Manfaat Teh Basi Bagi Kecantikan

Anda mungkin baru mendengar manfaat teh basi bagi dunia kesehatan dan kecantikan, namun tahukah anda bahwa manfaatnya sangat banyak sekali.


Tentang Teh

Salah satu jenis minuman yang mendunia adalah teh. Siapa yang tidak kenal teh,. Teh telah menjadi minuman umum dan wajib tersedia di setiap rumah. Teh juga menjadi lambang penghormatan dalam menyambut tamu yang datang. Setidaknya, teh menjadi minuman yang akan selalu ditawarkan oleh pemilik rumah terhadap tamu mereka. Karena harganya yang ekonomis dan mudah sekali untuk didapatkan, teh bukanlah minuman yang asing meski jenisnya sangatlah banyak.


Jenis Teh

Secara umum, teh dibagi ke dalam tiga jenis yaitu Black Tea, White Tea, dan Green Tea. Ketiga jenis teh ini memang memiliki bentuk fisik yang berbeda khususnya dalam segi warna sesuai nama mereka. Umumnya Black Tea atau teh hitam menjadi teh yang paling mudah ditemukan dan paling sering dikonsumsi. Baik dicampur dengan perasa seperti gula atau lemon, maupun dicampur dengan aroma seperti aroma melati.

Khasiat Berbagai Jenis Teh

Setiap teh memiliki manfaat – manfaat yang berbeda – beda. Begitupun dengan berbagai teh yang dicampur dengan bahan lain atau juga terbuat dari daun lain. Secara umum teh memiliki manfaat – manfaat di antaranya mengusir radikal bebas karena mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan oksidan tertingg terdapat di dalam teh hijau atau Green Tea. Manfaat lainnya ialah kandungan potasium dan zinc untuk membantu pertumbuhan, Vitamin B kompleks yang berguna untuk menambah metabolisme dalam tubuh, dan adanya kafein yang membuat tubuh akan menjadi lebih bugar.

Manfaat Teh juga telah dijadikan berbagai fungsi seperti untuk menghilangkan kolesterol yaitu teh dari daun Oolong, teh carmoline yang berfungsi untuk membuat tubuh relax, dan lain- lain. Di negara Cina dan Korea, teh memiliki banyak macamnya dan dijadikan obat berbagai penyakit. Di balik itu, bila minuman lain saat mencapai waktu kadaluarsa atau basi tidak dapat dikonsumsi, teh yang basi sebaliknya. Teh yang telah basi masih memiliki banyak manfaat spesialnya untuk kecantikan.

Kandungan Kafein Teh

teh basiTidak seperti kopi yang juga sama – sama mengandung kafein, kandungan kafein dalam teh tidak sebanyak kopi. Tetapi untuk sebagian orang, kafein dalam teh juga mampu membuat mata melek layaknya meminum kopi.

Rasa teh yang nikmat juga menjadi faktor minuman ini dicintai oleh orang – orang di seluruh dunia. Apa lagi teh menjadi minuman yang dapat diolah menjadi menu baru yang menjual. Contohnya bubble tea, matcha float, dan lainnya.

Tidak sedikit restoran yang menyediakan menu – menu tersebut di dunia termasuk Indonesia.

Teh Basi Membuat Kulit Wajah Lebih Sehat

Manfaat teh basi yang pertama adalah membuat kulit wajah lebih sehat, ramuan teh basi telah lama digunakan untuk kulit wajah. Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang sehat? Berbagai cara dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Tetapi belum banyak yang mengetahui bahwa teh basi juga dapat memberi manfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Cara Penggunaan : 

Teh yang telah basi tanpa campuran apapun seperti gula dapat membuat kulit wajah lebh cerah dan lembut. Teh basi dapa dijadikan air pencuci muka. Dan butiran daun teh yang telah hancur dapat dijadikan scrub. Ini menjadikan teh basi dapat mengusir jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengatasi komedo membandal, mengangkat flek hitam, dan lain – lain.

Penting untuk kulit wajah :

Teh Basi Dapat Menyehatkan mata

Teh basi juga memiliki manfaat untuk menyehatkan mata. Di jaman teknologi yang maju, penggunaan gadget dalam sehari – hari menjadi hal yang wajib. Bahkan bisa dibilang kini manusia tidak dapat lepas dari benda – benda  tersebut. Dan tentu ada efek negatifnya seperti efek radiasi yang ditimbulkan ke dalam mata misalnya. Salah satu contohnya melihat layar komputer terlalu lama karena pekerjaan. Kegiatan ini membuat mata akan menjadi lelah bahkan terlalu lelah. Selain dapat melakukan terapi berjemur di bawah matahari pagi, mata akan kembali sehat dengan teh basi.

Cara Penggunaan:

Celupkan wajah ke dalam teh basi kemudian buka mata perlahan. Lakukan untuk beberapa detik. Mata akan terasa lebih fresh.

Penting untuk mata :

Teh Basi Untuk Membuat rambut sehat

Teh basi juga menjadi salah satu bahan untuk membuat rambut sehat. Dari pada memutuskan menggunakan berbagai bahan kimia, ambilah teh basi untuk membuar tambut sehat. Teh basi dapat mengusir kekusaman rambut akibat kekeringan, mencegah kerontokan, dan menghilangkan ketombe.

Cara Penggunaan : Untuk rambut, gunakan teh basi seperti menggunakan masker rambut.

Baik Untuk Rambut :

Teh Basi Sebagai kompres mata (menghilangkan mata panda)

Selain untuk menyehatkan mata yang lelah dengan cara direndam, teh basi juga bisa digunakan sebagai kompres mata dan menghilangkan mata panda. Mata yang lelah biasanya menyebabkan lingkaran hitam di sekitar matau atau bisa disebut mata panda. Lingkaran hitam ini sangat menganggu penampilan dan memperlihatkan bahwa kita memang sedang lelah. Tidak hanya itu, mata lelah juga bisa karena menangis sepanjang hari.

Cara Penggunaan : Untuk mengkompres mata dengan teh basi, gunakan teh basi yang berbetuk kantung. Atau yang dilapisi bungkus khusus (teh celup). Taruh di atas mata selama minimal 15 menit.

Tips Penggunaan Teh Basi

Ingat, teh basi yang digunakan seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah teh basi dari jenis teh hitam yang didiamkan semalaman dan bersih dari kandungan lain. Jadi jangan gunakan teh basi yang telah diberi gula, lemon, susu, atau kandungan lain. Haarus murni merupakan teh basi. Lebih baik juga gunakan teh basi yang ada di dalam teko dan tertutup sehingga terlindung dari bakteri-bakteri yang berkeliaran ketika didiamkan semalaman. Indonesia sendiri telah menjadi negara yang memproduksi teh terbesar. Sehingga teh yang dihasilkan oleh Indonesia memiliki kualitas yang baik tidak jauh dengan teh buatan negara lainnya.

Baca Juga : Manfaat ampas teh

,
Post Date: Wednesday 11th, February 2015 / 05:55 Oleh :
Kategori : Minuman