19 Manfaat Pembangunan Ekonomi Bagi Masyarakat dan Negara

Manfaat pembangunan ekonomi banyak yang tidak diketahui masyarakat luas. Masyarakat luas pikir, ekonomi dan pembangunannya berada di tangan pemerintah. Padahal masyarakat memegang peranan yang penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Ekonomi merupakan salah satu sektor yang ingin dikembangkan oleh pemerintah.

Sayangnya ekonomi di Indonesia mengalami pasang surut, terutuama kurs mata uang rupiah yang semakin anjlok di Bank Dunia. Meski begitu, sebagai warga negara Indonesia ada baiknya kita tetap menjaga dan ikut dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Yang namanya pembangunan ekonomi tidak akan terlepas dari petumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi yang maju dan pesat akan menciptakan pembangunan ekonomi yang pesat pula. Modal untuk melakukan pembangunan ekonomi adalah adanya pertumbuhan ekonomi, sehingga pembangunan ekonomi akan mengikuti dengan pertumbuhan ekonominya.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Banyak yang tidak tahu apa itu pembangunan ekonomi. Jika ditanya pun banyak masyarakat yang tidak tahu dan seolah-olah tidak ingin tahu. Pembangunan ekonomi adalah suatu proses dari kenaikan pendapatan total atau juga pendapatan perkapita dengan melakukan perhitungan bertambahnya penduduk dan juga diiringi dengan fundamental yang ada. Pembangunan ekonomi itu juga harus berdasarkan dengan struktur ekonomi yang ada dan pendapatannya disama ratakan oleh penduduk di suatu negara.

Manfaat Pembangunan Ekonomi

manfaat pembangunan ekonomiMasyarakat Indonesia harus tahu apa saja yang menjadi manfaat dari pembangunan ekonomi. Meski pembangunan ekonomi diatur oleh pemerintah bukan berarti masyarakat Indonesia tinggal diam dan tidak mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan dari pembangunan ekonomi. Berikut ini berbagai macam manfaat yang didapatkan dari pembangunan ekonomi :

  1. Munculnya Lapangan Pekerjaan

Dengan adanya pembangunan ekonomi yang pesat dan berkembang, masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan karena pembangunan ekonomi mulai berkembang dan menciptakan lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ketika pembangunan ekonomi mulai digerakkan dan digalakkan, secara otomatis di berbagai sektor pembangunan terutama di bagian industri juga akan mengalami kemajuan pesat. Selain itu di dalam sektor industri itu membutuhkan banyak karyawan dalam melaksanakan industrinya. Oleh sebab itulah pembangunan ekonomi yang pesat bisa mensejahterakan masyarakat karena banyaknya tercipta lapangan pekerjaan.

  1. Meningkatkan Pendapatan Nasional

Dengan adanya atau terciptanya lapangan pekerjaan yang banyak, banyaknya posisi yang membutuhkan karyawan untuk ditempati, secara tidak langsung bisa mempengaruhi terhadap meningkatnya pendapatan Indonesia. Hal itu dikarenakan semakin banyaknya industri yang bermunculan akan berpengaruh pada pajak nasional sehingga pendapatan di Indonesia pun akan naik.

  1. Melancarkan Kegiatan Ekonomi

Adanya pembangunan ekonomi di Indonesia bisa digunakan untuk melancarkan kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia sehingga pertumbuhan ekonomi pun juga dipercepat prosesnya dan pelaksanaannya. Alasannya adalah pembangunan ekonomi yang cepat diselesaikan di dalamnya terdapat kegiatan ekonomi, sehingga jika pembangunan ekonomi tumbuh pesat maka kegiatan ekonomi di dalamnya pun bisa berjalan dengan lancar.

  1. Berkembang Dengan Pesatnya Teknologi

Adanya pembangunan ekonomi yang terus berkembang dan tumbuh di dalam sektor industri dan pada sektor ekonomi yang lainnya bisa mendorong terciptanya perkembangan teknologi yang pesat dan juga disertai dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang bisa digunakan sebagai pengimbang dari pertumbuhan pembangunan ekonomi di Indonesia.

  1. Mengurangi Jumlah Pengangguran

Karena pesatnya pembangunan ekonomi serta banyaknya sektor industri yang mulai tumbuh dan membutuhkan karyawan untuk berbagai posisi membuat pengangguran di suatu negara menjadi berkembang. Sektor industri itulah yang membuat jumlah pengangguran semakin berkurang jumlahnya.

  1. Mensejahterakan Masyarakat

Karena pembangunan ekonomi yang tinggi, bisa membuat kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat. Hal itu dikarenakan tingkat pendapatan masyarakat pun menjadi meningkat dan berkurangnya jumlah masyarakat yang menganggur. Sehingga masyarakat pun bisa sejahtera hidupnya dan ekonominya menjadi layak.

  1. Pendidikan Dapat Diperbaiki

Salah satu manfaat dari pembangunan ekonomi adalah kualitas pendidikan di Indonesia dapat diperbaiki. Alasannya adalah karena kesejahteraan masyarakat yang meningkat membuat banyak masyarakat yang bisa menyekolahkan anak mereka di jenjang pendidikan yang tinggi dan juga bagus. Berbeda halnya jika tingkat kesejahteraan masyarakat yang rendah, untuk makan sehari-hari saja susah bagaimana jika harus menyekolahkan anaknya di jenjang pendidikan yang tinggi. Meski saat ini sudah ada dana BOS, sarana untuk ke sekolah itu tidak gratis seperti tas, buku, sepatu dan seragam sekolah. Oleh sebab itulah banyak orang tua yang keberatan jika menyekolahkan anaknya sedangkan untuk makan sehari-hari saja ibaratnya masih susah dan sulit tercukupi.

  1. Meningkatnya Keahlian

Dengan adanya pembangunan ekonomi yang pesat dan berkembang membuat masyarakat bisa meningkatkan keahliannya, namun tidak semua keahlian bisa meningkat. Hanya keahlian tertentu saja dengan peran serta pemerintah. Pemerintah bisa mendatangkan tenaga ahli dari luar, masyarakat Indonesia bisa belajar banyak dari tenaga ahli yang didatangkan oleh pemerintah Indonesia tersebut sehingga ilmunya bisa dikuasai bersama.

  1. Meningkatkan SDM Dan SDA

Dengan adanya pembangunan ekonomi yang pesat terutama di negara berkembang, akan meningkatkan Sumber daya manusia dan juga sumber daya alam yang ada di Indonesia. Hal itu dikarenakan pembangunan ekonomi bisa membuat kualitas SDM dan SDA nya meningkat.

  1. Meningkatnya Investor Asing Maupun Lokal Untuk Bisa Menanam Modal Di Indonesia

Dengan adanya pembangunan ekonomi yang pesat, Indonesia semakin dipercaya untuk sebagai lahan tanam modal di berbagai sektor industri yang ada. Entah itu bagi investor yang asing dan juga untuk investor lokal sendiri. Sektor industri yang pesat menunjukkan adanya pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang pesat sehingga banyak investor yang tidak ragu lagi untuk menamakan modalnya di Indonesia.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Rakyat Untuk Bisa Berkembang

Pembangunan ekonomi yang rendah bisa membuat rakyat menjadi pesimis terhadap kinerja pemerintah. Tidak hanya itu saja rakyat pun semakin minder untuk bisa meraih kesejahteraan hidupnya dan berkembang bersama pemerintah. Namun dengan adanya pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang pesat bisa membuat masyarakat semakin yakin dan percaya diri untuk bisa maju dan berkembang bersama dengan pemerintah seiring dengan meningkatnya taraf kesejahteraan hidupnya bersama dengan program dan pembangunan ekonomi pemerintah.

  1. Memiliki Penghasilan Yang Memadai

Karena pembangunan ekonomi yang pesat, bisa membuat negara memiliki penghasilan yang memadai. Penghasilan dari negara tersebut bisa didapatkan dari pajak yang disetorkan oleh pelaku industri yang ada di Indonesia. Seperti dengan ikonnya, pajak difungsikan untuk membangun negara. Dengan adanya sektor industri yang berkembang pesat membuat negara memiliki penghasilan yang memadai untuk melakukan berbagai macam pembangunan misalnya saja adalah pembangunan ekonomi.

  1. Memberdayakan Kekayaan Negara

Pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia digunakan sebagai memberdayakan kekayaan negara. Kekayaan negara yang tidak diberdayakan akan sia-sia belaka. Banyak kekayaan negara yang tidak tersentuh oleh tangan pemerintah sehingga sumber daya itu tidak bisa menghasilkan untuk Indonesia. Jika sumberdaya dan kekayaan Indonesia bisa dimanfaatkan, nantinya kekayaan tersebut bisa berguna untuk Indonesia di masa yang akan datang.

  1. Negara Menjadi Lebih Tertata

Salah satu manfaat dari pembangunan ekonomi adalah membuat negara menjadi lebih tertata pembangunannya dan pertumbuhan ekonominya.

  1. Kenyamanan Terjaga

Negara yang lebih tertata di berbagai aspek bisa membuat masyarakat merasakan berbagai fasilitas umum dan fasilitas publik lebih nyaman. Berbeda halnya dengan negara yang tidak memiliki penataan yang baik, masyarakat menjadi tidak nyaman dengan berbagai macam fasilitas yang ada.

  1. Memudahkan Rakyat Dalam Pembangunan Segala Bidang

Salah satu manfaat pembangunan ekonomi di negara berkembang adalah bisa memudahkan rakyat untuk ikut serta dan bergabung dalam pembangunan di segala bidang. Partisipasi rakyat sangat berperan dan memegang andil dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Negara Lain

Jika pembangunan ekonomi berkembang pesat, bisa membuat kepercayaan negara lain terhadap pemerintah Indonesia semakin meningkat. Negara lain akan melihat Indonesia atau negara berkembang lainnya memiliki kemampuan dalam menata pembangunan dan juga membangun negaranya lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Apalagi jika pembangunan ekonomi itu ditunjang dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat bisa membuat kepercayaan negara lain juga bisa meningkat. Jika sudah begitu, negara berkembang seperti Indonesia akan mudah mendapatkan kerjasama diplomatik atau hubungan diplomatik dengan negara lain.

  1. Melengkapi Fasilitas Negara

Salah satu bukti nyata dari pembangunan ekonomi adalah melengkapi fasilitas negara. Fasilitas yang dulunya tidak ada kini menjadi ada setelah terjadi pembangunan ekonomi. Salah satu pembangunan ekonomi yang belum terealisasikan di Indonesia adalah pembangunan monorel kereta api listrik.

  1. Meningkatkan Pendapatan Perkapita

Salah satu manfaat dari pembangunan ekonomi adalah bisa meningkatkan pendapatan perkapita. Pendapatan perkapita ini sangat penting digunakan dalam pertumbuhan ekonomi. Suatu perekonomian di suatu negara bisa dikatakan meningkat jika pendapatan perkapitanya dalam jangka panjang meningkat. Namun bukan berarti bahwa pendapatan perkapita harus naik terus menerus. Pendapatan perkapita bisa dipengaruhi oleh musibah atau adanya kekacauan politik sehingga menyebabkan ekonomi dan pendapatan di suatu negara mengalami kemunduran. Baca juga : Manfaat ekspor impor

Nah dengan adanya pembangunan ekonomi ini tentu masyarakat Indonesia akan mengalami dampak yang cukup besar dalam kehidupan bernegara.

, ,
Post Date: Wednesday 03rd, June 2015 / 04:29 Oleh :
Kategori : Pendidikan