10 Manfaat Minyak Tawon untuk Kulit

manfaat minyak tawonApakah anda pernah mendengar atau memakai minyak tawon? Minyak tawon adalah salah satu minyak essensial asli Indonesia. Keberadaan minyak sudah dipercaya sejak seratus tahun yang lalu sebagai salah satu minyak yang sering dipakai untuk obat gosok. Minyak tawon merupakan sebutan khusus karena minyak ini memiliki lambang gambar tawon pada pembungkusnya.

Minyak ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat lengkap dan sangat ampuh tanpa efek samping. Berikut ini adalah beberapa khasiat minyak tawon, diantaranya :

1. Manfaat minyak tawon dapat mengatasi berbagai macam masalah atau keluhan yang berhubungan dengan nyeri otot dan sendi. Anda bisa memakai minyak tawon sebagai minyak gosok untuk cedera ringan, nyeri tangan dan kaki, nyeri punggung, dan semua bagian persendian.

2. Anda bisa menggunakan minyak tawon untuk menghangatkan badan saat badan masuk angin atau kurang sehat. Caranya adalah cukup oleskan dan gosokkan pada bagian punggung, leher hingga perut.

3. Mengatasi berbagai jenis bekas luka pada kulit. Anda bisa menggosokkan minyak tawon untuk bagian tubuh yang terantuk benda-benda keras.

4. Mengobati atau menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Bekas merah pada bagian yang digigit nyamuk sering menyebabkan gatal dan kurang nyaman. Manfaat minyak tawon tidak hanya menyembuhkan gatal tapi juga menghilangkan bekas.

5. Mengobati sakit kepala dan semua jenis sakit bawaan karena masuk angin dan flu. Anda bisa menggosokkan minyak tawon untuk badan dan perut. Orang tua juga bisa menyembuhkan berbagai gangguan ini dengan minum sedikit minyak tawon.

6. Mengobati diare dan sakit perut. Untuk mengatasi sakit perut maka Anda cukup mengambil minyak tawon kemudian gosokkan pada bagian perut. minyak tawon akan membantu menyembuhkan diare dan membuat badan menjadi lebih hangat.

7. Minyak tawon sebagai minyak urut dikenal bisa menyembuhkan berbagai macam keluhan sendi dan urat. Pemakaian minyak tawon bisa digunakan untuk kepentingan sehari-hari karena tidak menyebabkan efek samping maupun kecanduan.

8. Minyak tawon bisa mempercepat penyembuhan luka. Minyak tawon sangat bermanfaat untuk menyembuhkan lecet, luka tusukan benda tajam dan berbagai luka luar.

9. Minyak tawon bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. Luka bakar ringan seperti terkena knalpot atau panci tahan panas bisa disembuhkan dengan cepat. Oleskan minyak tawon sesaat setelah terkena bekas luka agar tidak meninggalkan bekas maupun menyebabkan luka dalam.

10. Manfaat minyak tawon juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur seperti panu dan kurap. Oleskan minyak tawon pada bagian kulit yang terkena jamur secara teratur hingga panu dan kurap sembuh.


Minyak tawon memang minyak yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, maka bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini :

  • Pastikan hanya menggunakan minyak tawon asli dengan bahan-bahan yang murni, sehingga tidak mendapatkan efek samping dari obat minyak tawon yang palsu. Anda bisa mengenalinya dari kemasan, aroma, harga dan warna minyak.
  • Gunakan minyak tawon hanya untuk bagian tubuh yang luka atau ceder, dan jangan pernah menggunakan minyak tawon untuk bagian dalam tubuh.
  • Menggunakan minyak tawon memang membutuhkan waktu hingga benar-benar sembuh sehingga Anda perlu bersabar untuk mendapatkan khasiatnya.
  • Simpan minyak tawon di tempat yang kering dan sejuk agar semua kandungan senyawa dalam minyak tawon tidak hilang dan bisa digunakan kapan saja.


Minyak tawon bukan merupakan minyak yang dihasilkan dari tawon. Awalnya banyak orang yang salah dengan penamaan ini dan sering dimengerti sebagai minyak yang dihasilkan dari bahan tawon atau lebah. Tawon sendiri adalah nama lebah dalam bahwa Jawa, meskipun minyak asli ini terbuat dari Makasar.

Dibawah ini adalah beberapa komposisi atau bahan minyak tawon dan kandungannya :

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang dihasilkan dari buah kelapa. Minyak kelapa mengandung bahan utama berupa lemak dengan rantai yang panjang. Minyak kelapa sering digunakan sebagai pengganti minyak sawit yang tidak terlalu bagus untuk kesehatan.

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang berfungsi untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri, jamur dan virus. Minyak kelapa juga bisa berfungsi untuk memberikan kelembapan alami kulit, dan mampu memberikan perlindungan untuk kulit dan rambut.

  • Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih adalah salah satu jenis minyak esensial yang dihasilkan dari pohon kayu putih. Dengan proses destilasi maka minyak ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan antiseptik, pembunuh bakteri, jamur, mengatasi rasa nyeri, menurunkan panas badan dan juga bersifat membunuh racun. Kandungan dalam minyak kayu putih adalah seperti bahan Alpha pinen, beta pinen, Alpha terpineol, dan berbagai jenis senyawa lain.

Bagian pohon minyak kayu putih yang diolah adalah bagian daun dan ranting dengan proses distilasi atau penyaringan uap. Kombinasi minyak kayu putih dengan bahan lain bisa membuat manfaatnya semakin baik.

  • Minyak Serai

Minyak serai menjadi salah satu bahan yang sangat bermanfaat dari minyak tawon. Minyak serai bisa digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti peradanganm, nyeri, membuat nyaman dan tenang, mengatasi jamur, virus serta bakteri dan mempercepat penyembuhan luka cedera dan luka luar. Proses pengolahan minyak serai dilakukan dengan destilasi uap dari batang serai yang sudah dikeringkan.

Serai memiliki aroma yang kuat dan sangat harum. Selain sebagai campuran bahan obat-obatan maka batang serai juga sering digunakan untuk memasak.

  • Daun Lada

Daun lada berfungsi sebagai salah satu pemberi aroma yang bisa menyembuhkan berbagai macam masalah atau rasa sakit perut. Daun lada bisa mengatasi berbagai masalah seperti mulas, diare, atau sembelit. Daun lada bisa membantu perut untuk mengeluarkan gas sehingga membuat perut menjadi lebih nyaman.

Selain itu, bahan daun lada juga bisa mempercepat penyembuhan luka, meringankan rasa sakit dan memiliki bahan antioksidan yang sangat tinggi.

  • Rimpang Kunyit

Rimpang kunyit adalah akar kunyit yang sering dijadikan sebagai induk untuk mengembangbiakkan kunyit. Kunyit menjadi salah satu bahan yang sangat aman untuk pengobatan baik untuk penyakit dalam maupun penyakit luar.

Bahan ini sangat baik untuk menyembuhkan berbagai keluhan perut, melawan peradangan dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

  • Rimpang Jahe

Rimpang jahe menjadi salah satu bahan herbal yang memiliki khasiat yang sangat lengkap. Kandungan senyawa dalam rimpang jahe bisa mengatasi berbagai jenis penyakit dan dipercaya sebagai obat yang sangat aman. Keuntungan dari minyak atau aroma yang dihasilkan dari jahe adalah bisa menghangatkan badan, mengatasi berbagai masalah pencernaan, membantu mual, mabuk kendaraan dan berbagai gejala masuk angin.

Bahkan jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan flu seperti batuk dan sakit tenggorokan.

  • Bawang Merah

Bawang merah biasanya digunakan sebagai bumbu masak yang bisa membuat aroma dan rasa masakan menjadi sangat harum. Namun pada jaman dahulu bawang merah sering dipakai untuk mengatasi berbagai keluhan seperti sakit perut, mual, dan muntah. Hingga sekarang masih banyak orang tua yang memakai bawang merah sebagai obat gosok untuk anak-anak.

Dengan melihat semua komposisi atau bahan minyak tawaon, Maka minyak tawon bisa menjadi salah satu minyak yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.


, ,
Post Date: Monday 27th, July 2015 / 09:26 Oleh :
Kategori : Herbal