Sponsors Link
     Sponsors Link

4 Manfaat Campuran Kunyit dan Madu

Sponsors Link

Bahan alam merupakan produk yang telah disediakan oleh alam yang dapat dimanfaat oleh manusia. Bahan alami yang telah ada sejak jaman dahulu memilki khasiatnya yang berbeda dan memiliki manfaat yang berbeda sesuai dengan bahannya. Bahan alami yang sudah ada sejak dahulu dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia yakni kunyit dan madu.

artikel terkait:

Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur dan juga untuk mengatasi masalah perut yang mengalami nyeri. Selain itu, kandungan kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan nafsu makan pada anak anak. Selain kunyit, bahan alami lain yang memiliki banyak manfaat yakni madu. Sudah tidak diragukan lagi jika madu banyak berperan untuk menjaga kesehatan tubuh. Madu disebut sebagai obat alami yang ampun untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Namun bagaimana jika kunyit dan madu dipadukan?

Manfaat kunyit dan madu

Manfaat apa saja yang dapat diambil dari campuran kunyit dan madu ini? Berikut beberapa manfaat dari kombinasi kunyit dan madu, yakni :

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit dan madu apabila dipadukan dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh menjaga lebih kebal dari serangan berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri dan virus. Ada temuan modern yang menyatakan bahwa, campuran kunyit dan madu, terlebih madu yang berasal dari lebah murni dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain untuk menjaga tubuh agar tidak rentan terhadap penyakit, kombinasi kunyit dan madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak rentang terhadaoat infeksi dan anti peradangan. Ramuan kombinasi kunyit dan madu selain dapat menjaga kekebalan tubuh juga dapat membantu memulihkan tubuh setelah sakit.

artikel terkait: manfaat sari kunyit

  1. Mencegah Terjadinya Givingitis

Givingitis merupakan gangguan pada mulut karena terjadi peradangan gingiva yang disebabkan oleh infeksi bakteri plak. Cara mengatasi givingitis yakni dengan menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung anti bakteri sehingga bakteri plak tidak bertambah semakin banyak setiap waktu. Campuran kunyit dan madu memiliki kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan sehingga dapat mengatasi masalah givingitis. Dengan menambahkan campuran kunyit dan madu pada pasta gigi dapat mempengaruhi jumlah laju perkembangan leukosi dan saliva di dalam mulut. Dengan mencampurkan kunyit dan madu di dalam pasta gigi dan menggunakannya untuk melakukan pasta gigi secara rutin dapat mencegah terjadinya givingitis. Cara ini lebih efektif mencegah terjadinya givingitis dibandingkan dengan hanya menggosok gigi dengan pastagigi saja.

artikel terkait: manfaat kunyit untuk sakit maag

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kelebihan gula darah dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang bahkan jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah dan komplikasi. Untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yakni dengan mengkonsumsi campuran kunyit dan madu. Dengan menambahkan lagi kencur, biji pinang dan kayu manis dalam campuran kunyit dan madu, terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Menggunakan obat alami seperti campuran bahan tersebut dapat mengatasi masalah dalam mengkonsumsi obat kimia, diantara dalam kesulitan mencarinya, harga yang mahal, dan efek samping yang ditimbulkan dalam jangka waktu yang panjang.

artikel terkait: manfaat masker kunyit

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan yang baik dari kunyit dan madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan serta kecantikan wajah. Ramuan kunyit dan madu dapat membantu mencerahkan kulit wajah dan menjadikan wajah lebih bersih dan terlihat merona. Dengan cara yang cukup mudah dan mungkin dapat diaplikasikan jika memiliki waktu luang. Hanya dengan mencampurkan parutan kunyit dan setengah sendok madu kemudian gunakan sebagai masker dalam waktu kurang lebih 10 menit, dan kemudian bilas hingga bersih. Ramuan ini dapat menjadikan kulit menjadi leih cerah sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri ketika sedang bersama orang banyak.

sponsored links
Kunyit dan madu memang memiliki banyak manfaat dan khasiat, hanya perlu ketelatenan dalam membuat ramuan ini agar dapat dilakukan secara rutin. Cara mengolahnya pun beragam, namun mungkin dapat dicoba salah satu cara meracik kunyit dan madu untuk menjaga daya tahan tubuh serta menjaga stamina tubuh.

artikel terkait: manfaat jamu kunyit asam

Cara Meracik Kunyit Dan Madu Untuk Mengatasi Flu

Dalam membuat ramuan kunyit dan madu tidak perlu keahlian khusus, hanya perlu ketelatenan sehingga dapat konsisten dalam mengkonsumsinya. Berikut cara meracik kunyit dan madu :

  1. Siapkan sekitar satu sendok makan kunyit yang sudah manjadi bubuk.
  2. 100 gram madu yang belum tercampur oleh bahan apapun. Madu yang digunakan haruslah menggunakan madu asli.
  3. Campurkan satu sendok madu tersebut beserta 100 gram madu ke dalam gelas kaca yang sudah dicuci bersih.
  4. Aduk rata kedua ramuan ini hingga benar benar tercampur secara sempurna.

Setelah semua tercampur rata, Anda tidak dapat meminumnya dalam sekali minum langsung habis. Ada dosis tertentu dalam mengkonsumsi ramuan ini. Sebagai contoh, apabila merasakan badan yang kurang sehat seperti akan flu, Anda dapat meminum ramuan ini sebanyak setengah sendok teh secara rutin setiap jam pada hari pertama. Kemudian di hari kedua, dapat dikurangi dosisnya, yakni hanya setengah sendoh teh dalam dua jam sekali. Kemudian pada hari ketiganya, dosisnya dapat diturunkan lagi menjadi setengah sendok teh setiap delapan jam sekali.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, yakni setelah meminum ramuan ini, penderita flu tersebut tidak boleh makan apapun. Selang beberapa menit baru boleh makan sesuatu. Hal ini dilakukan agar ramuan kunyit dan madu dapat bekerja dahulu tanpa kontaminasi dari jenis makanan lain. Ketika memakan ramuan ini, tidak disarankan juga untuk meludahkannya, namun sari dari ramuan ini harus dapat masuk ke dalam tubuh. Dengan ramuan ini, flu akan cepat teratasi dan tidak menimbulkan penyakit flu yang lebih parah yang dapat mengganggu aktivitas sehari hari.

artikel terkait:

Yang paling penting dan harus diingat bahwa, ketika meminum ramuan kunyit dan madu, juga perlu diperhatikan penyakit lain yang diderita oleh penderita flu. Jangan sampai jika Anda menderita kandung empedu kemudian mengkonsumsi ramuan kunyit madu. Hal ini dapat menyebabkan kontraksi pada otot. Untuk itu, penderita kandung empedu perlu berhati hati dan selalu mengkonsultasikannya kepada dokter apabila akan meminum ramuan ini.

Jika dengan bahan alami penyakit dapat diatasi, mungkin perlu mencoba agar tidak mendapatkan efek samping dari obat kimia setelah selang mengkonsumsinya dalam waktu yang panjang. Selamat mencoba.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 03rd, October 2016 / 08:37 Oleh :
Kategori : Herbal