Sponsors Link

11 Manfaat Natrium Bikarbonat untuk Wajah – Tubuh – Kue

Sponsors Link

Natrium bikarbonat lebih dikenal dengan sebutan soda kue (baking soda). Natrium bikarbonat mempunyai rumus kimia NaHCO3 dan berbentuk serbuk yang memiliki sifat mudah larut dalam air. Bagi yang pernah membuat roti tentu tidak asing dengan serbuk putih ini. Dengan menambahkan sejumput natrium bikarbonat (baking soda) dalam adonan roti dapat menyebabkan adonan mengembang sampai dua kali lipat.

Bila ini terjadi, itu berarti roti Anda berhasil mengembang dan tidak bantat. Proses pengembangan terjadi karena baking soda bereaksi dengan bahan-bahan lain dan membentuk gas karbon dioksida.

manfaat natrium bikarbonatKandungan Natrium Bikarbonat

Natrium bikarbonat (soda kue/ baking soda) dibentuk dengan menggabungkan karbonat dengan natrium hidroksida. Natrium bikarbonat akan terurai menjadi natrium karbonat, air dan karbondioksida, apabila berada dalam suhu 149 derajat celcius. 

Natrium bikarbonat ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Baik itu bermanfaat bagi kesehatan, dalam memelihara kecantikan kulit dan juga membantu ibu-ibu dalam menjaga kebersihan rumah tangga. Berikut ini beberapa manfaat natrium bikarbonat dapat disebutkan sebagai berikut :

1. Merawat kecantikan

Baking soda digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Buatlah pasta dengan mencampur satu sendok makan baking soda dengan air, gosokkan pada kulit. Lakukan secara teratur seminggu sekali.

2. Menghilangkan jerawat

Manfaat natrium bikarbonat untuk wajah dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat. Hanya saja gunakan air hangat sebagai pengental baking soda ini. Oleskan pada kulit yang berjerawat, biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Menghilangkan rasa pegal di kaki

Apabila kaki Anda terasa pegal, rendamlah selama setengah jam dalam air hangat yang sudah dicampur baking soda secukupnya, niscaya pegal di kaki hilang. Selain itu, cara ini bisa menghilangkan bau kaki dan merawat kuku kaki Anda.

4. Dijadikan obat kumur

Natrium bikarbonat adalah obat antasida bagi penderita magh. Sedangkan bagi yang mengalami masalah dengan bau, baik itu bau mulut dan bau badan, baking soda dapat menjadi obat kumur alami yang mujarab. Resep obat kumur alami ini sangat sederhana, cukup campurkan satu sendok the baking soda dengan 100 ml air. Untuk badan, cukup oles pasta baking soda di ketiak.

5. Membantu menjaga kebersihan rumah

Manfaat baking soda merupakan sahabat bagi para ibu yang rajin merawat rumahnya. Untuk permasalahan dapur saja, baking soda bisa digunakan untuk membersihkan sayuran dan buah. Cuci sayuran dan buah yang baru dibeli dalam wadah besar yang sudah dicampurkan dengan dua sendok makan baking soda. Cara ini dapat menghilangkan bakteri yang menempel. Cara ini bisa juga dilakukan untuk mencuci serbet atau lap kotor di dapur ibu-ibu.

6. Bahan pembuatan detergen

Para ibu yang mengalami noda membandel pada saat mencuci pakaian, bisa menggunakan baking soda. Caranya masukkan seperempat cangkir baking soda ke dalam mesin cuci, tambahkan deterjen lalu cucilah seperti biasa. Cara ini bisa membersihkan noda-noda yang sulit hilang.

7. Menghilang bau di kulkas

Baking soda yang ditempatkan dalam wadah terbuka dan ditempatkan dalam lemari es, dapat menetralisir bau yang sekiranya ditimbulkan dari bau-bau berbagai macam makanan mentah dalam kulkas.

8. Sebagai soda kue

Manfaat natrium bikarbonat dalam pembuatan makanna bisa dijadikan soda kue. Natrium bikarbonat yang banyak dijual di pasaran dalam bentuk serbuk halus hingga granula ini termasuk murah dan bisa dimakan. Secara luas di gununakan untuk soda kue dalam membuat kue-kue. Karena dengan natrium bikarbonat akan membuat adonan mudah mengembang.

9. Memberikan efek kesegaran pada minuman

Konsentrasi asa dan natrium bikarbonat akan mepengaruhi kesegaran suatu minuman dan pembentukan gas karbn dioksida dalam minuman bersoda seperti anggur. Tidak seimbangnya jumlah natrium bikarbonat akan membuat pembentukan gelembung gas yang memberikan efek menyegarkan berkurang. Peran natrium bikarbonat ini sering di gunakan untuk membuat serbuk minuman.

10. Bahan pembuatan pasta gigi

sponsored links

Natrium bikarbonat yang bisa disebut baking soda selain bisa digunakan untuk memasak juga bisa di gunakan sebagai pembersih gigi. Sifatnya yang mampu menghilangkan bau dimanfaatkan untuk membuat pasta gigi dan obat kumur. Bahkan obat kumur dari natrium bikarbonat di ketahui baik untuk penderita diabetes melitus, karena berkumur dengan natrium bikarbonat akan mempengaruhi sekresi saliva pada penderita DM.

11. Sebagai bahan produk deodoran

Deodoran digunakan untuk menjaga badan agar tidak berbau karena keringat. Bahan pembuatan deodoran menyertakan manfaat natrium bikarbonat bagi tubuh. Sifat natrium bikarbinat yang mampu menghilangkan bau di ruang tertutup dan bisa menetralkan asam membuatnya di manfaatkan untuk pembuatan produk-produk penghilang bau seperti deodoran.

Efek Samping Natrium Bikarbonat

Pemakaian natrium bikarbonat sebagai obat antasida harus berdasarkan resep dokter dan hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak yang berumur 12 tahun ke atas. Penggunaan natrium bikarbonat dapat berpotensi memicu efek samping pada beberapa keadaan di bawah ini, seperti :

  • Pada wanita hamil (dapat menaikkan tekanan darah) dan pada ibu yang sedang menyusui tidak diperkenankan mengkonsumsi natrium bikarbonat, kecuali di bawah pengawasan dokter.
  • Penggunaan manfaat natrium bikarbonat melebihi 14 hari (dua minggu) sangat tidak diperkenankan.
  • Bagi penderita penyakit gangguan ginjal. Penyakit jantung, bagi yang mengalami gangguan hati, gangguan pada saluran kemih, memiliki penyakit usus buntu.
  • Terjadi reaksi alergi seperti perut kembung dan kram perut pada saat mengkonsumsi natrium bikarbonat. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.
  • Walaupun baik untuk mengtasi masalah kulit, namun pemakaian natrium bikarbonat yang salah justru akan menimbulkan iritasi pada kulit Anda.
  • Natrium bikarbonat jangan sampai terhirup, karena akan mendatangkan masalah pada organ pernapasan Anda seperti hidung, tenggorkan, hingga paru-paru.

Metode Leblanc adalah metode awal pembuatan soda abu yang merupakan asal mula pembuatan natrium bikarbonat. Proses leblanc ditemukan oleh kimiawan perancis, Nicolas Leblanc. Kemudian disempurnakan dengan ditemukannya Metode Solvay oleh Ernest Solvay, insinyur kimia dari Belgia. Dengan metode solvay, natrium bikarbonat mentah dipanaskan untuk membentuk abu soda yang nantinya disempurnakan kembali untuk membuat baking soda seperti yang kita kenal sekarang ini.

Di Amerika, baking soda pertama kali diimpor dari Inggris. Barulah pada tahun 1846, didirikan sebuah pabrik yang bernama Mills Spice Vulcan yang mempunyai logo bergambar palu dan lengan, dan hingga saat ini merupakan salah satu merek terkenal dan diakui secara luas.


Ditinjau dari fisika dan kimia, natrium bikarbonat bentuknya bervariasi. Ada yang berbentuk padat, serbuk, atau bisa juga granul. Warna dasarnya adalah warna putih dengan berat molekulnya 105,99. Natrium bikarbonat tidak berbau dan memiliki berat jenis lebih besar dari air, yaitu sekitar 2,532. Daya larutnya, 45,5 gram per 100 mL air. Natrium bikarbonat akan larut dalam air panas dan gliserol. Sebagian juga larut dalam air dingin, dan tidak akan larut dalam aseton dan alkohol.


Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 22nd, June 2015 / 07:23 Oleh :
Kategori : Nutrisi