9 Manfaat Asparagus Untuk Diet Secara Alami

Asparagus dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan mulai dari hidangan pembuka sampai penutup. Untuk Indonesia sendiri, asparagus masuk dalam kategori sayuran eksklusif karena harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Namun, tidak semua jenis asparagus bisa menghasilkan rebung yang bisa dikonsumsi, sebab sebagian jenis tanaman asparagus digunakan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang indah. Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata sayuran ini juga memiliki kandungan gizi yang lengkap dan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga ada banyak manfaat asparagus untuk diet seperti ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Memiliki Kandungan Inulin

Inulin adalah satu dari sekian banyak jenis karbohidrat yang juga memiliki kandungan serat dan masuk dalam golongan probiotik. Inulin dalam asparagus ini sangat membantu tubuh untuk proses penyerapan nutrisi sehingga nafsu makan bisa berkurang dan menghindari anda untuk makan terlalu berlebihan.

  1. Mengandung Vitamin B

Sayuran asparagus juga memiliki banyak kandungan vitamin B seperti B1, B2, B3 dan juga B6. Dalam beberapa penelitian dibuktikan jika vitamin B sangat baik dikonsumsi untuk mengatur kadar gula darah dan melancarkan metabolisme glukosa yang sangat penting untuk penderita diabetes. Selain itu, dengan kadar gula darah yang stabil, maka anda juga terhindar dari makan terlalu berlebihan untuk mendukung program diet yang sedang anda jalani.

  1. Memiliki Sifat Diuretik

Manfaat vitamin C dalam asparagus mempunyai sifat diuretik alami sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk melancarkan proses pencernaan dan juga proses mengeluarkan racun dalam tubuh yang tentu sangat penting untuk program diet.

  1. Memiliki Kandungan Serat Tinggi

Seperti jenis sayuran lainnya, manfaat serat juga terdapat dalam asparagus bahkan kadarnya sangat tinggi. Mengkonsumsi asparagus akan membuat perut anda kenyang lebih lama dan menghindari anda untuk ngemil terlalu berlebihan.

  1. Mengandung Alkaloid

Alkaloid merupakan unsur zat kimia yang bisa merangsang organ ginjal agar aliran darah dalam tubuh bisa lebih ditingkatkan. Alkaloid dalam asparagus juga berperan penting dalam memecah dan meluruhkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Proses Penghancuran Lemak

Asparagus juga menjadi makanan baik dalam program diet karena memiliki banyak kandungan kimia sehingga mempunyai manfaat detoksifikasi sekaligus meluruhkan lemak dalam tubuh dengan cara memecah asam oksalat.


  1. Mengandung Asparagin

Dalam asparagus juga mengandung zat kimia bernama asparagin yang merupakan jenis alkaloid untuk membantu ginjal dalam melancarkan proses peredaran darah sehingga akan berpengaruh langsung dalam sel dan juga proses pemecahan lemak.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam asparagus memiliki manfaat vitamin C yang tinggi. Kandungan ini sangat efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh saat anda sedang melakukan berbagai aktivitas fisik dan akhirnya proses pembakaran lemak serta kalori akan berjalan lebih efisien dan optimal.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Untuk anda yang memiliki masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, mengkonsumsi asparagus sangat disarankan karena memiliki kandungan garam yang sangat rendah sehingga baik untuk menjaga tekanan darah anda. Asparagus juga mengandung kalium yang bersama dengan natrium nantinya akan menurunkan tekanan darah anda. Dalam sayuran renyah ini juga mengandung senyawa dihydroxy nicotianamine yang berguna untuk mencegah fungsi enzim spesifik yang menjadi penyebab penyumbatan pembuluh darah penyebab hipertensi, jantung dan juga stroke.

Demikian ulasan dari kami tentang manfaat asparagus untuk diet sehat dan nikmat. Ada banyak cara untuk mengolah asparagus menjadi makanan lezat mulai dari panggang, dibuat menjadi sup atau dicampur ke dalam makanan diet lainnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran