11 Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan, Rambut dan Kulit

Yoghurt banyak yang menjadikannya sebagai menu diet yang sangat amat digemari. Yoghurt memiliki rasa asam yang khas, karena yoghurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan kenyal. Saat ini banyak varian yoghurt dengan tambahan buah-buahan, sehingga tidak hanya manfaat yoghurt yang diperoleh namun manfaat buah-buahan sebagai pelengkapnya juga didapatkan.

Sejumlah kandungan yoghurt seperti protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6 dan juga vitamin B12 membuatnya bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan.

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Yoghurt memiliki kemampuan untuk meningkatkan protein dan kalsium pada tulang. Hal ini juga dapat membantu menyehatkan pencernaan hingga menghindari terjadinya darah tinggi. Manfaat yogurt ini terdapat dalam yoghurt favorit anda seperti Yunani yoghurt, kedelai organik dan sebagainya. Berikut ini manfaat yoghurt untuk kesehatan 1) :

1. Sarat Vitamin

Yoghurt adalah sumber signifikan dari kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, dan vitamin B5 (asam pantotenat). Yoghurt juga mengandung B12, untuk mempertahankan sel-sel darah merah dan membantu menjaga sistem saraf berfungsi dengan baik. “Vitamin B12 kebanyakan ditemukan dalam produk hewani, seperti daging ayam dan ikan, sehingga seorang vegetarian mungkin sulit untuk mendapatkannya,” kata Jackie Newgent, RD, seorang anggota dewan penasihat fitness dan penulis Big Green Cookbook.

Makan lebih banyak yogurt dapat membantu mengurangi kesenjangan nutrisi: Seporsi yoghurt (8 ons) menyediakan yaitu 60% kebutuhan vitamin wanita dewasa.

2. Mencegah Darah Tinggi

Setiap hari sekitar 70 persen dari kita, mengkonsumsi lebih dari dua kali jumlah garam yang disarankan. Hal yang dilakukan dari waktu ke waktu ini dapat menyebabkan hipertensi dan ginjal. Kalium dalam yogurt, dapat membantu membuang kelebihan sodium keluar dari tubuh.

3. Menyehatkan Gigi

Meskipun yoghrt mengandung gula tapi tidak menyebabkan gigi berlubang. Asam laktat dalam yogurt juga ada untuk memberikan perlindungan gusi. Orang-orang yang makan setidaknya dua ons yoghurt per hari, memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit periodontal yang parah daripada orang-orang yang tidak melakukannya.

4. Makanan berprotein tinggi

Yogurt dapat menjadi sumber protein yang sangat baik. Yogurt Yunani dibuat lebih tebal dan memiliki 20 gram protein per porsi. Sedangkan  yoghurt tradisional sedikitnya memiliki 5 gram protein. Jika mungkin anda membutuhkan protein, cari merek yang menyediakan sekitar 8 sampai 10 gram protein per porsi.

5. Membantu Pencernaan

Prebiotik (bakteri menguntungkan) dalam beberapa yogurt menyeimbangkan mikroflora dalam usus Anda, yang dapat membantu pencernaan serta menjaga Anda biasa, kata Robin Plotkin, RD, seorang ahli kuliner dan gizi. Namun pastikan yoghurt favorit anda, mengandung setidaknya satu miliar unit pembentuk koloni (CFUs) budaya hidup.

6. Pencegahan Osteoporosis

” Gizi yang cukup memainkan peran utama dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, dan mikronutrien terbesar adalah kalsium dan vitamin D, ” kata Jeri Nieves, PhD, MS, direktur of bone density testing di Rumah Sakit Hayes Helen New York.

Manfaat susu memang mengandung banyak kalsium, yang telah terbukti memiliki efek menguntungkan bagi kepadatan massa tulang di segala usia. meskipun hasilnya tidak selalu konsisten, kata Nieves, juga asisten profesor epidemiologi klinis di Columbia University.

Asam laktat  menyerap kalsium dan fosfor yang baik untuk kekuatan tulang. Vitamin K yang terdapat pada manfaat yoghurt juga membantu metabolisme tulang agar berjalan dengan baik.

Manfaat Yoghurt Untuk Rambut dan Kulit Cantik

manfaat-yoghurt

yoghurt plain

Tidak hanya baik sebagai bahan makanan, tapi yoghurt  juga dikenal karena sifatnya yang menguntungkan bagi kesehatan kulit dan rambut yang kuat. Menggunakan yoghurt untuk kulit dan rambut merupakan cara suku India kuno. Bahkan, Cleopatra dari Mesir kuno diketahui melakukan mandi yoghurt untuk menjaga kecantikan kulitnya. Berikut ini beberapa diantaranya 2) :

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sifat pelembab yogurt dapat menjadi scrub yang sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati. Hal ini sangat baik untuk mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif.

  • Buat scrub alami di rumah – 2 sdm yogurt dan 1 sdm oat. Lakukan eksfoliasi kulit dengan cara, memijat lembut kulit dengan gerakan memutar.
  • Komedo –  tambahkan yoghurt denga sedikit tepung beras, hingga menjadi pasta tebal. Gosok ke kulit dengan gerakan memutar kecil, kemudian cuci dengan air dingin.

8. Memerangi Jerawat

Menambahkan yoghurt ke dalam menu diet harian atau sebagai perawatan wajah untuk menyembuhkan jerawat. Karena sifat asam, yogurt menghancurkan berbagai bakteri penyebab jerawat, jamur dan kuman dalam tubuh.

  • Terapkan krim yoghurt krim pada wajah (masker wajah) dan cuci setelah 30 menit dengan air bersih untuk membersihkan kulit.
  • Atau buat pasta dari yoghurt dengan menambahkan manfaat kunyit bubuk, gula dan bubuk cendana. Pijat pasta pada kulit dan bilas dengan air dingin setelah 15 menit.

9. Menyembuhkan Kulit Terbakar

Yogurt mengandung seng yang membantu meringankan kulit dan sensasi gatal-gatal dari pembakaran. Campur yoghurt dengan menambahkan beberapa minyak esensial seperti manfaat minyak zaitun. Gunakan ini pada permukaan kulit yang terbakar dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya.

10 Menyingkirkan Ketombe

Yogurt mengandung sifat anti jamur dan anti-bakteri yang membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan bertindak sebagai pembersih alami dan menyingkirkan ketombe. Manfaat anti-bakteri juga membantu menenangkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.

  • Pijat kulit kepala dengan yoghurt dan cuci kepala dengan air hangat setelah 15 menit. Sifat asam laktat membantu melembabkan kulit kepala dan mengangkat sel kulit mati, sehingga menyembuhkan ketombe dan memulihkan kesehatan rambut.

11. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok menunjukan rambut yang kurang gizi dan kurang terhidrasi.

  • Buat masker rambut dengan, kombinasi manfaat buah pepaya sebanyak 250 gram dan setengah cangkir yoghurt. Tumbuk bahan bersama-sama sampai halus. Oleskan pada rambut yang bersih, dan biarkan selama 60 menit sebelum dibilas dengan sampo ringan.

Lakukan perawatan ini secara rutin minimal satu minggu sekali, untuk mendapatkan kulit wajah yang bersinar dan rambut yang indah tanpa repot ke salon.

, , , ,

Referensi   [ + ]

1. fitnessmagazine.com,10 Surprising Health Benefits of Yogurt, diakses 21 November 2014
2. stylecraze.com, 10 Amazing Benefits Of Yogurt For Skin And Hair, diakses 21 November 2014
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:56 Oleh :
Kategori : Makanan