17 Manfaat Buah Rotan Pada Kesehatan

Manfaat rotan bagi kehidupan sangat dikenal sebagai tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan meja, kursi, piring, dan banyak benda lain. Namun, adakah yang sudah tahu bahwa rotan juga berbuah? Rotan memiliki buah yang biasa disebut dengan buah jernang. Buah dari rotan dapat dimakan, dan tentunya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Rotan

Setiap jenis manfaat buah diblender memiliki kandungan gizinya masing-masing. Buah rotan pun juga memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin di dalamnya. Buah rotan mengandung kalsium, zat besi, kalori, resin ester, asam benzoate, benzoic acid, dan masih banyak lainnya . Selain itu, vitamin C dalam buah rotan juga sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian pada tubuh.

Manfaat Buah Rotan

Rotan banyak hidup di sebagian wilayah Asia Tengga, seperti Indonesia dan Malaysia, bahkan di India rotan juga banyak tumbuh. Karena kelenturan batangnya, rotan banyak dimanfaatkan untuk furniture dan perkakas rumah tangga. Buah dari rotan juga enak dimakan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti :

  1. Menjaga Kesehatan Otot

Tubuh memerlukan zat besi untuk menjaga kesehatan otot. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan otot menjadi lemah. Mengkonsumsi buah rotan dapat dijadikan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian karena buah rotan juga memiliki banyak kandungan manfaat zat besi di dalamnya.

  1. Menguatkan Tulang

Buah rotan mengandung banyak kalsium sebanyak  26 mg. Bagi beberapa orang yang tidak terlalu suka dengan susu, mengkonsumsi buah rotan dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium dalam buah rotan dapat membantu menjaga kepadatan tulang, sehingga tulang dapat terhindar dari osteoporosis. Manfaat olahraga bagi tulang juga dapat menjadi solusi supaya tulang sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Bukan hanya tulang, akan tetapi, gigi juga memerlukan banyak kalisum, agar tidak berlubang dan tidak keropos. Manfaat kalsium bagi jantung yang terkandung dalam buah rotan, tidak hanya dapat menguatkan tulang, akan tetapi juga dapat membantu menguatkan dan menjaga kesehatan gigi.

  1. Mengatasi Sariawan

Terjadinya sariawan bisa jadi karena kurangnya asupan vitamin C. Mengkonsumsi buah rotan dapat membantu mengatasi sariawan karena  kandungan manfaat vitamin C pada buah rotan juga termasuk tinggi.

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Vitamin C yang terkandung di dalam buah rotan tidak hanya dapat membantu mengatasi sariawan. Vitamin C juga dibutuhkan untuk kulit untuk tetap menjaga kelembapan kulit. Kekurangan manfaat serum vitamin C dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

  1. Menghaluskan Kulit

Tidak hanya mengatasi sariawan dan menjaga kelembapan kulit saja, vitamin C dalam buah rotan juga dapat membantu menghaluskan kulit.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Proses metabolisme dalam tubuh sangatlah penting untuk kinerja organ tubuh. Proses metabolisme memerlukan zat besi untuk mengatur suhu tubuh, sehingga proses metabolisme dapat berjalan dengan optimal. Dengan mengkonsumsi buah rotan, kebutuhan manfaat zat besi untuk tulang dapat terpenuhi.

  1. Sumber Energi

Buah rotan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. kalori ini snagat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

  1. Mencegah Anemia

Diketahui bahwa buah rotan mengandung zat besi yang baik untuk tubuh. Tidak hanya dapat membantu menguakan otot dan membantu proses metabolisme, fungsi zat besi yang juga sangat penting yakni mencegah anemia.

  1. Solusi Diare

Kandungan dalam buah rotan dapat membantu membunuh kuman yang dapat menjadi penyebab diare. Dengan mengkonsumsi buah rotan, saluran penernaan dapat menjadi sehat karena terhindar dari bakteri buruk penyebab masalah kesehatan.

Mengkonsumsi buah rotan juga memiliki manfaat lainnya, seperti:

  1. Mencegah Penuaan Dini
  2. Menjaga Kesehatan Mata
  3. Mengatasi Kencing Nanah
  4. Mengatasi Nyeri Perut
  5. Menyembuhkan Luka
  6. Bersifat Anti Inflamasi
  7. Menjaga Peremajaan Kulit

Demikian manfaat dari buah rotan, yang mungkin belum banyak diketahui. Selain mengkonsumsi buah rotan, mengkonsumsi jenis buah-buahan yang lain sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena, kandungan vitamin dan nutrisi di dalam buah sangatlah diperlukan oleh tubuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan