Sponsors Link

Manfaat Telur Ayam Negeri Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Telur merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan sangat terkenal di masyarakat. telur sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau sehingga banyak yang menjadikan telur sebagai makanan alternatif pengganti ayam, ikan atau daging. Telur yang biasanya dikonsumsi berasal dari hewan unggas seperti ayam, bebek, entok, dan lainnya. yang paling populer adalah telur ayam. Telur ayam sendiri biasanya dibedakan menjadi dua yaitu telur ayam kampong dan telur ayam negeri.

ads

artikel terkait:

Perbedaan dari telur ayam kampong dan telur ayam negeri adalah dari jenis ayamnya. Telur ayam kampong berasal dari ayam kampong yang dipelihara secara alami dan tidak dipakani pakan khusus sedangkan untuk telur ayam negeri berasal dari jenis ayam yang sudah mengalami rekayasa genetika khusus sehingga ayam cepat besar dan cepat bertelur. Banyak orang mengklaim bahwa telur ayam kampong lebih sehat dibandingkan telur ayam negeri.

Manfaat telur ayam negeri

Meskipun banyak orang beranggapan bahwa telur ayam kampong lebih sehat dan lebih enak, namun telur ayam negeri juga tidak bisa diremehkan manfaatnya. Berikut ini adalah manfaat dari telur ayam negeri yang perlu anda ketahui.

  1. Makanan diet

Telur ayam negeri memiliki kandungan protein tinggi dan kalori rendah sehingga sangat baik bagi anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. telur ayam negeri cukup direbus saja dan makan  bersama sayuran hijau akan membuat perut anda kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar. Bagian yang dianjurkan adalah bagian putih telurnya karena lebih rendah kalori dan bebas kolsterol. Selain itu di dalam putih telur ayam negeri juga bebas dari kandungan lemak jenuh sehingga saat diet pun anda tetap mendapatkan tubuh yang sehat.

artikel terkait: manfaat telur –  manfaat kulit telur

  1. Sumber nutirisi bagi tubuh

Di dalam satu butir telur ayam negeri setidaknya mengandung berbagai macam jenis nutrisi misalnya vitamin, zat besi, zinc, fosfor, asam lemak omega 3 dan DHA. Karena kandungan nutrisi di dalam telur cukup lengkap maka sangat cocok digunakan sebagai sumber nutrisi bagi tubuh. telur ini juga bisa dijadikan sebagai pengganti daging, ayam, ikan dan juga susu. Dalam kuning telur ayam kampong mengandung zat besi dan vitamin D yang akan membuat tulang dan gigi menjadi sehat. selain itu juga terdapat kandungan kolin dimana kolin mampu mencegah terjadinya resiko bayi lahir cacat.

artikel terkait: manfaat telur hiasmanfaat telur untuk luka jahitan

Sponsors Link

  1. Menyehatkan jantung

Banyak orang yang enggan mengonsumsi telur karena menganggap banyak mengandung kolesterol padahal kenyataannya hanya bagian kuning telur saja yang mengandung kolesterol. Namun, kuning telur tetap aman dikonsumsi dalam jumlah tertentu sehingga tidak mengganggu kesehatan. di dalam kuning telur mengandung zat lutein yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Pada bagian kuning telur ayam negeri kini juga sudah banyak yang dirancang mengandung asam omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk menghindari terjadinya  overdosis telur sebaiknya makanlah kedua bagian telur yaitu putih dan kuningnya supaya dapat netral di tubuh.

artikel terkait: manfaat telur kalkunmanfaat telur bagi ibu hamil

Itulah tiga manfaat dari telur ayam negeri yang dapat anda peroleh khasiatnya bagi tubuh. sangat penting bagi anda untuk menyimpan dan mengolah telur dengan cara yang tepat supaya kandungan nutrisi dalam telur tetap terjaga. Bakteri dapat berada di cangkang telur sehingga sebaiknya cuci bersih telur terlebih dahulu ketika menyimpan dan memasaknya. Usahakan jangan memasak telur setengah matang karena bakteri mungkin saja masuk ke dalam telur.

artikel terkait: manfaat telur bagi ibu hamil

Demikian informasi kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 03:07 Oleh :
Kategori : Makanan