Manfaat Rumput Laut

Manfaat rumput laut merupakan banyak digunakan untuk berbagai makanan. Di Indonesia merupakan negara kepulauan dengan laut yang mengelilinya. Tentu saja hasil lautnya akan melimpah begitu juga dengan hasil rumput lautnya. Maka dari itu, banyak olahan makanan yang menggunakan ekstrak rumput laut seperti agar-agar. Rumput laut sendiri merupakan jenis tumbuhan algae yang tidak memiliki batang, daun ataupun akar. Bentuknya beraneka ragam tergantung jenisnya. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Kandungan Gizi Rumput Laut

Rumput laut kerap kali diekstrak untuk diambil manfaatnya karena memang kandungan nutrisi yang lengkap dan berguna bagi tubuh. Secara kimia kandungan rumput laut terdiri dari karbonidrat, protein, lemak, serat dan juga berbagai senyawa baik. Senyawa asam amino, asam nukleat dan berbagai vitamin yaitu A,B dan C. Mineral seperti kalsium, selenium dan zat besi yang sangat berguna untuk membangun tubuh. Asam amino yang diberikan rumput laut lebih banyak sepuluh kali lipat dibandingkan tanaman darat.

Rumput laut dapat digunakan sebagai variasi asupan makanan bernutrisi bagi kesehatan tubuh seperti manfaat makanan alami sepertimanfaat bayam atupun manfaat kangkung.

Manfaat Rumput Laut Yang Baik Bagi Tubuh

Kebaikan rumput laut memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti berikut ini :

  • Pencegahan pengroposan tulang – Kalsium yang dihasilkan dari rumput laut dengan kandungannya yang lima kali lebih besar dibandingkan susu. Bagi perempuan yang diusia lanjut, mengkonsumsi rumput laut untuk mencegah terjadinya gejala penyakit osteoporosis.
  • Pencegahan Kanker – Kandungan vitamin C dapat mengandung antioksidan yang mencegah gejala kanker, selein itu dapat untuk merawat kecantikan kulit.
  • Menurunkan berat badan – Banyak yang menggunakan rumput laut sebagai diet sehat. Rumput laut mengandung serat alami yang baik untuk mengontrol berat badan seperti juga pada manfaat apel dan manfaat pear. Mengkonsumsinya dengan teratur akan memberikan efek diet sehat yang menyehatkan tubuh pula.
  • Dapat mengurangi gejala penyakit hipertensi – Penggunaan garam ternyata dapat diganti dengan butiran-butiran ekstrak rumput laut. Konsumsi garam yang dikurangi akan menjadikan tekanan lebih stabil sebagai terapi bagi penderita gejala penyakit hipertensi.
Ternyata banyak khasiat yang tersimpan dari rumput laut. Saat ini sangat mudah mendapatkan rmput laut pada pasar tradisional ataupun swalayan-swalayan terdekat. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi rumput laut untuk memperoleh manfaatnya.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:39 Oleh :
Kategori : Tumbuhan