Inilah Manfaat Bunga Pukul Sembilan, Obat Herbal Mujarab

Bunga pukul Sembilan yang dikenal memiliki banyak nama, termasuk Portulaca grandiflora. Bunga tersebut dinamai seperti itu karena bunga ini memiliki kebiasaan mulai mekar pada sekitar pukul Sembilan pagi.

Bunga pukul Sembilan memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia. Berbagai senyawa yang terkandung dalam bunga tersebut berguna dalam mencegah serangan penyakit. Berikut ini adalah manfaat bunga pukul Sembilan yaitu.

  • Menyembuhkan sakit tenggorokan

Dalam mengobati sakit tenggorokan, bunga pukul Sembilan digiling hingga menjadi halus, selanjutnya dicampur dengan air dan air campuran digunakan untuk berkumur sehingga dapat mengatasi sakit tenggorokan. Selain itu, bunga pukul Sembilan dapat melegakan tenggorokan dan mengurangi rasa nyeri yang menyerang sakit tenggorokan. Selain itu, konsumsi buah nanas dan lo han kuo juga akan membantu meringankan sakit tenggorokan.

  • Hepatitis

Hepatitis dapat diobati setelah meminum air rebusan bunga pukul Sembilan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Caranya adalah sangat mudah, yaitu menyiapkan dan mencuci bunga pukul Sembilan sebanyak 30 gram, digiling hingga  halus. Selanjutnya, diperas dengan sepotong kain, kemudian air yang terkumpul akan diminum.

  • Sakit kepala

Bunga pukul Sembilan direndam dalam air mendidih, kemudian air rebusan digunakan untuk mengobati sakit kepala yang begitu mengganggu. Bunga ini direndam dalam waktu 15 menit. Setelah air telah menjadi dingin, air rebusan segera diminum sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

  • Bisul dan koreng

Bunga pukul Sembilan bermanfaat untuk mengobati bisul dan koreng. Hal ini dapat dilakukan dengan menggiling tangkai bunga pukul Sembilan dan ditempelkan pada bagian tubuh yang mengalami bisul atau koreng.

  • Gangguan pencernaan

Bunga pukul Sembilan bermanfaat untuk mengobati penyakit gangguan pencernaan, seperti perut kembung dan kurangnya nafsu makan. Hal ini disebabkan bunga pukul Sembilan mengandung saponin dan polifenol pada bagian daun dan batangnya, serta flavonoid juga terkandung dalam daun bunga pukul Sembilan. Selain itu, bunga pukul Sembilan juga mengandung portulal, betacyanin, betanin, dan betandin. Konsumsi melon juga membantu karena manfaat melon untuk asam  lambung adalah meningkatkan kesehatan pencernaan.

  • Rematik

Bunga pukul Sembilan berguna dalam melancarkan aliran darah dan bersifat tonik atau penguat bagi tubuh. Bunga pukul Sembilan ini juga dapat mengobati rematik sendi serta bengkak, dimana bengkak ini disebabkan oleh memar, radang kulit, atau luka bakar.

  • Mengatasi rasa nyeri pada persendiaan

Bunga pukul Sembilan dapat berguna untuk mengatasi rasa nyeri pada persendian. Manfaat seledri untuk tulang adalah menguatkan tulang karena kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi. Oleh karena itu, segeralah konsumsi seledri dalam jumlah banyak.

  • Mencegah penyakit hipertensi

Bunga pukul Sembilan berguna dalam mencegah penyakit hipertensi. Bunga ini dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, pembekuan darah dapat dihambat dengan konsumsi bunga pukul Sembilan. Pembekuan darah ini dapat menyebabkan aliran darah akan terhambat yang selanjutnya akan mengganggu kesehatan. Selain itu, konsumsi pare akan membantu karena manfaat pare bagi hipertensi adalah menormalkan tingkat potasium dan menyeimbangkan natrium.

  • Obat memar

Bunga ini dapat dimanfaatkan sebagai obat memar yang diakibatkan oleh berbagai benturan. Selain itu, penggunaan bunga ini dapat membantu meredakan rasa sakit memar.


  • Mencegah penyakit eksim

Bunga pukul Sembilan juga dapat berguna untuk mengobati penyakit eksim. Bahkan, kandungan alami bunga ini bermanfaat untuk bayi.

  • Mengatasi pusing

Pusing yang merupakan gejala penyakit tertentu dapat diatasi dengan penggunaan bunga pukul Sembilan. Bunga ini bahkan dapat bekerja tanpa adanya risiko efek samping.

Berikut ini adalah cara penggunaan bunga pukul Sembilan apabila digunakan sebagai obat dalam, yaitu seluruh herba dengan jumlah 15 – 30 g direbus dalam air panas. Kemudian, setelah dingin, air diminum. Herba ini juga dapat diminum sebagai jus, lalu diminum.

Bahkan, herbal segar ini dapat dicampurkan dengan berbagai buah sehingga rasanya akan menjadi enak. Namun, cara penggunaan bunga pukul Sembilan sebagai obat luar yaitu dengan menyiapkan dan mencuci herba segar secukupnya, selanjutnya digiling hingga halus. Hasil penggilingan ini ditempelkan pada bagian yang sakit, seperti gigitan serangga, bisul, koreng, atau memar, dan kemudian dibalut. Air perasan ini juga bahkan dapat digunakan untuk mencuci dan mengompres eksim, luka bakar, bahkan luka akibat tersiram air panas.

Selain itu, manfaat lainnya dari bunga pukul Sembilan adalah sebagai antikuman dan antivirus, menambah selera makan, membantu pemulihan pasca sakit, mengatasi perut kembung, meningkatkan selera makan (khususnya pada orang dalam masa penyembuhan penyakit), dan mencegah mual. Setelah mengetahui manfaat bunga pukul Sembilan, mengapa Anda tidak mencobanya untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal