Manfaat Kacang Tanah

Manfaat kacang tanah menjadi salah satu kacang-kacangan yang populer di Indonesia. Olahan kacang tanah banyak kita temui dalam bentuk yang direbus atau digoreng. Dalam kuliner Indonesia, olahan kacang tanah pada gado-gado sangat digemari turis mancanegara. Kacang tanah dijadikan seperti saus pada salad yang mencampur berbagai jenis sayuran. Tentu saja banyak khasiat yang sekaligus kita dapatkan dari sayuran tersebut, seperti manfaat kacang panjangmanfaat kentang, dan manfaat ketimun. Kacang tanah sendiri menyimpan kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh, yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Kandungan Gizi Kacang Tanah

Kacang-kacang pada umumnya menyimpan nutrisi penting dan lengkap bagi tubuh. Kacang tanah merupakan salah satu yang memiliki gizi terbaik pada kelompok kacang-kacangan. Nutrisi pada manfaat kacang tanah ini diyakini lebih baik dibanding dengan manfaat daging pada protein hewani atau pada manfaat kacang kedelai (soya). Selain protein, kandungan seperti vitamin B komplek, vitamin E, vitamin K kalsium, kolin dan lesitin. Rasa manis kacang tanah juga banyak dimanfaatkan pada cara membuat kue. Dengan banyaknya kegunaan kacang tanah ini, tidak heran jika budidaya kacang tanah menjadi primadona di negeri sendiri.

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Kandungan baik pada kacang tanah ini menjadikannya sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur. Manfaat kacang tanah yang akan diperoleh beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Konsumsi kacang tanah secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan, sangat membantu menjaga kesehatan jantung. Pada kacang tanah terdapat asam oleat yang baik bagi jantung, yang menurunkan resiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Optimalkan dengan tidak menggoreng kacangnya, sajikan dengan direbus atau dikukus.
  • Baik bagi ibu hamil
Asam folat pada kacang-kacangan perlu dikonsumsi bagi wanita hamil, apalagi diawal-awal kehamilan. Kandungan tersebut, memberikan pencegahan terhadap bayi lahir dalam kondisi cacat. Bagi wanita hamil mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan, diperlukan juga untuk perkembangan bayi seperti kandungan pada manfaat kacang merah dan manfaat kacang hijau.
  • Mengurangi rasa depresi
Pada manfaat kacang tanah juga terdapat kandungan asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat merangsang sorotonin mengendalikan mood tetap baik. Efek tryptophan menjadi anti depressant dan jika dikombinasikan dengan manfaat coklat, akan menjadi kolaborasi yang dapat memberi perasaan yang tenang dan menyenangkan.

Manfaat kacang tanah dapat menjadikannya sebagai salah satu menu yang baik dalam asupan mekanan sehari-hari anda dan rasakan manfaatnya..

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:55 Oleh :
Kategori : Tumbuhan