7 Manfaat Ikan Asin Gabus Penting untuk Diketahui

Sudah banyak penelitian yang membuktikan tentang manfaat ikan gabus untuk kesehatan terutama karena kandungan albuminnya yang sangat tinggi. Albumin sendiri merupakan senyawa protein yang ternyata memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka.

Ikan Gabus Segar dan Asin

Tentunya Anda sudah tahu betul betapa pentingnya manfaat ikan gabus segar tapi bagaimana dengan manfaat ikan asin gabus. Di Indonesia sendiri mengkonsumsi ikan asin sudah menjadi bagian keseharian karena selain lebih awet disimpan, ikan asin gabus juga bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang enak. Kemudian muncul pertanyaan? Apakah mengkonsumsi ikan asin gabus memberikan manfaat yang sama dengan mengkonsumsi ikan gabus segar?

Manfaat Ikan Asin Gabus

Orang Indonesia sejak jaman dahulu memang sudah dikenal dengan pengetahuan mereka mengasikan ikan. Mengasinkan ikan merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengawetkan ikan yang memang tidak akan bertahan lama. Ikan asin juga dianggap sebagai makanan yang terjangkau dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Seperti pertanyaan di atas, ikan gabus yang kaya manfaat apakah tetap bisa memberikan manfaat kesehatan ketika diasinkan.

  1. Solusi Pengawetan Ikan

Tidak semua orang di Indonesia memiliki lemari pendingin untuk menyimpan ikan terutama di daerah pedesaan. Ikan asin menjadi salah satu solusi agar ikan bisa awet dan bagi kebanyakan nelayan juga menjadi penghasilan tambahan karena beberapa jenis ikan seperti ikan gabus ini justru dihargani lebih mahal ketika sudah dalam bentuk ikan asin.

  1. Menambah Nafsu Makan

Rasanya yang asin dan gurih ternyata terbukti dapat membantu menambah nafsu makan. Banyak masyarakat yang mengklaim bahwa ketika anak-anak mereka mengalami masalah nafsu makan, mencampur makanan mereka dengan ikan asin gabus justru dapat menambah nafsu makan mereka sehingga mereka makan lebih lahap dan lebih banyak. Walaupun hal ini belum dibuktikan secara ilmiah namun tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa memberi anak mereka ikan asin gabus dapat meningkatkan nafsu makan ternyata bukan mitos belaka.

  1. Tinggi Kandungan Mineral

Proses pengawetannya yang menggunakan garam tentunya meningkatkan kandungan mineral pada ikan asin gabus seperti kalsium, fosfor sampai zat besi. Itu artinya manfaat kalsium, fosfor dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta mengoptimalkan produksi sel darah merah dapat juga menjadi penunjang sistem metabolisme.

  1. Membantu Mengatasi Anemia

Karena tinggi kandungan zat besi serta dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah tentunya mengkonsumsi ikan asin gabus dapat juga membantu mengatasi anemia atau masalah darah rendah. Namun sebaliknya orang yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi tidak seharusnya mengkonsumsi ikan asin gabus karena kadar sodiumnya yang tinggi.

  1. Baik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ketika produksi sel darah merah optimal dan zat besi terpenuhi maka salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah tubuh yang lebih sehat dan daya tahan tubuh yang lebih baik. Itu artinya mengkonsumsi ikan asin juga dianjurkan ketika Anda sedang dalam masa pemulihan karena ternyata hal tersebut juga dapat membantu mempercepat pemulihan setelah sakit.

  1. Mengandung Protein yang Tinggi

Ikan gabus memang terkenal karena kandungan proteinnya yang tinggi. Walaupun sudah diasinkan tetap mengandung protein yang baik untuk kesehatan dan pembentukan masa otot namun tentu saja kandungannya sudah menurun dibandingkan ketika mengkonsumsi ikan gabus segar.

  1. Sumber Energi

Seperti halnya manfaat gemar makan ikan segar, mengkonsumsi ikan asin gabus juga dapat menjadi sumber energi karena tinggi kandungan zat besinya.

Efek Samping Mengkonsumsi Ikan Asin

Walaupun ikan asin gabus juga bisa menjadi solusi lauk pauk karena bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat namun Anda juga harus hati-hati dengan efek samping yang bisa ditimbulkan ketika mengkonsumsi terlalu banyak ikan asin.

  • Kandungan sodium pada ikan asin sangatlah tinggi karena proses pengawetannya yang menggunakan garam dengan jumlah yang sangat banyak. Sodium berlebih tentunya tidak baik untuk kesehatan jantung dan bisa menjadi penyebab utama hipertensi atau darah tinggi.
  • Pengawetan menggunakan garam juga harus diperhatikan kadar yodium garamnya karena garam yang tidak beryodium tentunya dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.
  • Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa terlalu sering mengkonsumsi ikan asin juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Untuk selalu menjaga kesehatan Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan gabus segar dan bukannya ikan asin gabus namun sebagai orang Indonesia yang memang penggemar ikan asin mengkonsumsinya sekali-sekali tentu tidak dilarang namun jangan berlebihan karena dapat meningkatkan beberapa risiko penyakit. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat albumin dari ikan gabus sebaiknya memang mengkonsumsi ikan gabus segar karena ketika ikan gabus sudah diasinkan atau dikeringkan kandungan gizinya akan berkurang secara drastis termasuk kandungan albumin di dalamnya.