14 Manfaat Bunga Mahoni untuk Pengobatan Herbal Ampuh

Mahoni merupakan salah satu tanaman yang dapat ditemukan di Indonesia, yang tumbuh liar di hutan jati dan tempat lain yang dekat dengan pantai, bahkan mahoni juga kerap kali ditanam di pinggir jalan sebagai pohon pelindung. Mahoni berasal dari Hindia Barat yang dapat tumbuh dengan subur apabila tumbuh pada pasir payau dekat pantai.

Bunga mahoni mengandung berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti saponin, alkaloid, flavonoid.

  • Saponin

Saponin merupakan glukosa yang jika dicampur dengan air akan menimbulkan busa seperti sabun. Busa sabun yang dihasilkan dapat berguna menjadi sabun alami yang memiliki sifat hipoglikemik apabila dikonsumsi secara oral. Kandungan saponin pada tanaman mahoni juga baik untuk menyembuhkan penyakit diabetes mellitus. Saponin juga memiliki efek hipoglikemik yang lebih kuat dibandingkan dengan obat antidiabetes, seperti metformin.

Kandungan saponin juga bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh, memperkuat tubuh, mengurangi lemak darah, mencegah terjadinya diabetes, mencegah agregasi trombosit darah untuk menghindari penggumpalan darah, mengobati keluhan yang disebabkan oleh alergi (termasuk asma), mencegah insomnia dan pembekuan darah, dan mengobati disfungsi ereksi terkait dengan diabetes.

  • Alkaloid

Kandungan yang terbanyak pada bunga mahoni adalah alkaloid. Alkaloid akan sangat bermanfaat untuk membantu kesehatan tubuh manusia saat terserang penyakit yang disebabkan oleh rendahnya pH tubuh. Alkaloid akan sangat baik untuk mendetoksifikasi serta mencegah oksidasi tubuh yang bersifat basa. Kondisis tubuh yang basa akan menghambat pertumbuhan sel kanker.

  • Flavonoid

Flavonoid merupakan kandungan dari bunga mahoni yang juga bermanfat bagi kesehatan tubuh manusia. Senyawa fenolik ini terkandung dalam tanaman dalam jumlah yang cukup banyak. Manfaat senyawa flavonoid berfungsi untuk memusnahkan radikal bebas serta racun, dimana dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Manfaat antioksidan yang terkandung dalam buah mahoni akan efektif dalam melawan berbagai penyakit yang disebabkan oksidasi, seperti lemak jahat yang meningkat dan tertimbun di dalam tubuh, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Kandungan flavonoid juga baik untuk menurunkan tingkat kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah, mencegah aterosklerosis, mencegah penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah, menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh manusia, mencegah adanya reaksi oksidatif di dalam tubuh, mengurangi timbulnya emboli, serta mendorong produksi zat antibodi atau kekebalan tubuh yang menangkal peradangan pada jaringan.

Berbagai manfaat bunga mahoni bagi kehidupan sehari-hari.

  1. Mengatasi hipertensi

Hal ini dapat dilakukan dengan menyiapkan sejumlah 10 buah segar, kemudian diseduh dengan menggunakan air panas sebanyak dua gelas, disaring dan dibagi menjadi dua bagian untuk diminum pada pagi hari dan sore hari. Selain itu, cara kedua yang dapat digunakan adalah menyiapkan setengah sendok teh biji mahoni halus, diseduh dengan setengah cangkir air panas, kemudian ditambahkan satu sendok makan madu. Lalu campuran diminum selagi hangat dengan rutin dengan frekuensi 2 – 3 kali sehari.  Selain itu, dapat pula mengonsumsi pare dan seledri sebagai menu rutin harian. Manfaat pare bagi hipertensi adalah menormalkan tingkat potasium dan menyeimbangkan natrium di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Cara penyiapan ramuan dapat dilakukan dengan mudah yaitu menyiapkan ½ sendok teh biji bunga mahoni yang telah dihaluskan, kemudian diseduh dengan 1/3 cangkir air panas, lalu ditambahkan 1 sendok madu dan diminum saat masih hangat. Ramuan rutin diminum sebanyak 2 – 3 kali sehari.

  1. Mengatasi demam dan masuk angina

Cara penyiapan ramuan dapat dilakukan dengan mudah yaitu menyiapkan ½ sendok teh biji bunga mahoni yang telah dihaluskan, kemudian diseduh dengan 1/3 cangkir air panas, lalu ditambahkan 1 sendok madu dan diminum saat masih hangat. Ramuan rutin diminum sebanyak 2 – 3 kali sehari.

  1. Mengobati diabetes. Selain itu, belimbing waluh juga dapat digunakan sebagai menu konsumsi sehari-hari. Manfaat belimbing waluh untuk diabetes adalah sebagai sumber energi, vitamin, dan mineral bagi penderita diabetes.
  2. Mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar
  3. Sebagai obat suplemen untuk fertilitas pria dan wanita, terkait dengan kemandulan, infertilitas, hiposeksualitas atau kurangnya dorongan seksual
  4. Membantu mengatasi rasa nyeri pada wanita yang sedang mengalami menstruasi
  5. Membantu meringankan penyakit Alzheimer

  6. Membantu meningkatkan sistem pernapasan, seperti mengobati bronchitis kronis, asma, batuk, dan lainnya
  7. Membantu mengobati alergi dan obesitas. Manfaat cuka apel untuk diet yaitu dapat membantu menurunkan berat badan.
  8. Membantu meningkatkan sistem pencernaan, seperti menyembuhkan tukak lambung, sirosis hati, hepatitis akut.
  9. Bunga mahoni dapat membantu meningkatkan sistem saraf manusia, dengan cara meringankan gangguan tidur, kelelahan, stres, insomnia, dan migraine
  10. Berguna dalam sistem kekebalan tubuh, seperti antibakteri, antiinflamasi, antivirus, antitumor, dan antikanker.

Selain itu, terdapat bagian mahoni lainnya yang juga bermanfaat bagi kehidupan manusia, yaitu kulit pohon mahoni yang digunakan untuk mewarnai pakaian (kain yang direbus bersamaan dengan kulit mahoni akan tidak mudah luntur), getah mahoni dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan lem, daun mahoni bermanfaat sebagai pakan ternak, serta ekstrak biji pohon mahoni digunakan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama pada pertanaman kubis.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal