15 Manfaat Pepaya Untuk Pengobatan Ringan Hingga Berat

Pepaya merupakan buah kaya akan air berwarna oranye yang memiliki aroma khas, rasa manis nikmat dan juga sangat baik untuk kesehatan. Bahkan pepaya sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu sebagai buah para malaikat oleh Christopher Columbus sebab menjadi sumber vitamin dan mineral bagi tubuh. Buah ini bisa dikonsumsi baik manfaat pepaya muda ataupun matang yang bisa dikonsumsi langsung atau diolah kembali menjadi berbagai makanan dan minuman seperti tumis, smoothie, milkshake, manisan dan lain sebagainya. Dalam pepaya mengandung sumber antioksidan tinggi seperti flavonoid, karoten dan juga vitamin B, vitamin C, serat, magnesium dan berbagai kandungan lain. Dalam ulasan kali ini, kami akan jelaskan beberapa manfaat pepaya untuk pengobatan yang bisa anda gunakan sebagai pengobatan alami di rumah.

  1. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Pepaya sangat baik dikonsumsi untuk menyembuhkan gangguan pencernaan karena mengandung papain yakni enzim super untuk pencernaan yang bisa memperbaiki segala masalah pencernaan dengan cara memecah protein dan membersihkan saluran cerna. Dengan ini, maka mengkonsumsi buah pepaya sangat baik untuk solusi diare, sakit perut, sembelit dan beberapa jenis penyakit pencernaan lainnya.

  1. Mengatasi Pigmentasi

Pigmentasi yang disebabkan karena jerawat dan meninggalkan bekas luka atau memang anda menderita pigmentasi tidak merata, maka pepaya bisa digunakan sebagai salah satu solusi kecantikan kulit alami. Pepaya memiliki efek mencerahkan kulit sekaligus membersihkan noda dan pigmentasi. Kandungan enzim, beta karoten dan juga phytochemicals dalam pepaya sangat baik untuk menyamakan warna kulit baik wajah maupun tubuh.

  1. Menyembuhkan Eksim dan Psoriasis

Enzim papain dalam pepaya sangat ampuh untuk mengangkat sel sel kulit mati karena sifat eksfoliasi didalamnya. Pepaya yang dihaluskan dan diaplikasikan pada area kulit yang terkena sangat ampuh untuk mengatasi rasa gatal dan kemerahan karena eksim dan psoriasis tersebut.

  1. Mengatasi Arthritis

Arthritis merupakan peradangan pada persendian yang bisa menimbulkan rasa sakit tak tertahankan. Dalam pepaya memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi rasa sakit akibat arthritis secara alami.

  1. Meredakan Radang Paru Paru

Bagi perokok aktif ataupun pasif akan memiliki risiko radang paru paru yang lebih tinggi. Dalam buah pepaya mengandung manfaat vitamin A yang bisa mencegah sekaligus mengurangi peradangan yang sangat baik dikonsumsi sekaligus tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh.

  1. Mengobati Gangguan Tenggorokan

Saat jus pepaya mentah dicampur dengan madu, maka kombinasi ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai gangguan tenggorokan mulai dari solusi batuk, radang amandel, gejala difteri dan banyak masalah lain berhubungan dengan tenggorokan. Bahkan buah pepaya sangat penting untuk membantu melarutkan membran dan mencegah terjadinya infeksi.

  1. Membantu Meringankan Nyeri Menstruasi

Menstruasi yang menjadi siklus alami setiap wanita bisa menyebabkan kram yang sangat menyakitkan dan terkadang disertai juga dengan sakit kepala. Pepaya sangat disarankan dikonsumsi untuk membantu meringankan nyeri menstruasi tersebut yang bahkan direkomendasikan untuk mengatasi menstruasi tidak teratur. Enzim papain yang ada dalam pepaya akan memudahkan aliran darah selama menstruasi sekaligus merangsang produksi hormon estrogen sehingga bisa menormalkan siklus menstruasi wanita.

  1. Membantu Menurunkan Stress

Manfaat vitamin C serta senyawa enzim aktif dalam buah pepaya efektif untuk memulihkan tingkat energi dengan cepat sekaligus mengatur aliran hormon stress sehingga stress yang anda dapatkan dari berbagai aktivitas sehari hari bisa diturunkan.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Pepaya juga menjadi buah luar biasa untuk penderita diabetes karena rendah kandungan gula. Bahkan banyak penelitian yang sudah mengungkapkan jika ekstrak pepaya bisa menghambat perkembangan diabetes tipe 2 untuk mengembalikan fungsi pankreas yang sudah kehilangan kemampuan dalam sekresi insulin.

  1. Menyembuhkan Wasir

Wasir merupakan pembengkakan vena yang meradang di dalam dan juga sekitar rektum atau anus. Dengan mengkonsumsi pepaya secara teratur, maka bisa menenangkan pembuluh darah yang bengkak sekaligus membantu mempercepat proses penyembuhan wasir semakin cepat.

  1. Mengatasi Vitiligo

Vitiligo merupakan timbulnya bercak putih pada kulit yang juga bisa diatasi dengan pepaya. Mengaplikasikan pasta pepaya matang pada area kulit yang terkena ampuh dalam meningkatkan produksi melanin sekaligus mengembalikan warna asli kulit. Ada bisa minum jus pepaya untuk penyembuhan vitiligo interal atau juga bisa mengaplikasikan jus pepaya pada area yang terkena.

  1. Mengatasi Sindrom Iritasi Usus

Dalam buah pepaya mengandung manfaat serat larut serta mengandung banyak enzim proteolitik sehingga bisa membantu dalam meningkatkan gerakan usus yang benar.

  1. Mengobati Mual dan Mabuk

Pepaya juga sangat aman dikonsumsi wanita selama masa kehamilan sehingga bisa mengurangi rasa mual di pagi hari, mengatasi mual dan juga mabuk karena kandungan vitamin C, manfaat vitamin E dan juga folat dalam buah pepaya. Agar hasilnya lebih maksimal, anda bisa mengkonsumsi campuran jus pepaya dengan nanas.

  1. Meningkatkan Jumlah Trombosit

Tidak hanya bagian buah yang memiliki banyak manfaat, namun jus dari daun pepaya bersama dengan buahnya sangat baik untuk meningkatkan jumlah trombosit bagi penderita demam berdarah.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dikatakan sebagai penyakit mematikan yang jarang menimbulkan gejala dan bisa terjadi karena gaya hidup tidak sehat sekaligus mengkonsumsi makanan tinggi akan garam. Dalam pepaya mengandung manfaat potasium yakni mineral penting untuk mengendalikan tekanan darah.

Itulah ulasan yang bisa kami berikan kali ini tentang manfaat pepaya untuk pengobatan. Semoga bisa bermanfaat dan  bisa menambah informasi lebih khususnya khasiat pepaya untuk menyembuhkan penyakit.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan