28 Manfaat Temulawak Untuk Ginjal Akut dan Kronis

Temulawak yang jika dilihat bentuk dan warnanya menyerupai kunyit ini sama sama mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan. Ukuran umbi temulawak ini terlihat lebih besar dan memiliki tekstur yang lebih kasar jika dibandingkan dengan kunyit. Dalam temulawak ini memiliki beberapa kandungan ilmiah seperti abu, serat, protin, pati, kamfer, kurkumin, minyak atsiri, phelandren, turmerol, sineal, borneol, xanthorrhizol dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan begitu banyak kandungan dalam rimpang ini, tentu juga sangat banyak khasiat temulawak untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit salah satunya manfaat temulawak untuk ginjal. Salah satu organ penting untuk membersihkan darah yakni ginjal serta sebagai pembuang racun dalam tubuh lewat air seni ini harus selalu dijaga kesehatannya. Jika tidak, akan ada banyak masalah pada ginjal yang tentunya juga membahayakan kesehatan manusia. Berikut ini akan kami berikan ulasan lengkap tentang apa saja kegunaan temulawak untuk ginjal.

  1. Meningkatkan Kinerja Kelenjar Pankreas

Dalam temulawak mengandung senyawa fellandrean, glukosida, turmeol, kamfer, kurkuminoid, menghilangkan rasa nyeri, membantu menurunkan kolesterol tinggi sekaligus juga mengandung minyak atsiri yang sangat baik untuk meningkatkan produksi kelenjar pankreas sehingga pembengkakan jaringan bisa dicegah.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Temulawak juga merupakan rempah yang sangat ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan semakin kuatnya imun tubuh, maka akan sangat membantu untuk mengurangi bakteri jahat perusak ginjal penyebab berbagai penyakit ginjal.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah yang tinggi menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit ginjal seperti peradangan pada ginjal. Ada beberapa penelitian yang membuktikan jika kandungan kurkumin dalam temulawak ini bisa menjaga kesehatan ginjal dengan cara menurunkan tekanan darah tinggi tersebut.

  1. Menurunkan Risiko Gagal Ginjal

Sifat temulawak sebagai anti inflamasi membuat rimpang ini akan memberikan perlindungan terhadap penyakit ginjal kronis yang kemudian bisa berkembang lebih lanjut menjadi gagal ginjal stadium akhir. Kurkumin yang terkandung dalam temulawak ini sangat baik untuk mengurangi efek dari molekul peradangan serta enzim yang bisa menyebabkan penyakit ginjal kronis.

  1. Mencegah Sindrom Alport

Sindrom alport merupakan salah satu penyakit ginjal yang juga bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi temulawak. Penyakit ini menyebabkan bagian glomerulus yang bertugas untuk menyaring racun dan limbah tidak berfungsi sehingga akhirnya terjadi pendarahan saat buang air kecil, tekanan darah tinggi, menumpuknya protein pada urin serta bengkak di area kaki dan tangan.

  1. Mencegah Batu Ginjal

Kandungan turmerol, borneol dan berbagai zat kimia alami dalam temulawak juga ampuh untuk mencegah terjadinya penumpukan mineral padat di organ ginjal yang dikenal dengan istilah batu ginjal. Batu ginjal ini bisa terjadi karena mineral dan asam yang terlalu tinggi kemudian mengkristal dan berubah menjadi batu ginjal. Untuk mencegah batu ginjal ini, anda bisa mengkonsumsi sari temulawak secara teratur setidaknya 1 kali dalam seminggu.

  1. Mengatasi Sindrom Nefrotik

Sindrom nefrotik yang merupakan gangguan ginjal ini bisa terjadi saat terlalu banyak protein yang bercampur dengan urin. Ini bisa terjadi karena rusaknya pembuluh darah di organ ginjal yang bertugas mengatur kelebihan air. Untuk mengatasi sindrom nefrotik ini juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi temulawak.

  1. Mencegah Kista Ginjal

Kegunaan dari temulawak selanjutnya untuk ginjal adalah untuk mencegah kista ginjal yang merupakan kumpulan air non kanker. Kista ginjal ini bisa terus bertambah ukurannya dan akhirnya mengganggu fungsi ginjal bahkan bisa menyebabkan komplikasi hingga ke organ hati.


  1. Mengobati Hematuria

Hematuria adalah kondisi bercampurnya darah pada urin yang meskipun bukan merupakan penyakit serius, namun bisa menyebabkan komplikasi dan akhirnya membuat urin yang keluar akan berwarna merah kekuningan sebab sudah bercampur dengan darah.

  1. Mencegah Kanker Ginjal

Temulawak juga menjadi salah satu bahan herbal sebagai solusi kanker ginjal khususnya sel karsinoma yang bisa terjadi pada anak anak atau orang dewasa. Agar terhindar dari penyakit berbahaya ini, maka anda bisa mengkonsumsi temulawak sebab beberapa kandungan seperti minyak atsiri, kamfer, kurkumin dan lainnya sangat ampuh untuk mencegah kanker ginjal.

  1. Pencegahan Nefritis

Kandungan temulawak seperti kurkumin, manfaat antioksidan, germaken dan sebagainya juga baik dikonsumsi untuk mencegah nefritis atau radang ginjal yang disebabkan karena virus dan bakteri penyerang ginjal yakni streptococcus. Mengkonsumsi temulawak akan mengurangi beberapa gejala yang ditimbulkan dari nefritis seperti urin berbusa, mengurangi rasa sakit, menyembuhkan diabetes dan berbagai gejala lainnya.

  1. Mengatasi Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal polikistik terjadi karena kista berisi cairan yang bisa menimbulkan gejala seperti nyeri punggung, hipertensi dan juga gejala lainnya. Sifat temulawak yang memiliki efek anti inflamasi ini sangat baik dikonsumsi untuk menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan dari ginjal polikistik sekaligus menyembuhkan lebih cepat.

  1. Mengatasi Gejala Glomerulonephritis

Glomeri merupakan penyaring kecil yang ada dalam organ ginjal dengan fungsi untuk membuang cairan berlebih, sampah dan juga elektrolit lewat darah. Sedangkan glomerulonephritis merupakan kerusakan glomeruli yang bisa menyebabkan penderita mengalami anemia, darah tinggi dan juga urin yang berbusa yang semuanya ini bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi temulawak secara teratur.

  1. Mengurangi Urea Dalam Darah

Menumpukan urea dalam darah bisa menimbulkan berbagai penyakit ginjal seperti uremia yang membuat penderia mengalami keracunan dengan gejala seperti mual, muntah, anoreksia serta kelainan pada jantung. Kandungan kamfer, kurkumin, antioksidan glukosida dan beberapa zat lain dalam temulawak berguna untuk mengurangi urea dalam darah sehingga berbagai penyakit ginjal bisa dicegah.

  1. Mencegah Diabetes

Diabetes yang menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit ginjal ini juga bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi temulawak. Penderita diabetes akan mengalami peningkatan glukosa dalam darah sehingga nantinya akan mengganggu organ ginjal dalam menyaring kotoran dan akhirnya terjadi berbagai penyakit ginjal tersebut.

  1. Mengandung Anti Bakteri

Temulawak juga memiliki sifat anti bakteri yang sangat baik untuk mencegah masuknya bakteri dalam tubuh yang kemudian akan menyerang organ ginjal. Dengan manfaat ini, maka masalah dan gangguan pada ginjal bisa dicegah.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala yang bisa terjadi karena berbagai penyakit termasuk gangguan ginjal. Sakit kepala hebat karena gangguan ginjal ini juga bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi temulawak yang mengandung sifat anti inflamasi.

  1. Mencegah Sakit Maag

Gejala selanjutnya dari masalah pada ginjal adalah sakit maag selain disebabkan karena pola makan yang tidak teratur. Temulawak ini bisa digunakan sebagai solusi maag dengan cara mengkonsumsi temulawak yang dicampur dengan madu secara teratur.

  1. Sumber Antioksidan

Temulawak juga merupakan sumber antioksidan yang sangat ampuh melindungi tubuh dari segala jenis virus dan bakteri penyebab penyakit jantung, hati dan juga organ ginjal. Mengkonsumsi temulawak menjadi cara alami terbaik untuk mendapatkan antioksidan alami untuk memperkuat daya tahan tubuh.

  1. Pencegahan Albuminuria

Albuminuria adalah penyakit yang terjadi karena protein albumin dalam urin disebabkan kerusakan glomerulus sehingga partikel berukuran besar seperti albumin bisa keluar. Kerusakan ini diakibatkan karena luka pada glomerulis, iritasi logam berat dan juga bakteri yang bisa dicegah dengan banyak minum air seperti salah satunya air temulawak.

  1. Mengatasi Kesulitan Bernapas

Kandungan dalam temulawak juga ampuh untuk mengurangi kesulitan bernapas penderita ginjal yang terjadi karena terlalu banyak cairan menumpuk dalam tubuh. Gangguan yang terjadi pada ginjal akan membuat cairan sisa metabolisme tidak dapat terbuang seluruhnya dan akhirnya menimbulkan masalah kesulitan bernapas.

  1. Mengatasi Kram

Kram otot yang sering dialami penderita penyakit ginjal ini juga bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi temulawak. Kram tersebut bisa terjadi karena penumpukan cairan dalam tubuh yang membuat otot dan saraf tubuh bereaksi salah satunya kram yang bisa terjadi dalam tahap parah.

  1. Mengurangi Rasa Gatal

Akibat menumpuknya kotoran dalam tubuh sisa metabolisme karena gangguan ginjal, menyebabkan penderita seringkali menderita gatal yang bisa terjadi terus menerus dan sangat mudah berdarah saat digaruk. Beberapa area yang sering gatal karena gangguan ginjal ini umumnya terjadi pada tangan, kaki dan juga pergelangan tangan yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi temulawak.

  1. Mengatasu Gangguan Hormon

Salah satu fungsi lain dari ginjal adalah untuk produksi hormon. Jika fungsi ginjalini terganggu, maka gangguan hormon juga dapat terjadi dan akhirnya menyebabkan masalah seperti meningkatkan hormon untuk produksi darah sedangkan beberapa jenis hormon lainnya mengalami penurunan. Masalah gangguan hormon ini juga bisa dicegah dengan berbagai bahan alami seperti salah satunya adalah temulawak.

  1. Mengatasi Nyeri Buang Air Kecil

Seseorang yang menderita batu ginjal akan sering mengalami sakit saat buang air kecil yang disebabkan karena saluran kemih terganggu dimana batu ginjal semakin menekan saluran kemih da akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Seperti beberapa masalah ginjal lainnya, nyeri saat buang air kecil ini juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi temulawak karena kandungan anti inflamasi serta antioksidan tinggi didalamnya.


  1. Menurunkan Demam

Demam yang terjadi pada tubuh sebenarnya bukan merupakan sebuah penyakit namun menjadi indikasi yang terjadi karena sebuah penyakit. Demam tersebut juga bisa terjadi saat ginjal mengalami gangguan seperti demam yang tidak kunjung sembuh atau bisa sembuh dalam waktu lama. Untuk menurunkan demam dengan cepat, anda bisa minum perasan temulawak dengan teratur hingga demam tersebut bisa diturunkan.

  1. Mencegah Pembengkakan

Sifat anti inflamasi, anti radang dan antioksidan tinggi dalam temulawak sangat ampuh untuk mengatasi pembengkakan pada penderita gangguan ginjal. Menumpuknya cairan sisa metabolisme yang tidak dapat dibuang yang menjadi penyebab pembengkakan pada tubuh sehingga beberapa bagian tubuh penderita akan terlihat bengkak khususnya di bagian perut, tangan dan juga kaki. Menumpuknya cairan ini juga bisa membuat penderia mengalami perut kembung seperti saat sedang mausk angin dan tidak nyaman. Solusi kembung yang bisa anda lakukan adalah secara teratur mengkonsumsi temulawak yang kaya akan nutrisi penting untuk tubuh.

  1. Mengatasi Kesulitan Tidur

Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang kesulitan untuk tidur seperti salah satunya karena penyakit ginjal. Hal ini disebabkan karena masalah yang terjadi pada organ ginjal menyebabkan masalah sesak nafas, masalah perut dan akhirnya membuat penderita kelelahan karena berbagai gangguan tersebut. Nutrisi yang terkandungan dalam temulawak sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi lelah sehingga penderita bisa memperoleh kualitas tidur yang baik.

Ada begitu banyak manfaat temulawak untuk ginjal yang mungkin beberapa diantaranya masih banyak yang belum diketahui. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari temulawak ini, anda bisa merebus temulawak dengan air secukupnya hingga mendidih dan tersisa setengah bagian lalu minum secara teratur untuk menjaga kesehatan ginjal sekaligus menyembuhkan berbagai masalah pada ginjal.

, ,
Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.