8 Manfaat Penting Asuransi Bagi Masyarakat

Dalam kehidupan tidak ada satupun hal yang dilakukan tanpa resiko. Setiap melakukan suatu pekerjaan atau memiliki barang bahkan kegiatan sehari-hari pun memiliki resiko. Seperti resiko kecelakaan saat bekerja, resiko kehilangan barang, resiko jatuh sakit pada waktu yang tak diduga. Adanya resiko ini membuat kita khawatir sebab resiko yang ada erat kaitannya dengan adanya kerugian yang akan dialami. Sehingga membuat sebagian besar orang ingin memiliki perlindungan apabila terjadi kerugian akibat adanya bencana yang tak terduga tersebut.

Saat ini terdapat sebuah layanan perlindungan dari kemungkinan resiko-resiko yaang terjadi dimasa mendatang yang disebut asuransi. Asuransi memiliki cara kerja sebagai perlindungan bukan untuk mencegah seseorang terbebebas dari suatu resiko akan tetapi membantu untuk mengganti kerugian yang diakibatkan atas adanya bencana atau kerusakan secara tidak terduga sebelumnya. Asuransi akan bertanggung jawab dengan mengenal tiga mekanisme

  1. Premi merupakan sebutan dari kewajiban pembayaran yang harus dilakukan.
  2. Polis merupakan perjanjian kontrak yang berisi apa saja yang akan ditanggung pihak penyedia layanan asuransi.
  3. Klaim merupakan permintaan ganti rugi yang dialami.

Dari mekanisme diatas terdapat kriteria-kriteria resiko yang akan ditanggung oleh pihak asuransi, kriteria ini harus dipahami terlebih dahulu sebelum memilih layanan asuransi sehingga mendapatkan layanan perlindungan resiko yang tepat sesuai kebutuhan, Jenis – jenis asuransi yang ada pada umumnya meliputi

  1. Asuransi kesehatan yang melindungi kemungkinan jatuh sakit diwaktu mendatang
  2. Asuransi Jiwa yang akan memberikan keuntungan ketika terjadi kematian atas orang yang mengikuti asuransi.
  3. Asuransi Kendaraan yang akan memberikan ganti rugi apabila kendaraan kecelakaan atau dicuri.
  4. Asuransi Pendidikan, manfaat asuransi pendidikan  akan memberikan alternatif dan jaminan pendidikan bagi orang yang tertanggung.
  5. Asuransi Perjalanan akan memberikan perlindungan dan ganti rugi apabila terjadi kecelaan dalam perjalanan.
  6. Assuransi Kredit akan melindungi kegiatan kredit apabila debitur gagal melunasi hutangnya.
  7. Asuransi rumah akan memberikan perlindungan dan ganti rugi apabila terjadi musibah pada rumah seperti kebakaran.

Dari jenis-jenis asuransi diatas banyak sekali lembaga yang menyediakan program asuransi serta beragai macam keunggulan dan manfaat didaamnya secara umum Manfaat asuransi bagi nasabah  yang menggunakan asuransi  yaitu sebagai berikut.

  • Memberi perlindungan

Asuransi akan menanggung segala kerugian yang telah anda tanggungkan kepada pihak penyedia asuransi sehingga hal inii Sudah sangat jelas bahwa mengikuti program asuransi akan memberikan perlindunga. Perlindungan yang dimaksud adalah perlindungan untuk mendapatkan suatu bantuan apabila terjadi masalah yang tidak di ingikan. contoh penggunaan asuaransi kendaraan akan membuat anda mendapatkan bantuan finansial apabila terjadi kerusakan yang tidak diduga dari kecelakaan maupun kehilangan karena

  •  Mengurangi resiko Kerugian

apabila terjadi suatu masalah atau musibah yang tidak terduga sehingga membuat anda mengalami banyak kerugian apabila tidak mengikuti program asuransi anda akan menanggung semua beban kerugian. Apabila anda mengikuti program asuransi maka anda akan mendapat manfaat asuransi untuk menopang sebagian bahkan semua kerugian yang anda alami akibat suatu musibah yang tidak diduga.

Dari dua contoh manfaat asuransi bagi pengguna diatas terdapat manfaat yang diperoleh asuransi bagi masyarakat secara umum yaitu

  1. Pendamping program jaminan sosial

Indonesia sebagai negara yang menjamin kesejahteraan rakyat. Pemerintah membuat program jaminan sosial bagi seluruh rakyat yang membutuhkan. Selama ini program jaminan sosial diberikan secara cuma-cuma dan pembebanan program tersebut berada pada APBN, akan tetapi bila dengan meningkatnya kesadaran dan kemampuan masyarakat untuk megikuti program asuransi, maka masalah kesejahteraan sosial sudah mulai menunjukkan perkembangan karena masyarakat telah mampu untuk menggunakan asuransi sehingga pembebanan dana pada APBN terhadap program jaminan sosial akan berkurang.

2. Menciptakan Lapangan Kerja

Sampai saat ini pengangguran menjadi masalah sosial yang harus ditangani dengan baik. Melalui berbagai program yang telah dilakukan pemerintah akan tetapi masih saja terdapat banyak pengangguran dengan para fresh graduate yang selalu bertambah setiap tahun. Adanya lembaga layanan asuransi akan menyerap tenaga kerja disekitar. Ini merupakan manfaat penting sebab layanan asuransi apabila mendirikan kantor pelayanan cabang akan membutuhkan tenaga kerja, selain itu tenaga kerja di bagian marketing dan konsultan asuransi kerap membutuhkan tenaga kerja yang lebih  seperti menawarkan pekerjaan sebagai agen aasuransi sehingga hal ini akan membantu mengurangi angka pengangguran.

3.  Investasi

Asuransi yang menawarkan manfaat dan bantuan perlindungan atas resiko di masa depan dapat digunakan sebagai cara investasi bagi masyarakat luas. Pengguna asuransi secara umum akan membayar kewajiban sesuai premi sehingga membuat pengguna menyisihkan uang secara teratur dan uang yang dikumpulkan akan menjadi investasi masa depan. Apabila selama menggunakan asuransi ternyata tidak ada musibah yang dialami atau tidak di klaim maka uang asuransi dapat kembali sesuai syarat yang ditentutan saat itu.

      4. Memberikan Perlindungan Kesehatan

Manfaat selanjutnya datang dari adanya asuransi kesehatan yang menjamin pelayanan kesehatan bagi pengguna sehingga apabila masyarakat banyak yang menggunakan asuransi kesehatan maka ketika mereka jatuh sakit akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, selama ini pemerintah sudah memberi masyarakat dari kelas tertentu mendapatkan jaminan kesehatan secara cuma-cuma. Di sisi lain masyarakat yang bukan penerima jaminan kesehatan pemerintah akan menggunakan asuransi kesehatan. Manfaat Asuransi Kesehatan yaitu menyediakan pelayanan kesehatan yang layak sehingga meningkatkan angka kesempatan hidup masyarakat indonesia.

5. Meminimalisir Kerugian

Manfaat menggunakan Asuransi dapat meminimalisir adanya kerugian yang dialami oleh masyarakat terhadap beberapa musibah yang dapat terjadi. Hal ini dapat diasumsikan ketika masyarakat banyak menggunakan layanan asuransi perlindungan aset kemudian ketika terjadi bencana yang tidak terduga, kerugian yang dialami masyarakat akan ditanggung oleh penyedia layanan sehingga tidak lagi cemas atas kerusakan yang menimpa aset yang dimiliki. Perlindungan yang dapat meminimalisir merupakan manfaat asuransi yang umum dan bisa dirakan bagi pengguna maupun masyarakat umum.

6. Sumber dana

Perusahaan asuransi dalam masyarakat dapat menjadi penyedia sumber dana bagi bisnis startup. Manfaat sebagai sumber dana dikaitkan dengan kemampuan perusahaan asuransi juga untuk menyalurkan sebagian dana bagi pembangunan yang dilakukan pemerintah. Selain menyediakan dana perusahaan asuransi akan menawarkan layanan perlindungan kredit bagi perusahaan-perusahaan tersebut sehingga ketika terjadi kegagalan dalam pelunasan utang dapat ditutupi dengan asuransi.

7. Sebagai Nilai tambah 

Masyarakat umum  yang ingin mnegajukan kredit dengan jaminan aset atau properti seperti rumah maupun kendaraan akan memiliki nilai tambah apabila aset yang dijaminkan kepada pihak bank memiliki asuransi. Adanya asuransi ini akan membuat bank memiliki resiko kerugian kecil sebab aset yang dijaminkan mengalami kerusakan hal tersebut akan menjadi tanggung jawab penyedia asuransi.

8. Penghargaan bagi Masyarakat pekerja

Sebuah perusahaan yang banyak menyerap tenaga kerja saat ini diwajibkan untuk mendaftarkan setiap pekerjanya dalam program asuransi. Hal ini memiliki manfaat bagi pekerja sebagai perlindungan apabila terjadi kecelakaan kerja serta sebagai penghargaan telah berkontribusi pada perusahaan. Perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan dalam hal ini memiliki citra yang baik di mata masyarakat karena telah menjamin pekerjanya dengan program asuransi.

Dari beberapa penjelasan diatas, Asuransi memiliki banyak manfaat untuk kebaikan dimasa mendatang. sehingga jangan ragu untuk memuai bergabung dengan program asuransi.