Manfaat Daun Sirsak Untuk Benjolan Pada Payudara dan Kelenjar Getah Bening

Sirsak atau durian belanda tidak hanya terkenal karena daging buahnya yang lezat namun juga karena daunnya yang bisa diolah sebagai obat alami untuk memelihara kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Manfaat air rebusan daun sirsak atau ramuan dari daun sirsak telah lama dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit. Mulai dari manfaat daun sirsak untuk wasir, manfaat daun sirsak untuk maag kronis dan akut, manfaat daun sirsak untuk asma, manfaat daun sirsak untuk asam urat, manfaat daun sirsak untuk kolesterol, manfaat daun sirsak untuk diabetes, hingga manfaat daun sirsak untuk tumor yang bisa berkembang menjadi kanker yang dapat menyebabkan kematian. Tidak hanya itu ada pula manfaat daun sirsak untuk kecantikan dan manfaat daun sirsak untuk kesuburan sehingga sangat baik dikonsumsi baik oleh wanita maupun pria.

Selain beragam manfaat di atas ada satu lagi kelebihan daun sirsak yang sayang untuk dilewatkan yaitu manfaat daun sirsak untuk benjolan pada beberapa bagian tubuh. Ya, daun sirsak diketahui dapat mengatasi benjolan abnormal yang menyerang berbagai bagian tubuh yang mengindikasikan penyakit atau gangguan kesehatan yang cukup serius. Disebut benjolan abnormal karena memang ada benjolan-benjolan tertentu yang tidak berbahaya bagi kesehatan sehingga bisa diabaikan. Contohnya seperti lipoma atau benjolan lemak yang tumbuh antara lapisan otot dan kulit dan tidak menimbulkan rasa sakit ketika ditekan. Untuk itu jika menemukan benjolan pada bagian tubuh maka segera periksakan ke dokter untuk memastikannya, apakah berbahaya atau tidak.

Manfaat Daun Sirsak untuk Benjolan Kelenjar Getah Bening

Benjolan pada kelenjar getah bening pada dasarnya merupakan hal yang normal sebagai bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh ketika terjadi infeksi akibat virus atau bakteri yang menyerang tubuh. Benjolan ini dapat muncul pada beberapa bagian tubuh seperti leher, pangkal paha, ketiak, dan di bawah dagu. Pembengkakan atau benjolan ini berisi sel darah putih sebagai tanda terjadinya infeksi. Benjolan ini nantinya akan mengempis sendiri pada saat infeksi telah reda. Namun jika pembengkakan kelenjar gerah bening menunjukkan tanda-tanda abnormal maka anda harus mewaspadainya karena bisa jadi merupakan tanda dari penyakit yang lebih serius seperti tumor dan kanker.

Beberapa tanda dari benjolan abnormal pada kelenjar getah bening adalah:

  • Ketika ditekan terasa keras
  • Benjolan muncul tanpa sebab yang jelas dan diiringi rasa lemah pada tubuh
  • Benjolan terus membesar dan tidak kunjung reda hingga lebih dari 2 minggu
  • Berat badan turun tanpa sebab yang jelas
  • Sering berkeringat pada malam hari
  • Timbul rasa sakit pada tenggorokan.

Jika menemukan gejala-gejala tersebut sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat pemeriksaan yang lebih intensif untuk mengetahui kondisi kesehatan dan langkah pengobatan yang tepat. Disamping itu anda juga dapat menggunakan ramuan alami untuk mengatasi benjolan salah satunya menggunakan air rebusan daun sirsak. Kandungan beberapa senyawa penting pada daun sirsak merupakan antioksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi sehingga sangat baik untuk meredakan benjolan abnormal pada kelenjar getah bening. Selain daun sirsak anda juga dapat mengunakan manfaat labi labi yang juga dipercaya dapat mengatasi masalah benjolan atau pembengkakan pada kelenjar getah bening.


Manfaat Daun Sirsak untuk Benjolan di Payudara

Selain benjolan kelenjar getah bening daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi benjolan abnormal pada payudara. Benjolan asing yang muncul di sekitar payudara patut diwaspadai dan diperiksakan lebih lanjut karena dikhawatirkan merupakan tumor atau kanker yang tentu sangat berbahaya bagi kesehatan. Dengan mengetahuinya lebih dini maka diharapkan bisa ditangani dengan cepat dan tidak terlanjur menjadi parah. Oleh karena itu kesadaran untuk memeriksakan payudara sendiri begitu sering dikampanyekan mengingat tumor atau kanker payudara sudah begitu banyak memakan korban jiwa.

Selain melakukan prosedur pengobatan medis konsumsi ramuan daun sirsak dapat menjadi pengobatan alternatif yang alami untuk mengatasi benjolan pada payudara. Kandungan berbagai senyawa penting seperti acetogenin, steroid/triterpenoid, glikosida antrakuinon, dan flavonoida dapat berperan sebagai antioksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi sehingga perkembangan sel-sel abnormal yang menyebabkan benjolan dapat dicegah atau dihentikan. Tubuh pun terhindar dari serangan bakteri dan peradangan. Selain daun sirsak ada pula bahan-bahan alami lain seperti manfaat daun ciplukan untuk payudara yang mengalami pembengkakan atau benjolan.

Pengobatan Benjolan dengan Menggunakan Daun Sirsak

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak biasanya orang-orang mengonsumsi air rebusannya. Daun sirsak yang tidak terlalu muda atau terlalu tua serta dalam kondisi segar dicuci bersih dan kemudian direbus dengan air secukupnya. Setelah agak hangat air rebusan ini dapat langsung diminum. Sebaiknya ramuan ini diminum 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari secara rutin sehingga anda mendapatkan manfaatnya secara maksimal dan benjolan abnormal pada tubuh pun bisa berangsur pulih.

Demikianlah manfaat daun sirsak untuk benjolan pada berbagai bagian tubuh. Ini dapat menjadi alternatif pengobatan yang alami, lebih ekonomis, dan tentunya minim efek samping. Meskipun demikian ini tidak dapat dijadikan pengobatan utama. Anda harus tetap memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat pemeriksaan secara cermat dan menjalani prosedur pengobatan yang disarankan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.