18 Manfaat Daun Cakar Ayam untuk Kesehatan dan Penyakit Kronis

Daun cakar ayam adalah tanaman dengan bentuk daun yang terlihat unik karena bercabang dan terlihat seperti cakar atau ceker ayam. Daun ini juga memiliki sebutan yang berbeda beda sepreti kipas gunung, daun paku dan beberapa sebutan lainnya. Dalam daun cakar ayam mengandung glikosida, alkaloid, saponin dan masih banyak kandungan lain yang bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

  1. Menyembuhkan Demam dan Panas

Daun cakar ayam bisa digunakan sebagai obat alami penurun panas ketika demam dan juga menyembuhkan gejala yang menyertai seperti sakit kepala. Untuk cara menggunakan daun ini bisa diambil sari patinya atau juga bisa merebus daun cakar ayam yang kemudian diminum untuk menurunkan demam dengan cepat.

  1. Menghentikan Pendarahan

Daun cakar ayam bisa dipakai untuk menghentikan pendarahan karena mimisan atau luka terbuka. Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan melumatkan daun cakar ayam kemudian diaplikasikan pada area yang mengalami pendarahan untuk membekukan pendarahan secara cepat.

  1. Anti Kanker

Solusi kanker juga menjadi khasiat selanjutnya dari daun cakar ayam untuk pencegahan beberapa jenis kanker. Hal ini bisa terjadi karena dalam daun cakar ayam mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker.

  1. Meredakan Radang

Peradangan yang terjadi pada tubuh juga bisa diatasi dengan menggunakan daun cakar ayam seperti contohnya radang mulut atau radang tenggorokan. Tidak hanya menyembuhkan, namun daun ini juga bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan karena peradangan dan infeksi tersebut.

  1. Membersihkan Darah

Daun cakar ayam juga bisa dikonsumsi untuk membersihkan dan menyaring darah dari berbagai kotoran yang mengalir di seluruh tubuh untuk pencegahan berbagai penyakit dalam dan penyakit kulit berbahaya.

  1. Anti Racun

Keistimewaan selanjutnya dari daun cakar ayam ini juga bisa digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh karena memang memiliki kandungan untuk melawan racun dan mencegah racun tersebut mengendap di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu organ penting dalam tubuh yakni ginjal berguna untuk menyaring dan mengeluarkan limbah sisa metabolisme dari dalam tubuh sehingga kesehatannya perlu dijaga dengan baik. Mengkonsumsi air rebusan daun cakar ayam ini sangat efektif untuk menguatkan ginjal sehingga bisa tetap bekerja seperti seharusnya.

  1. Mencegah Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah infeksi yang terjadi pada saluran kencing yang membuat seseorang akan kesulitan saat buang air kecil. Daun cakar ayam ini bisa digunakan untuk mengatasi penyakit tersebut secara alami hanya dengan minum air rebusan tersebut dengan teratur.

  1. Menyembuhkan Tulang Patah

Seperti yang kita ketahui jika tulang patah sangat sulit disembuhkan dan membutuhkan waktu yang lama. Untuk membantu proses penyembuhan tulang patah tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan daun cakar ayam yang sudah cukup ampuh untuk mempersingkat waktu penyembuhan.


  1. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Ada begitu banyak jenis penyakit kulit seperti kurap, kadas, panu, gatal gatal dan jenis penyakit kulit lainnya. Segala jenis penyakit kulit ini tidak hanya bisa mengganggu kenyamanan namun juga merusak penampilan seseorang. Untuk mengatasi penyakit kulit tersebut, daun cakar ayam juga bisa digunakan sebagai obat luar dengan cara menghaluskan daun cakar ayam lalu diaplikasikan pada bagian kulit yang terkena dan ganti secara berkala ketika pasta daun tersebut sudah mengering.

  1. Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung adalah salah satu gangguan kesehatan dengan gejala seperti terasa penuh di bagian perut dan sulit buang air, masuk angin serta buang gas. Selain itu, perut kembung juga sering disertai juga dengan peningkatan suhu tubuh yang akhirnya memicu demam dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Untuk mengatasi perut kembung, daun cakar ayam bisa digunakan dengan cara minum air rebusan daun cakar ayam selagi masih hangat.

  1. Pengobatan Diare

Daun cakar ayam juga menjadi solusi diare yang sangat murah dan mudah didapat yang bisa menyembuhkan diare dalam waktu cepat. Anda bisa minum air rebusan daun cakar ayam ini hingga diare bisa disembuhkan.

  1. Menyembuhkan Rematik

Rematik adalah penyakit yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan pegal di beberapa anggota gerak khususnya area persendian. Sedangkan untuk gejala yang ditimbulkan sendiri tergantung dari jenis penyakit rematik dan bagian mana yang terkena rematik tersebut. Untuk mengatasi rematik ini, anda juga bisa menggunakan daun cakar ayam dengan cara merebus daun tersebut dan gunakan air rebusan selagi masih hangat untuk mengkompres bagian tubuh yang terserang.

  1. Mengobati Batuk

Batuk merupakan respon alami yang dilakukan tubuh sebagai sistem pertahanan pada saluran pernapasan yang terjadi ketika ada gangguan dari luar. Respon batuk tersebut bisa terjadi untuk membersihkan lendir dan juga beberapa faktor penyebab iritasi atau bahan iritan seperti asap dan debu agar bisa keluar dari paru paru. Daun cakar ini bisa dijadikan solusi batuk dengan cara minum air rebusan daun tersebut selagi masih hangat.

  1. Membantu Menyembuhkan Amandel

Radang amandel merupakan peradangan yang terjadi pada tonsil atau amandel karena bakteri. Saat seseorang mengalami radang amandel ini, maka ada beberapa gejala yang ditimbulkan seperti sakit di bagian telinga, sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan saat menelan dan juga batuk. Daun cakar ayam ini juga bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan radang amandel lebih cepat.

  1. Anti Neoplasma

Neoplasma merupakan pertumbuhan abnormal akan tetapi bukan merupakan kanker yang bisa terjadi di seluruh bagian tubuh. Neoplasma ini berasal dari bahasa Yunani yakni neo yang berarti baru dan plasma yang berarti pembentukan atau penciptaan sehingga jika diartikan sebagai pertumbuhan abnormal jaringan baru. Air rebusan daun cakar ayam juga bisa anda konsumsi secara teratur karena memiliki sifat anti neoplasma.

  1. Mengatasi Radang Paru

Radang paru merupakan salah satu jenis penyakit akut yang ditandai dengan infeksi yang terjadi pada parenkim paru paru yang disebabkan karena bakteri atau virus dan bisa menyerang kantung udara kecil pada paru paru atau disebut dengan alveoli. Alveoli nantinya akan dipenuhi dengan cairan yang sudah terinfeksi sehingga akan mengurangi kapasitas paru paru serta persediaan oksigen. Seperti beberapa jenis penyakit lain, radang paru paru ini juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun cakar ayam yang sekaligus juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Membantu Menyembuhkan Korio Karsinoma

Korio karsinoma adalah jenis tumor ganas yang berasal dari jaringan mengandung trofoblas seperti vili dari plasenta, lapisan trofoblas ovum yang sedang tumbuh, emboli sel sel trofoblas di berbagai bagian tubuh dan juga gelembung mola. Air rebusan daun cakar ayam ini juga bisa diminum untuk membantu menyembuhkan penyakit korio karsinoma lebih cepat.

Manfaat daun cakar ayam tidak hanya cantik untuk dijadikan tanaman hias namun berbagai kandungan dalam daun ini juga berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dari mulai ringan hingga berbahaya tanpa menimbulkan efek samping. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda seputar pengobatan alami.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan