7 Manfaat Gula Anggur Sebagai Sumber Glukosa Tubuh

Gula anggur adalah produk alami yang hanya ada dalam bentuk cairan, berasal dari anggur yang melalui proses pemurnian lebih dulu. Gula anggur mengandung semua fruktosa, glukosa, gula sederhana dan polialkohol manis. Karena manfaatnya yang sangat baik sebagai sumber glukosa, gula anggur banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan suplemen. Salah satunya adalah produk Glucolin Glucose. Glucolin adalah suplemen minuman energi yang dibuat dari gula anggur dengan kandungan kalsium dan vitamin D yang diklaim dapat menambahkan energi dengan cepat setelah mengonsumsinya. Glucolin utamanya menyediakan asupan energi bagi orang yang mengonsumsinya, maka cocok untuk dikonsumsi ketika sedang kehilangan nafsu makan atau sedang merasa berada pada titik energi yang rendah. Susu rendah lemak dengan rasa plain ini dikatakan mampu mencukupi kebutuhan gizi namun tidak mempengaruhi kesehatan.

Manfaat Glukosa

Glucolin pada dasarnya adalah glukosa, yaitu salah satu jenis gula. Glukosa juga dikenal dengan nama lain, yaitu gula darah. Glukosa yang merupakan suatu gula monosakarida merupakan salah satu karbohidrat yang paling penting untuk digunakan sebagai sumber energi bagi makhluk hidup. Terbentuk dari gula alami yang pada umumnya diproduksi oleh liver, glukosa adalah kunci untuk mempertahankan mekanisme tubuh agar tetap bekerja dengan semestinya. Glukosa adalah bentuk karbohidrat yang paling sederhana dari gula, sehingga termasuk jenis monosakarida. Gula anggur merupakan glukosa berbentuk dekstrosa. Berikut ini adalah beberapa manfaat gula anggur.

1. Sumber energi

Glukosa yang telah ada dalam darah secara alami adalah salah satu sumber energi yang berasal dari dalam tubuh. Manfaat glukosa dalam darah bagi tubuh manusia digunakan sebagai bahan bakar atau proses fermentasi, juga menjadi sumber bahan bakar utama bagi manusia yang dapat menghasilkan energi, serupa dengan manfaat insulin bagi tubuh. Glukosa bisa diserap langsung oleh jaringan dan sel di dalam tubuh.

2. Meningkatkan tekanan darah

Manfaat gula anggur sebagai sumber glukosa juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah rendah atau kerap disebut sebagai hipoglikemia yang kerap dialami oleh penderita diabetes mellitus, namun juga bisa dialami kebanyakan orang. Penyebab tekanan darah rendah biasanya berasal dari lambatnya kinerja jaringan tubuh dan darah, karena kekurangan kadar glukosa dalam darah. Untuk itu, asupan glukosa tambahan diperlukan untuk meningkatkan tekanan darah yang rendah tersebut.

3. Bahan bakar untuk otak

Glukosa berasal dari manfaat fotosintesis dan manfaat karbohidrat dalam tubuh manusia. Salah satu organ tubuh yang paling utama adalah otak, sehingga perlu kita jaga agar tetap berfungsi dengan baik. Glukosa dipercaya memiliki kemampuan untuk mempercepat fungsi serta kinerja otak, namun peredaran darah dari dan ke otak juga mempengaruhi. Manfaat gula anggur sebagai glukosa dapat membantu memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja darah yang dapat mempengaruhi otak.

4. Meningkatkan energi

Sumber energi untuk tubuh bisa kita dapatkan salah satunya dari asupan gula yang berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Manfaat gula anggur bisa membuat Anda mendapatkan energi yang dibutuhkan dari asupan glukosa tersebut untuk tubuh. Dengan demikian, hal ini juga akan dapat membantu meningkatkan kadar energi di dalam tubuh. Glukosa juga tidak hanya diperlukan untuk memproduksi energi sehingga seseorang dapat beraktivitas tanpa kelelahan, tetapi juga diperlukan sebagai bagian dari pemulihan energi tubuh. Ketika Anda lelah setelah bekerja seharian di kantor, Anda tetap memerlukan glukosa untuk memulihkan energi agar tetap dapat memiliki tenaga untuk beraktivitas keesokan harinya. Selama waktu beristirahat, glukosa akan terbentuk dan menyimpan glikogen pada sel tubuh yang dapat digunakan lagi kapan saja dibutuhkan.


5. Mengoptimalkan kinerja darah

Kelancaran peredaran darah adalah hal yang sangat penting yang dapat mempengaruhi sistem tubuh kita untuk bekerja lebih optimal juga. Semua organ tubuh memerlukan darah untuk bekerja dan berfungsi dengan benar, maka peredaran darah yang lancar merupakan suatu keharusan. Glukosa akan membantu kelancaran kinerja peredaran darah tersebut agar menjadi optimal dan tidak mengganggu sistem tubuh lainnya. Ketahui juga sumber glukosa lainnya seperti manfaat gula aren untuk asam lambung, serta manfaat air tebu bagi kesehatan.

6. Sebagai asupan karbohidrat

Bagi seseorang yang tidak dapat makan banyak seperti biasanya karena sakit, mengalami trauma atau kondisi medis lainnya, glukosa dapat berguna untuk menyediakan asupan karbohidrat atau kalori yang kurang karena kondisi tersebut. Glukosa juga berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Untuk mempertahankan tubuh tetap hangat maka energi diperlukan yang berasal dari glukosa.

7. Sumber ketahanan tubuh

Seperti yang telah disebutkan bahwa glukosa adalah sumber energi, maka dengan kata lain glukosa juga memiliki peranan yang signifikan untuk memelihara ketahanan tubuh. Semakin banyak persediaan glikogen yang dimiliki di dalam otot maka semakin banyak energi yang dimiliki. Dengan demikian, Anda akan memiliki waktu lebih lama sebelum mulai merasa kelelahan. Dan manfaat gula anggur ini akan sangat berguna bagi Anda yang hobi berolahraga.

Manfaat gula anggur sebagai sumber glukosa memang akan sangat membantu dalam berbagai kebutuhan tubuh kita. Karena berasal dari buah – buahan, gula yang dihasilkan dari manfaat anggur akan relatif aman untuk dikonsumsi dibandingkan dengan gula olahan lainnya. Akan tetapi, bukan berarti gula anggur ini dapat Anda konsumsi dengan bebas tanpa porsi atau takaran yang benar. Sebab, mengonsumsi gula anggur berlebihan tetap dapat mendatangkan resiko kesehatan, terutama bagi penderita diabetes. Juga karena manfaat buah anggur merah dan jenis lainnya merupakan salah satu buah dengan kadar gula yang cukup tinggi, yaitu lebih dari 10 gram per porsinya, maka Anda tetap harus membatasi konsumsi gula buah tersebut.

, ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi