7 Manfaat Hutan Secara Tidak Langsung Bagi Manusia dan Lingkungan

Hutan adalah sumber daya alam untuk kehidupan manusia dan juga hewan yang memiliki fungsi secara umum sebagai paru paru dunia. Dengan adanya hutan, maka polusi dan juga pencemaran udara bisa dikurangi. Selain itu, hutan juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan ekosistem dunia, mencegah terganggunya rantai makanan sekaligus mendukung kehidupan manusia. Hutan memiliki peran yang sangat penting sebagai penyedia oksigen, sumber air dan tempat bagi flora dan fauna untuk berkembang biak untuk mencegah pemanasan global. Semua fungsi ini tentunya sangat dibutuhkan agar semua manusia bisa bertahan hidup. Selain bisa memberikan manfaat secara langsung seperti penghasil makanan, kayu dan lain sebagainya, ada juga manfaat hutan secara tidak langsung seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Menyerap Air Hujan

Fungsi pertama dari hutan seperti manfaat hutan lindung secara tidak langsung adalah fungsi hidrologi. Hutan nantinya berperan penting untuk menyerap air hujan dengan lebih baik sekaligus menjaga atau menahan sekaligus mengatur tata air yang ada di dalam tanah. Daun dan ranting dari tanaman nantinya juga akan gugur yang kemudian diuraikan bakteri menjadi bunga tanah. Fungsi hidrologi tidak hanya berguna sebagai penyerapan namun juga untuk menghindari bahaya dari erosi.

  1. Pembersih Air

Hutan juga memiliki kegunaan untuk fungsi hidrologi yakni menyaring sekaligus membersihkan lewat akar dari tumbuh tumbuhan yang ada di hutan. Dengan fungsi orologi ini, nantinya erosi dan juga tanah longsor bisa dicegah selain banyak juga manfaat sumber daya hutan.

  1. Sebagai Paru Paru Dunia

Semua manusia dan juga hewan membutuhkan oksigen dari lingkungan agar dapat bertahan hidup. Namun tumbuhan yang ada di dalam hutan membutuhkan hal yang sebaliknya yakni karbon dioksida dari lingkungan agar bisa bertahan hidup. Dengan ini secara tidak langsung, hutan memiliki fungsi yang penting untuk menghasilkan oksigen yang nantinya akan digunakan manusia dan hewan di seluruh dunia atau dengan kata lain hutan memiliki tugas penting sebagai paru paru dunia.

  1. Menurunkan Suhu Permukaan Bumi

Hutan beserta dengan isinya juga berperan penting untuk menurunkan suhu di permukaan bumi. Nantinya, hutan akan bekerja secara terus menerus untuk menyerap banyak energi matahari yang nantinya akan diubah ke dalam bentuk berbeda seperti manfaat hutan bakau. Tumbuhan hijau yang ada di dalam hutan memiliki peran aktif untuk membersihkan udara beserta dengan berbagai macam polutan baik karena pabrik atau industri, kendaraan, pembangkit listrik tenaga diesel dan juga berbagai aktivitas rumah tangga.

  1. Mengundang Hujan

Ada banyak hal yang bisa membuat hujan bisa turun di sepanjang tahun pada area tropis dan salah satunya adalah karena pengaruh kondensasi awan yang dipicu dari udara sejuk yang dihasilkan hutan tropis dan manfaat hutan kota. Selain itu, begitu banyak pohon yang ada di dalam hutan juga bisa mengubah udara menjadi air dimana kondensasi sederhana ini bisa ditemukan ketika tumbuhan hutan menciptakan embun pada malam dan dini hari.

  1. Menjaga Kesuburan Tanah

Tanah yang terlindungi dari sinar matahari langsung mengandung banyak vegetasi mikroba karena tingkat kelembaban tanah yang sangat tinggi. Akar dari tanaman hutan akan selalu aktif untuk mencari makanan dan menghasilkan gerakan pasif yang bisa menyuburkan tanah. Selain itu, serangga dan berbagai hewan kecil dalam tanah seperti cacing akan hidup yang juga menggemburkan tanah di bawah teduhnya tanaman hutan sehingga semua ini akan menjaga kesuburan tanah sehingga bisa ditanami segala sesuatu yang nantinya akan tumbuh dengan subur sehingga bias memberikan manfaat tanah yang nantinya juga bisa digunakan manusia.

  1. Mencegah Angin Kencang

Angin akan selalu mengalir dari lingkungan dengan suhu udara yang panas menuju lingkungan dengan suhu udara yang sejuk seperti di dalam hutan. Dengan pepohonan rimbun yang ada di dalam hutan, maka ini bisa menjadi penghalang agar tidak berhembus terlalu kencang seperti mencegah terjadinya angin puyuh atau angin topan yang tentu sangat berbahaya meski banyak juga manfaat angin bagi manusia.

Ada begitu banyak manfaat hutan secara tidak langsung yang juga memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan manusia dan juga hewan selain fungsi langsung dari hutan yang bisa dimanfaatkan seperti membangun rumah, sumber makanan dan lain sebagainya. Karena begitu banyak fungsi penting dari hutan, maka keberadaannya harus selalu dijaga secara baik karena juga berhubungan dengan kehidupan manusia di muka bumi.