak ikan gindara dapat memberikan proteksi terhadap sel kanker di dalam tubuh. Sebagai contoh, pada kanker kelenjar getah bening dan kanker usus besar.

  • Mencegah terjadinya tifus dan demam berdarah

Kandungan nutrisi dalam minyak ikan gindara dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya penyakit tifus dan demam berdarah pada si bayi. Sebab, minyak ikan gindara dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit di dalam darah, yang akan sangat membantu saat infeksi virus tifus dan demam berdarah mulai menyerang.

  • Asupan nutrisi otak bagi anak

Ikan gindara banyak mengandung asam lemak omega 3 yang setara dengan ikan salmon. Hal ini sangat berguna sebagai asupan nutrisi bagi tumbuh kembang otak si bayi. Si bayi pun akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan memiliki kemampuan berpikir yang cemerlang. Hal ini pun dibantu dengan kandungan asam lemak omega 6 dalam ikan gindara yang mendorong proses pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Selain kandungan omega 3 dan omega 6, minyak ikan gindara juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi lain yaitu DHA atau asam lemak ganda yang tinggi, sekitar 1.98% dari total berat ikan. Manfaat DHA yaitu untuk membantu perkembangan otak si bayi dan kemampuan kognitif bayi. Hal ini sangat berguna dalam masa pertumbuhan bayi.

  • Menjaga kesehatan jantung

Ikan gindara diketahui mengandung lemak tak jenuh dalam jumlah yang cukup tinggi, terutama pada minyak ikan gindara. Kandungan lemak tak jenuh dalam minyak ikan gindara ini berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kandungan kolesterol yang dapat mencegah terjadinya penyakit aterosklerosis, yang seringkali dapat menyumbat dan mengganggu sistem peredaran darah di dalam tubuh. Selain itu, minyak ikan gindara juga akan membantu menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh agar tetap dalam kadar normal, sehingga secara tidak langsung akan membantu kontrol kadar kolesterol, termasuk penurunan LDL dan peningkatan HDL. Di samping itu, bayi dapat terlindungi dari risiko stroke iskemik sebagai akibat peningkatan fungsi otot jantung.

Umumnya, bayi yang mengonsumsi minyak ikan gindara akan menurunkan risiko serangan jantung. Vitamin B6 dan B12 yang didapatkan setelah konsumsi ikan gindara akan menyebabkan rendahnya kadar homosistein di dalam darah sehingga mengurangi risiko terjadinya gangguan jantung yang mungkin mendera.

Di samping itu, adanya kandungan kalium dalam ikan gindara juga bermanfaat untuk mengatur tingkat tekanan darah dan menjaga keseimbangan asam-basa di dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan mata

Manfaat omega 3 dalam minyak ikan gindara adalah membantu menjaga kesehatan mata si bayi.

  • Melancarkan pencernaan si bayi

Ikan gindara mampu mencairkan dan mengurangi lemak di dalam tubuh, yang kemudian akan dikeluarkan melalui kotoran. Hal ini dapat dirasakan saat membuang air besar, dimana minyak lemak akan keluar bersama feses. Hal ini serupa dengan mekanisme kerja penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, minyak ikan gindara akan sangat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan dan terutama bagi bayi yang sulit mengalami buang air besar. Umumnya, gejala yang akan dialami setelah mengonsumsi minyak ikan adalah mual, mulas, sakit perut, dan sering buang air besar. Selain itu, manfaat ini akan sangat bermanfaat untuk menghindari kenaikan berat badan yang berlebih pada bayi.


  • Menjaga kesehatan mental

Bayi yang rutin mengonsumsi minyak ikan gindara atau dikenal sebagai minyak ikan cod, akan terjaga kesehatan mental yang seringkali dapat mengarah ke depresi. Bahkan, dapat membantu memperbaiki suasana hati dan perubahan kepribadian yang terkait gangguan bipolar atau skizofrenia.

  • Asupan nutrisi bagi bayi

Ikan gindara mengandung berbagai vitamin dan mineral di dalam tubuh yang berguna untuk menjadi asupan nutrisi yang cukup bagi tumbuh kembang seorang bayi, termasuk berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan tulang

Ikan gindara mengandung kalsium dan fosfor yang cukup banyak. Adapun manfaat kalsium dan fosfor bagi bayi adalah menjaga kesehatan tulang, sehingga mencegah terjadinya pengeroposan tulang pada bayi.

, ,
Oleh :
Kategori : Daging