5 Manfaat Batu Bata Buat Lovebird Yang Sangat Menguntungkan

Bagi anda penggemar burung lovebird, pastinya anda harus tahu benar bagaimana cara untuk merawat burung lovebird. Untuk mengenal lebih dalam mengenai lovebird, berikut merupakan sedikit penjelasan. Burung lovebird atau biasa disebut burung cinta ini merupakan salah satu jenis unggas dengan nama ilmiah Genus agapornis. Penamaan sendiri sebenarnya berasal dari bahasa yunani yaitu “agape” yang berarti “cinta” dan “ornis” yang berarti “burung”. Ciri fisik dari burung lovebird sendiri yaitu memiliki ukuran tubuh mulai dari 13 hingga 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram.

Kebanyakan orang memelihara burung lovebird bukan hanya karena keindahan bulunya saja, tetapi juga suara indahnya yang dapat membuat suasana hati jadi lebih tenang dan damai. Untuk merawat burung lovebird dibutuhkan bahan makanan yang berbeda dengan burung lainnya. Burung ini membutuhkan sebuah material berupa tulang sotong kering, namun perlu diketahui pula ada satu material yang dapat anda gunakan sebagai pengganti dari tulang cumi, yaitu batu bata. Batu bata merupakan salah satu bahan material yang terbuat dari tanah liat dan mengandung berbagai macam mineral, berbeda dengan manfaat batu bakar granito, batu bata  sangat bermanfaat bagi burung lovebird anda.

Manfaat Batu Bata Buat Burung Lovebird.

  1. Pengganti Tulang Sotong

Bagi anda yang memiliki burung lovebird, pastinya tahu dengan fungsi dari tulang sotong yang wajib anda sediakan jika ingin memiliki burung lovebird yang sehat dan memiliki suara kicau yang nyaring. Sayangnya, tulang sotong saat ini harganya lebih mahal di pasaran dan tidak semua toko hewan menyediakannya. Untuk itu, berbeda dengan manfaat batu jade, anda dapat menggunakan batu bata sebagai pengganti tulang sotong, selain mudah didapatkan, harganya juga terbilang lebih murah. Anda dapat memotongnya menjadi bagian yang lebih kecil.

  1. Menghindari Paruh Gajah

Perlu anda tahu bahwa penyebab penyakit paruh gajah pada burung lovebird yaitu kurangnya mendapatkan asupan kalsium yang cukup pada pakan burung yang anda berikan. Untuk menangani dan mencegah paruh gajah, tidak seperti pada manfaat batu jambrut, anda dapat menambahkan batu bata sebagai asupan pakan burung lovebird anda. Kandungan kalsium serta mineral pada burung lovebird sangat baik untuk menjaga keseimbangan mineral serta kalsium pada pakan burung lovebird.

  1. Melancarkan Pencernaan Lovebird

Untuk mengatasi serta mencegah lovebird anda mengalami gangguan pencernaan, tidak seperti pada manfaat batu jahanam papua, anda dapat menambahkan serbuk batu bata pada pakan burung. Samahalnya dengan manusia, lovebird juga bisa mengalami gangguan pencernaan. Ini akan berakibat fatal dan dapat membuat lovebird anda mengalami kurangnya nafsu makan sehingga dapat memicu kematian.

  1. Mempertajam Warna Bulu Lovebird

Bagi anda yang ingin memiliki lovebird dengan bulu yang indah dan warnanya tajam, anda bisa menambahkan batu bata di pakannya ataupun mennggantungnya di dalam sangkar. Dengan kandungan mineral yang ada pada batu bata, tidak hanya melancarkan pencernaannya saja tetapi juga bisa membuat bulu lovebird anda semakin indah dengan warna yang tajam.

  1. Mempertajam Paruh Dan Kuku

Tidak seperti pada manfaat batu bulu macan, anda dapat memasang batu bata sebagai pengganti kayu yang ada di sangkar, selain bagus karena teksturnya yang kokoh untuk bersandar, batu bata juga sangat baik digunakan oleh lovebird sebagai pengasah paruh serta kukunya agar lebih tajam dan kuat. Ini sangat baik agar lovebird dapat memakan pakannya dengan mudah.

Itulah beberapa manfaat yang sangat berguna bagi lovebird anda di rumah, selain itu batu bata juga memiliki harga yang murah serta mudah dicari.