Manfaat Hewan Vertebrata Bagi Manusia yang Berlimpah

Hewan vertebrata merupakan hewan bertulang belakang yang memiliki struktur tubuh lebih sempurna jika dibandingkan dengan hewan invertebrata. Hewan vertebrata memiliki tali yang menyusun tempat berkumpulnya sel saraf serta memiliki perpanjangan kumpulan saraf di otak yang tidak dimiliki hewan tak bertulang punggung. Untuk memenuhi kebutuhan, hewan vertebrata mempunyai sistem kerja yang sempurna yakni peredaran darah yang berpusat dari jantung dengan pembuluh darah sebagai penyalurnya. Ciri dari hewan vertebrata adalah memiliki tulang yang terentang dari belakang kepala sampai ke ujung ekor meski tidak selalu mutlak seperti pada katak, mempunyai kelenjar bundar, endoksin untuk menghasilkan hormon pengendalian, bersuhu panas dan tetap serta bersuhu dingin sesuai dengan kondisi sekitar, alat pencernaan mulai dari mulut hingga anus dan masih banyak lagi. Seperti jenis hewan lain, ada juga beberapa manfaat hewan vertebrata bagi manusia dan beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Peranan Pisces

Pisces yang merupakan salah satu hewan vertebrata memiliki ciri seperti tubuh bersisik dan dilengkapi juga dengan alat gerak berupa sirip, mempunyai gurat sisi untuk mengetahui tekanan air, termasuk dalam hewan berdarah dingin atau poikiloterm serta mengalami fertilisasi eksternal dalam air. Pisces sendiri terbagi menjadi tiga kelas yakni kelas agatha atau ikan tidak memiliki rahang seperti ikan hag, kelas chondrichtyes atau ikan bertulang rawan seperti ikan hidup dan ikan pari serta kelas osteichthyes atau ikan bertulangs ejati seperti ikan kakap, mas dan belut. Beberapa peran dari hewan vertebrata pisces ini adalah sebagai sumber protein, memberikan manfaat vitamin A dan juga asam lemak tak jenuh. Selain itu, ada manfaat lain yang bisa digunakan manusia dari pisces seperti lem atau perekat yang berasal dari tulang ikan dan juga sebagai sumber mata pencaharian untuk beternak seperti manfaat ikan ayam ayam.

  1. Peranan Amphibia

Amphibia merupakan hewan dengan ciri hidup di dua alam yakni darat dan air, kulit yang terlihat selalu basah atau berlendir, tidak memiliki sisik, alat pernapasan larva dengan menggunakan insang dan berubah menjadi paru paru saat dewasa, bersifat poikiloterm yakni suhu tubuh yang dipengaruhi dengan kondisi sekitar serta memiliki sifat ovipar dengan fertilisasi eksternal. Beberapa hewan yang ada dalam kelas amphibia ini diantaranya adalah katak hijau dan juga apoda seperti salamander cacing. Sedangkan manfaat amphibia untuk manusia diantaranya adalah sebagai predator alami bagi serangga, untuk bahan makanan seperti contohnya katak hijau dan juga untuk menguatkan denyut jantung seperti racun bufotalin dari katak bufo sp.

  1. Peranan Reptilia

Hewan reptilia memiliki ciri memiliki dua pasang tungkai serta berjalan secara melata, kulit kering dan bersisik, bernafas menggunakan paru paru, memiliki sifat pokliliterm, ovipar atau ovovivipar dan juga vertilisasi internal. Reptilia ini terbagi menjadi empat ordo yakni squamata seperti kadal dan ular, chelonia seperti penyu dan kura kura, crocodilia seperti buaya dan juga rynchocephalia seperti tuatara. Sedangkan manfaat dari hewan reptilia diantaranya adalah sebagai predator alami seperti ular yang memangsa tikus, sebagai bahan obat untuk mempercepat proses penyembuhan seperti minyak dan racun ular dan juga bahan makanan seperti penyu dan kura kura.

  1. Peranan Aves

Aves memiliki ciri tubuh yang tertutup dengan bulu dan memiliki sayap, bernafas dengan paru paru dibantu pundi pundi udara, memiliki sifat homoioterm atau berdarah panas dan juga ovipar dengan fertilisasi internal. Manfaat hewan bagi manusia khususnya vertebrata aves ini untuk manusia diantaranya adalah sebagai sumber protein seperti daging dan telur ayam serta itik, bahan membuat obat seperti telur ayam kampung, predator alami seperti burung pemakan insecta dan juga bahan industri seperti pembuatan kok bulu tangkis dari angsa.

  1. Peranan Mamalia

Mamalia memiliki ciri tubuh yang berambut dan memiliki kelenjar susu, bernafas memakai paru paru, bersifat homoioterm dan biasanya vivipar serta vertilisasi terjadi di tubuh betina. Beberapa manfaat hewan mamalia yang bisa dimanfaatkan manusia diantaranya adalah sebagai sumber protein seperti manfaat daging sapi bagi tubuh dan kambing, penghasil susu seperti sapi dan kuda serta untuk alat transportasi seperti kuda, sapi dan kerbau.