6 Manfaat Anthurium Bagi Kesehatan

Anda pernah mendengar nama anthurium ini? ya beberapa waktu yang lalu, nama tanaman anthurium ini sangatlah booming di kalangan masyarakat, karena daya tariknya yang sangat memikat, dan juga harganya yang sangat tinggi. Namnu sepertinya, hal itu hanya terjadi beberapa saat saja, karena saat ini euphoria mengenai tanaman anthurium itu tidak seheboh beberapa waktu yang lalu. Anthurium sendiri sebenarnya mengacu pada jenis tanaman hias, yang memang memiliki bentuk yang sangat indah.

Klasifikasi Ilmiah dari Anthurium

  • Kerajaan : Plantae
  • Ordo : Alismatales
  • Famili : Araceae
  • Genus : Anthurium

manfaat anthuriumKarena merupakan genus, maka itu artinya ada banyak sekali spesies anthurium yang ada di dunia. Yap, namun demikian, secara garis besar, anthurium merupakan salah satu jenis tanaman hias, dengan spesies yang berjumlah lebih daro 1000an spesies. Meskipun memilikki banya sekali spesies, yaitu hingg lebih dari 1000an, namun memiliki beberapa ciri ciri umm. Ciri umum inilah yang kemudian membuat anthurium menjadi salah satu jenis tanaman hias yang memiliki daya tarik yang sangat tinggi hingga saat ini.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri tanaman anthurium :

  • Memiliki bentuk daun yang berurat dengan tulang daun yang besar
  • Berwarna hijau tua
  • Daun dari tanaman anthurium memiliki ciri khas lebar

Anthurium sendiri dikatakan bahwa pada jaman dahulu, merupakan salah satu jenis tanaman hias yang berada pada kerajaan yang berasal dari tanah jawa dan juga seringkali dipuja sebagai salah satu jenis tanaman para aja.

Tanaman anthurium sendiri ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Apa saja manfaat dari tanaman anthurium? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya bagi manusia :

1. Sebagai tanaman hias

Manfaat pertama dari tanaman anthurium dan manfaat yang paling sering dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai tanaman hias. Dengan bentuk daunnya yang lebar dan juga unik, anthurium memiliki daya tarik tersendiri sebagai tanaman hias, terutama untuk diletakkan pada pekarangan rumah dan juga bagian dalam rumah. Dengan adanya tanaman anthurium di rumah anda, maka pastinya pekarangan dan juga bagian rumah anda akan terlihat lebih cantik .

2. Sebagai hobi dan pengisi waktu luang

Selain sebagai tanaman hias, ada beberapa orang yang memang benar-benar menyukai jenis tanaman anthurium. Mereka yang hobi dan memang suka dengan jenis tanaman ini sering sekali memanfaatkan hobi mereka terhadap tanaman anthurium untuk kepuasan pribadi, dan juga sebagai pengisi waktu luang mereka.

3. Untuk relaksasi

Daunnya yang lebar-lebar, hijau dan juga nikmat untuk dipandang sudah pasti menjadi daya terik sendiri bagi tanaman anthurium, karena itu, salah satu manfaat yang bisa anda peroleh dari tanaman anthurium ini adalah sebagai media relaksasi. Ya, dengan manfaat anthurium berwarna hijau ini, anda akan merasakan efek relaksasi pada tubuh anda. dengan adanya efek relaksasi ini, akan membantu anda menjadi lebih mudah dalam menghadapi persoalan-persoalan dan tekanan hidup, yang dapat memicu kemunculan stress ataupun depresi.

4. Dapat mengobati bengkak pada tenggorokan dan juga mulut

Salah satu spesies dari anthurium, yaitu anthurium andreanum memiliiki manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Anthurium andreanum ini memiliki manfaat yang baik utnuk mengobati bengkak pada tenggorokan dan juga bengkak pada mulut anda. ntuk dapat mengobati bengkak pada bagian tenggorokan dan juga mulut anda, maka anda dapat memanfaatkan daun dari anthurium andreanum tersebut. Daunnya dapat anda rebus, lalu air rebusan dari daun anthurium andreanum tersebut bisa anda minum secara teratur untuk membantu meredakan bengkak yang anda alami pada tenggorokan dan juga mulut anda.

5. Dapat mengobati diabetes

Beberapa orang mempercayai bahwa bagian-bagian dari tanaman anthurium memang berkhasiat sebagai obat. Salah satunya adalah akar dari tanaman anthurium itu sendiri. Akar dari anthurium memilki manfaat yang sangat baik utnuk mengobati diabetes. Akar dari anthurium dpat mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat membantu anda penderita diabetes.

6. Dapat mengobati gangguan pada ginjal

Selain dapat mengobati diabetes, akar dari anthurium itu sendiri juga memiliki manfaat lainnya. Manfaat lainnya dari akar anthurium itu adalah sebagai salah satu obat untuk gangguan ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ pencernaan yang sangat penting, seingga apabila terjadi gangguan pada ginjal, sudah pasti kesehatan pencernaan anda akan terganggu. Gangguan pada ginjal dapat berupa tidak optimalnya kerja ginjal, munculnya batu ginjal, bahkan sampai menyebabkan terjadinya gagal ginjal, yang pastinya sangat berbahaya bagi kesehatan.

Jenis Anturium di Indonesia

Anthurium sendiri pada dasarnya tumbuh pada batang phon lainnya, terutama pohon yan gsudah membusuk dan bersifat epifit. Namun demikian, anthurium juga dapat tumbuh pada media tanah biasa, dan dipelihara sebagai tanaman hias. Dari beberapa sumber yang diperoleh, di Indonesia ada kurang lebih 7 jenis spesies dari tanaman anthurium itu sendiri. Berikut ini adalah ke – tujuh spesies dari tanaman anthurium yang ada di Indonesia :

  1. Anthurium Crystalinum atau yang sering kita kenal dengan nama tanaman kuping gajah
  2. Anthurium Pedatoradiatum yang juga sering dikenal dengan nama tanaman wali songo
  3. Anthurium Rafidooa
  4. Anthurium Hibridum
  5. Anthurium makrolobum
  6. Anthurium Andreanum
  7. Antrhurium Scherzerianum

Itulah beberapa informasi singkat mengenai tanaman anthurium. Meskipun harganya tergolong tinggi, namun ternyata memang tanaman anthurium ini memiliki manfaat yang baik untuk kita semua. Semoga artikel mengenai anthurium ini bermanfaat bagi anda semua.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 01st, August 2015 / 05:28 Oleh :
Kategori : Tumbuhan