17 Manfaat Daun Hanjuang Untuk Kesehatan

Bagi sebagian besar orang mungkin nama ini terdengar asing berbeda jika anda melihat manfaat temulawak untuk ginjal, namun tidak bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam terlebih jika anda penggemar tanaman hias. Daun hanjuang atau biasa dikenal dengan nama andong banyak sekali kita jumpai di daerah makam. Fungsinya tentunya tidak lepas dari kepercayaan serta adat tertentu dari masing- masing daerah terutama di pulau jawa. Selain itu daun hanjuang sendiri juga banyak ditemui di toko bunga hias ataupun toko tanaman herbal.

Sekilas tumbuhan daun hanjuang memiliki kemiripan dengan bunga bakung, namun perlu anda ketahui daun hanjuang ini merupakan salah satu jenis tanaman yang tergolong dalam Asparagaceae dan memiliki nama ilmiah Cordyline fruticosa sedangkan dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan cabbage palm. Tumbuhan ini sangat cocok untuk dibudidayakan ataupun sekedar ditanam di tempat dengan iklim kering. Berbeda dengan tanamman lainnya daun hanjuang memiliki ukuran daun yang besar dengan ciri ujung daun yang meruncing.

Adapun bunga daun hanjuang yang sangat indah, memiliki warna putih kadang ada bunga yang berwarna kehijauan ataupun keunguan dan muncul pada bagian ketiak daun. Selain itu adapun keindahan dari daun hanjuang yaitu terletak pada warna daun andong. Daun hanjuang memiliki warna ungu dan merah, biasanya daun dapat berubah warna jika tempatnya sesuai yaitu memiliki pencahayaan cukup. Semakin baik mendapatkan pencahayaan dan terawat dengan baik berbeda jika anda melihat manfaat temulawak wynia, warna daunnya pun akan semakin indah.

Inilah mengapa daun hanjuang biasa digunakan sebagai tanaman hias, selain sebagai tanaman hias ternyata daun hanjuang memiliki peran yang sangat penting dalam bidang kesehatan. Perlu anda ketahui pula daun andong juga termasuk ke dalam salah satu tumbuhan herbal yang biasanya juga dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan obat tradisional ataupun obat herbal. Tidak hanya dikemas dalam bentuk pil ataoupun kapsul, daun hanjuang juga dapat dikemas menjadi jamu ataupun teh herbal. Tentunya ini tidak terlepas dari banyaknya kandungan zat serta nutrisi pada daun andang, dan berikut rinciannya.

Kandungan Nutrisi Daun Hanjuang

  • Flavonoid
  • Zat besi
  • Tannin
  • Saponin
  • Timidine
  • Polifenol
  • Polisakarida
  • Steroida
  • Kalsium oksalat

Banyaknya kandungan yang ada pada daun hanjuang ini tentunya membuat daun yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya sebagai tanaman hias saja berbeda dengan manfaat bengkoang untuk darah tinggi, bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari daun hanjuang berikut kami sampaikan informasi penting mengenai apa saja manfaat dari daun hanjuang.

Manfaat Daun Hanjuang

  1. Obat Batuk

Bagi anda yang sedang mengalami batuk terutama batuk berdahak, anda bisa minum air rebusan daun hanjuang. Minumlah sebanyak 3 gelas setiap harinya, ini akan mempermudah anda untuk mengeluarkan dahak pada batuk.

  1. Obat TBC

Selain dapat mengobati batuk berbeda dengan manfaat belimbing wuluh untuk diabetes, rebusan air daun hanjuang juga sangat berguna untuk mengobati TBC paru- paru.

  1. Obat Sesak

Tidak hanya mengobati TBC saja, rebusan air daun hanjuang mampu mengobati sesak. Ini tentunya jika anda memiliki riwayat asma, minumlah ketika asma anda kambuh.

  1. Menjaga Kesehatan Lambung

Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang harus dijaga, dengan minum air rebusan daun hanjuang secara teratur setiap 2 minggu sekali maka lambung akan terhindar dari berbagai gangguan ataupun penyakit.

  1. Mengatasi Sembelit

Ada banyak sekali penyebab perut sembelit, salah satunya yaitu kurang lancarnya pencernaan. Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan minum air rebusan daun hanjuang hangat setelah bangun tidur.

  1. Menjaga Kesehatan Liver

Tidak hanya mampu menjaga kesehatan lambung anda, daun hanjuang juga mampu menjaga kesehatan liver anda.

  1. Melancarkan Haid

Bagi anda yang memiliki siklus haid kurang lancar dan tidak teratur, anda bisa minum air rebusan hanjuang untuk melancarkan haid anda.

  1. Membersihkan Ginjal

Air rebusan daun hanjuang yang diminum setiap pagi setelah bangun tidur mampu membantu membersihkan ginjal anda.

  1. Obat Radang Gusi

Bagi anda yang memiliki radang gusi berbeda dengan manfaat daun hijau mediabetea, air rebusan daun hanjuang hangat mampu menyembuhkannya dengan efektif.

  1. Obat Diare

Untuk menyembuhkan diare, anda cukup minum air daun hanjuang rebus sebanyak 3 gelas dalam sehari.

  1. Obat Ambeien

Minumlah air daun hanjuang rebus setiap hari sebanyak 3 hingga 4 gelas untuk menyembuhkan ambeien.

  1. Mengatasi Keputihan

Keputihan juga dapat diatasi dengan daun hanjuang, hal ini karena adanya kandungan anti bakteri pada daun hanjuang.

  1. Mengatasi Bau Mulut

Berkumurlah dengan air rebusan daun hanjuang untuk mengatasi bau mulut.


  1. Obat Nyeri Haid

Tidak hanya dapat melancarkan haid saja, rebusan air daun hanjuang juga mampu mengobati nyeri haid.

  1. Obat Luka

Untuk mengobati luka anda bisa menumbuk daun hanjuang dan mengoleskannya pada luka.

  1. Obat Radang Tenggorokan

Tidak hanya mampu menyembuhkan radang gusi saja, daun hanjuang rebus juga mampu mengobati radang tenggorokan.

  1. Obat Nyeri Gigi

Bagi anda yang memiliki gigi berlubang terkadang nyeri saat makan adalah hal yang mengganggu, untuk meredakan nyeri pada gigi anda bisa berkumur dengan air rebusan daun hanjuang selagi masih hangat.

Itulah berbagai manfaat dari daun hanjuang yang sangat baik untuk mengobati beberapa penyakit. Konsumsilah daun hanjuang secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya, semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal