Sponsors Link

10 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Apakah anda penyuka salah satu rempah-rempah bernama lada? Seringkali mungkin anda membubuhkannya kedalam masakan panas berkuah ataupun kedalam sepinggan steak? Hmm rasanya pasti akan lebih meningkatkan selera ya. Lada yang memiliki nama ilmiah Capsicum frutescens L, Capsicum annuum L dari keluarga Solanaceae. Nama-nama umum seperti lada Istilah umumnya digunakan untuk varietas ringan, sedangkan cabai digunakan untuk varietas pedas. Namun tahukan anda banyak fakta dibalik Lada? Mari kita simak.

ads

Jenis Jenis Lada

  1. Lada hitam, dari lada yang tak terlalu tua. Lada ini dipetik kemudian dikeringkan bersamaan dengan kulit. Sehingga membuat permukaan lada ini bekeriput. Biasanya ditemukan dalam bentuk butiran maupun halus. Manfaat lada hitam akan kita ulas di sini.
  2. Lada putih, dari lada berusia tua lalu dikupas dan dikeringkan kulitnya. Dengan menyangrainya akan membuat aroma lebih tajam. Rasanya yang pedas sangat khas. Dijual dalam bentuk utuh maupun halus.
  3. Lada hijau, dipetik saat masih muda. Warnanya masih kehijauan. Dijual dalam bentuk kering maupun segar juga dalam rendaman larutan bumbu.
  4. Lada merah, memiliki rasa tidak pedas dan lebih manis. Dijual dalam bentuk kering maupun segar.

Dalam artikel ini kita akan lebih banyak banyak membahas lada hitam dan lada putih karena lebih mudah dijumpai karena lebih tahan lama.

Khasiat Lada Hitam

1. Lada hitam dapat mencegah kanker

Lada dapat membantu mencegah kanker, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan Pusat Kanker, lada hitam dapat mencegah perkembangan tumor kanker payudara. Mereka menemukan bahwa kandungan piperine dalam lada hitam memberikan peran penting dalam mencegah kanker. Kemudian bila dikombinasikan dengan kunyit yang memiliki sifat antikanker maka akan menhasilkan efek yang semakin tinggi.

2. Lada hitam kaya vitamin yang baik untuk tubuh

Lada hitam juga mengandung Vitamin C, Vitamin A, flavonoid, karoten dan anti oksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit. Studi-studi lain juga menyarankan khasiat lada ini dalam mengulur perkembangan kanker kulit, kanker usus dan kanker usus besar. Cara mengkonsumsinya adalah dengan menambahkan satu sendok teh bubuk merica kedalam makanan sehari sekali. Akan lebih baik jika dalam mengkonsumsi lada adalah lada yang baru digiling.

3. Lada hitam membantu pencernaan

Lada hitam membantu dalam pencernaan karena isi piperine dari lada hitam merangsang selera untuk sinyal dari perut agar dapat memproduksi asam klorida lebih. Asam ini adalah asam yang sangat penting untuk mencerna protein dan makanan lainnya yang telah berada di dalam perut. Ketika ada makaan yang tidak tercerna dengan baik maka akan menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan, diare, sembelit dan keasaman pada tubuh. Asam klorida yang mengalami kelebihan akan disekresikan dalam membantu mencegah kondisi tesebut. Dalam membantu pencernaan, tambahkan satu sendok makan (tergantung pada jumlah porsi makanan yang sedang dipersiapkan) segar merica bubuk tanah untuk makan, saat memasak. Ini akan menambah cita rasa pada hidangan dan menjaga perut agar tetap sehat.

4. Lada hitam menurunkan berat badan

lada hitamLada hitam dapat membantu menurunkan berat badan karena lada hitam dapat membantu asimilasi yang tepat (dalam mengekstraksi semua nutrisi) makanan. Selain itu, lapisan luarnya yang mengandung fitonutrien yang kuat dapat merangsang pemecahan sel-sel lemak. Hal ini juga menyebabkan keringat dan buang air kecil, hal sangat bagus untuk menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semua kegiatan ini secara kolektif akan membantu dalam penurunan berat badan. Untuk penurunan berat badan yang efektif, hanya taburi merica atas makanan. Namun jangan makan terlalu banyak.

5. Lada hitam dapat meredakan gas karena perut kembung

Hal ini karena dikenal dengan sifat karminatif nya yaitu zat yang dapat mencegah pembentukan gas. Lada hitam dapat meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan karena perut kembung dan nyeri atau dikenal dengan kolik. Menambahkan merica pada makanan, bukan bubuk cabai akan membantu meredakan perut kembung.

6. Lada hitam dapat digunakan sebagai tambahan scrub

Ternyata lada hitam dapat bertindak sebagai exfoliant. Ketika lada hancur dan ditambahkan ke dalam scrub wajah dapat membantu untuk mengelupaskan kulit mati, merangsang sirkulasi dan membantu memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi pada kulit. Sifat antibakteri dan anti inflamasi akan membantu dan menjaga kulit dari infeksi seperti jerawat.

7. Lada hitam sebagai anti ketombe

Bagaimana bisa lada dapat digunakan sebagai shampoo anti ketombe? Hal ini disebabkan sifat antiinflamasi dan antibakteri, lada dapat menyingkirkan ketombe. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok teh lada hitam yang telah hancur bersama dengan secangkir yogurt yang plain oleskan pada kulit kepala. Tinggalkan di sekitar setengah jam. Bilas rambut Anda dengan baik. Jangan gunakan shampoo dulu pada tahap ini. Kemudian cuci rambut dengan sampo. Jangan terlalu banyak menggunakan lada ini karena dapat menyebabkan kulit kepala terbakar.

8. Lada hitam dapat mengurangi hidung tersumbat

Lada hitam dapat membersihkan hidung yang tersumbat dan mengurangi batuk karena sifat antibakteri pada lada hitam adalah obat alami yang efektif untuk menyembuhkan pilek dan batuk. Rasa hangat dan pedas dapat membantu melonggarkan dahak dan meringankan hidung tersumbat. Caranya adalah dengan mencoba memebrikan lada kedalam sup panas. Ini akan segera melonggarkan dahak dan membantu bernapas menjadi lebih mudah.

9. Lada hitam dapat membantu orang yang mengalami anoreksia

Lada hitam dikenal untuk meningkatkan pencernaan dan merangsang selera makan. Lada hitam dapat menjadi obat alami yang bagus untuk orang-orang dengan anoreksia (suatu kondisi dimana seseorang tidak makan) dengan membantu mereka untuk mendapatkan kembali nafsu makan mereka. Menambahkan sedikit untuk makanan mereka, perlahan-lahan dapat menyembuhkan anoreksia.

10. Lada hitam dapat membatu nutrisi tubuh lebih efisien dan antidepresan bagi tubuh

Lada hitam dapat membantu nutrisi tubuh agar lebih efisien, hal ini disebabkan lada hitam dikenal memiliki sifat yang membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. The Journal of Food and Chemical Toxicology melaporkan bahwa piperin senyawa dalam lada hitam dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan membantu menurunkan depresi. Menambahkannya ke dalam makanan harian atau sebagai bumbu dalam bentuk apapun, akan dapat membantu menjadi lebih lebih pintar dan kurang tertekan. Selain itu saat ingin membumbui makanan gunakan lada. Ini tidak hanya akan menambah rasa, namun juga memiliki potensi untuk membuat lebih bahagia.

Manfaat lada hitam di atas memang sudah sangat populer di masyarakat seluruh dunia, namun tentu efek samping lada hitam juga menjadi perhatian. Berikut adalah rincian efek sampingnya.

Efek Samping Lada Hitam

1. Dapat membuat sensasi terbakar didalam perut juga pada kulit luar dan mata

Karena lada bersifat panas, maka harus membatasi penggunaannya. Dalam beberapa kasus terlalu sering menggunakan lada hitam dapat menyebabkan terbakar parah di perut. Namun sensasi terbakar bersifat sementara. Selain pada perut lada juga menciptakan sensasi terbakar pada kulit dan mata. Hindari menggunakan lada langsung pada kulit jika masuk ke mata hal itu dapat menyebabkan panas dan kemerahan, baik pada kulit dan mata.

2. Dapat menyebabkan kematian

ads

Namun kasus ini adalah salah satu yang paling langka dari kasus yang jarang terjadi. Tetapi jika lada dikonsumsi langsung, bisa masuk ke paru-paru dan menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak. Sehingga disarankan untuk makan lada hitam dengan mencampurnya dengan makanan.

3. Lada kontraindikasi dengan obat tertentu

Pasien yang memakai siklosporin A, kolinergik, digoxin, dan sitokrom P450 harus menghindari dalam mengkonsumsi lada hitam.

4. Dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal pada orang yang sakit pencernaan

Lada hitam dapat mengganggu perut atau menyebabkan masalah pencernaan. Jadi, pasien yang menderita gangguan pencernaan harus menghindari lada hitam.

5. Lada dapat menyebabkan iritasi

Dalam beberapa kasus asupan lada hitam dapat menyebabkan iritasi kulit dengan gejala seperti gatal-gatal, bengkak, dan kemerahan pada kulit.

6. Lada dapat membuat kesulitan selama kehamilan dan menyusui

Jika sedang hamil, tubuh akan sensitif terhadap rempah-rempah. Jadi jika merasa ketagihan rasa, dapat ditambahkan kedalam hidangan favorit akan tetapi dalam jumlah minimal. Karena rasa panas dan pedas dari lada dapat ditransfer ke dalam ASI.

7. Lada dapat meningkatkan tingkat kekeringan pada kulit

Lada hitam sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah besar karena dapat mengeringkan kulit. Jika memiliki kulit kering, terlalu banyak lada hitam ini tentunya akan menambahnya. Jadi batasi konsumsi lada.

8. Jangan banyak dikonsumsi saat musim panas

Saat musim panas yang panas, jangan menambahkan lada terlalu banyak karena dapat meningkatkan panas tubuh dan bahkan bisa menyebabkan hidung berdarah. Jadi menghindari lada dahulu selama bulan-bulan musim panas.

Manfaat lada hitam bagi kesehatan sangat besar sekali namun harap dikonsumsi secara wajar, karena sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Tuesday 02nd, June 2015 / 04:24 Oleh :
Kategori : Herbal