4 Manfaat Kemiri Untuk Pengobatan

Advertisement

Manfaat kemiri sebagai bahan bumbu dapur telah digunakan secara luas baik di nusantara ataupun mancanegara. Kemiri merupakan hasil bumi yang melimpah di Indonesia sehingga sangat mudah untuk mendapatkannya pada kondisi musim apapun. Pada khasanah kuliner nusantara kemiri banyak digunakan sebagai bahan pembuatan masakannya karena menghasilkan rasa gurih pada masakan. Daerah kepulauan Maluku merupakan daerah penghasil kemiri terbanyak di Indonesia. Anugerah melimpahnya membuat kemiri dimanfaatkan untuk berbagai keperluan selain untuk memasak.

Manfaat Kemiri Untuk Pengobatan Alternatif

Penelitian diluar negeri telah menyebutkan bahwa sejumlah kandungan dari kulit dan daun tanaman kemiri telah diuji coba untuk melawan gejala kanker. Selain itu memberikan penanganan untuk berbagai penyakit pernafasan yang diderita pada anak-anak sepertigejala penyakit asma. Beberapa keluhan permasalahan lain berikut cara pengobatannya, seperti di bawah ini :

  1. Mengobati disentri : kulit batang kemiri sebanyak 10 gram direbus dengan air sebanyak 400 cc, kemudian tunggu sampai tersisa setangahnya. Minum ramuan selagi hangat.
  2. Meredakan sakit gigi – Getah batang kemiri sebanyak 3 tetas di balurkan pada gigi yang sakit. Lakukan 3 kali seminggu.
  3. Mengatasi sariawan – getah batang kemiri diambil secukupnya lalu beri santan sedikit kemudian campur rata. Balur tipis ramuan ini pada bagian yang sariawan.
  4. Demam pada anak – Beberapa tetes minyak kemiri rebus dengan air secukupnya, kemudian tambahkan 15 gram akar pulutan. Rebus sampai mendidih, lalu minumkan ramuan selagi hangat.

Beberapa alternatif kemiri untuk pengobatan ini dapat digunakan untuk pertolongan awal terhadap penyakit tersebut. Namun sejauh ini belum ada studi klinis yang meyakinkan telah dilakukan pada efek kemiri pada manusia. Oleh karena itu, manfaat terapi dan toksisitas tidak diketahui. Terlepas dari klaim yang dibuat oleh produsen produk kemiri, konsumsi kemiri harus diawasi oleh seorang ahli kesehatan yang dapat diandalkan.

Kandungan Zat Dalam Kemiri

Seperti yang telah banyak diketahui selain bahan rempah untuk masakan kandungan kemiri kaya senyawa penting bagi tubuh. Kandungan kimia yang terdapat pada kemiri mencakup seperti gliserida, asam linoleat, palmitat, stearat, miristat, asam minyak, protein, vitamin B1, dan zat lemak.Manfaat kemiri yang populer terdapat pada minyak kemiri tersebut, yang dihasikan dari tumbukan biji kemiri yang telah disangrai atau dibakar. Minyak kemiri berguna untuk menyburkan rambut seperti manfaat minyak zaitun dan mengembalikan kilau alami rambut hitam sehingga, ekstrak minyak kemiri banyak dipakai oleh para produsen shampo.

Mengenal Tanaman Kemiri

manfaat-kemiri

Kemiri

Pohon Kemiri yang asli ke Asia Tenggara dan Hawaii telah dibudidayakan di Amerika Selatan. Pohon atau pohon pernis, nuez de la India atau pohon kacang kukui, tumbuh hingga ketinggian sekitar 50 sampai 80 kaki (15-25 m). Cabang pohonnya menyebar yang tumbuh hijau pucat dan menghasilkan kemiri berdiameter 1,5 inci sampai 2,5 inci (4 cm sampai 6 cm), dengan cangkang keras luar dan kandungan minyak yang tinggi.

Di Hawaii, pohon kemiri memiliki banyak kegunaan non obat. Kemiri bisa ditumbuk menjadi pasta dan digunakan sebagai bumbu. Bunganya digunakan untuk membuat leis. Kayu yang digunakan untuk membangun kapal, yang dipernis dengan minyak kemiri. Pohon kemiri karena perannya dalam budaya Hawaii, telah ditunjuk sebagai pohon resmi negara bagian Hawaii. Kemiri yang hangus setelah dibakar, dapat dibuat menjadi tinta yang digunakan untuk tato. Minyak kemiri digunakan untuk membantu melestarikan jaring ikan. Ketika tumbuh pohon ini dikenal untuk menghasilkan hingga 180 pon kacang. Pohon adalah simbol pencerahan, kedamaian, dan perlindungan.

Advertisement
, , , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:36 Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links