10 Manfaat Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh

Advertisement

Sayuran laut seperti rumput laut, berkontribusi terhadap asupan manfaat sayur sayuran untuk makanan harian, sekitar 17,5 cangkir wanita dan 21 cangkir untuk pria, menurut Departemen Pertanian AS. Seperti banyak sayuran lainnya, rumput laut rendah kalori mentah seperti rumput laut wakame misalnya, mengandung kurang dari 20 kalori. Makan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan Anda, sayuran laut menyediakan sumber yang kaya nutrisi penting. Berikut ini beberapa manfaat nutrisi di dalam rumput laut 1) 2) :


1. Vitamin K

Rumput laut merupakan sumber vitamin K, nutrisi yang larut dalam lemak. Vitamin K berkomunikasi dengan trombosit, yaitu jenis sel yang membentuk pembekuan darah. Ketika mulai mengembangkan cedera, vitamin K akan membantu mengirim sinyal kimia yang memberitahu trombosit untuk mengumpulkan dan membentuk gumpalan darah, sehingga tubuh dapat menghentikan aliran darah pada luka. Beberapa jenis rumput laut dapat membantu untuk mencapai rekomendasi asupan harian vitamin K yaitu 90 mikrogram untuk wanita atau 120 untuk laki-laki. 1 porsi rumput laut yang sarat dengan kalsium lebih dari manfaat brokoli dan hampir sama seperti protein pada kacang-kacangan.


2. Kalsium

Menambahkan rumput laut dalam makanan, akan membantu  meningkatkan asupan mineral penting kalsium. Sebagian besar kalsium tubuh berguna untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat. Kalsium membentuk bagian dari hidroksiapatit, jaringan mineral yang terdiri dari sebagian besar tulang. Kalsium juga membantu otot-otot dab membantu komunikasi sel dan berkontribusi terhadap fungsi sistem saraf.


3. Zat Besi

Beberapa jenis rumput laut, mengandung zat besi. Zat besi membantu tubuh menghasilkan energi yang diperlukan untuk bahan bakar sebagai aktivitas sehari-hari dan juga membantu menyehatkan sistem peredaran darah, dengan meningkatkan aliran darah. Kadar zat besi rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, suatu kondisi yang ditandai oleh tingkat energi menurun, kulit pucat dan sesak napas. Memasukkan rumput laut ke dalam diet makanan sehari-hari dapat membantu tubuh mencapai 8 miligram zat besi yang dibutuhkan setiap hari untuk pria, atau 18 miligram untuk wanita. Nutrisi lainnya dalam rumput laut termasuk vitamin B-12 dan vitamin A.


4. Serat Alami

Alginat adalah serat alami yang ditemukan pada beberapa jenis rumput laut yang dapat membantu pencernaan dan mengurangi penyerapan lemak. Sebuah studi yang dipimpin oleh ilmuwan Dr Iain Brownlee dan Profesor Jeff Pearson di Newcastle University menemukan bahwa makan rumput laut, akan mengurangi pencernaan lemak lebih dari 75%. Serat juga membantu tubuh merasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan berlebihan. Temuan ini menunjukkan bahwa menambahkan rumput laut untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol tidak sehat dalam darah.


5. Asam Lemak Omega 3

Tubuh manusia membutuhkan lemak yang sehat sebagai bagian dari diet seimbang. Rumput laut menyediakan lemak sehat yang disebut asam lemak omega-3. The Dr. Oz Show situs mencatat bahwa selembar rumput laut nori berisi sejumlah sama asam lemak omega 3. Jenis lemak akan membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL yang sehat, sambil menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya. Asam lemak Omega-3 juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.


6. Yodium

Seperti sayuran lainnya, rumput laut mengandung mineral penting dan vitamin yang dibutuhkan untuk diet seimbang yang sehat. Menurut situs Best Health, hanya satu gram rumput laut memberikan dosis harian yodium, mineral yang sangat penting untuk fungsi tiroid sehat. Selain itu, jenis rumput laut coklat yang disebut kombu berisi fucoxanthin pigmen, yang dapat membantu memetabolisme lemak tubuh menjadi energi.


Manfaat Rumput Laut Yang Baik Bagi Tubuh

Kebaikan rumput laut memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti berikut ini :

  1. Pencegahan pengroposan tulang – Kalsium yang dihasilkan dari rumput laut dengan kandungannya yang lima kali lebih besar dibandingkan susu. Bagi perempuan yang diusia lanjut, mengkonsumsi rumput laut untuk mencegah terjadinya gejala penyakit osteoporosis.
  2. Pencegahan Kanker – Kandungan vitamin C dapat mengandung antioksidan yang mencegah gejala kanker, selein itu dapat untuk merawat kecantikan kulit.
  3. Menurunkan berat badan – Banyak yang menggunakan rumput laut sebagai diet sehat. Rumput laut mengandung serat alami yang baik untuk mengontrol berat badan seperti juga pada manfaat apel dan manfaat pear. Mengkonsumsinya dengan teratur akan memberikan efek diet sehat yang menyehatkan tubuh pula.
  4. Dapat mengurangi gejala penyakit hipertensi – Penggunaan garam ternyata dapat diganti dengan butiran-butiran ekstrak rumput laut. Konsumsi garam yang dikurangi akan menjadikan tekanan lebih stabil sebagai terapi bagi penderita gejala penyakit hipertensi.

Menambahkan Rumput Laut Dalam Makanan

manfaat-rumput-laut

Rumput Laut

Ada beberapa cara untuk menambahkan rumput laut ke dalam makanan. Lembaran rumput laut yang diratakan (nori) digunakan untuk menggulung sushi. Atau dapat menambahkan rumput laut ke dalam sandwich atau menambahkan ke dalam salad atau sup. Pembelian rumput laut coklat atau hijau dapat ditambahkan ke roti, pizza, kentang, pasta, casserole, rebusan dan sup. Atau membuat chip rumput laut dengan tambahan manfaat minyak zaitun ke potongan rumput laut segar dan dipanggang sampai renyah.

Di Indonesia sendiri yang merupakan negara dengan wilayah laut yang luas, sudah mulai banyak memanfaatkan rumput laut ini. Maka dari itu, banyak olahan makanan yang menggunakan ekstrak rumput laut seperti agar-agar. Rumput laut sendiri merupakan jenis tumbuhan algae yang tidak memiliki batang, daun ataupun akar. Bentuknya beraneka ragam tergantung jenisnya, yang memberikan manfaat tersendiri bagi yang mengkonsumsinya.

Advertisement
, , , ,

Referensi   [ + ]

1. healthyeating.sfgate.com, What Are the Health Benefits of Eating Seaweed?, diakses 03 November 2014
2. livestrong.com, What Are the Health Benefits of Eating Seaweed?, diakses 03 November 2014
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:39 Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links