Manfaat Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya ternyata bagi sebagian orang belum dirasakan. Hal ini karena pada umumnya daun pepaya terasa sangat pahit yang pekan, sehingga banyak orang yang enggan mengkonsumsinya. Pohon pepaya merupakan buah yang amat populer di Indonesia, buahnya memiliki segudang manfaat yang diperlukan manusia, yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya yaitu manfaat pepaya. Daun pepaya banyak kita temui dalam khasanah kuliner Indonesia, seperti lalapan atau dibuat tumisan tapi tidak hanya itu saja, daun pepaya ini juga kaya kandungan baik yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Pepaya Baik Bagi Tubuh

Daun pepaya memiliki kandungan zat baik yang berlimpah. Maka dari itu, bagi yang kurang menyukai rasanya dapat mempertimbangkan dengan manfaat daun pepaya bagi tubuh pada ulasan ini.

  • Melancarkan pencernaan
Manfaat daun pepaya terdapat zat karpain yang mampu membunuh mikro organisme yang mengganggu pencernaan, sehingga proses metabolisme tubuh selalu terjaga dengan mengkonsumsi daun pepaya. Selain itu zat karpain juga membantu mencegah masalah pencernaan yang lebih besar seperti terjadinya gejala kanker usus besar.
  • Pencegahan terjadinya demam berdarah
Sakit yang disebabkan dari gigitan nyamuk ini setidaknya dapat dikurangi tingkat keparahannya dengan daun pepaya. Rebusan air daun pepaya dapat mengurangi demam yang terjadi dan apabila dalam waktu yang lama panasnya belum turun, dapat dikonsultasikan lebih lanjut dengan tenaga medis.
  • Mengurangi nyeri haid
Para wanita sejak dahulu memanfaatkan daun pepaya untuk permasalahan ini. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun pepaya ditambahkan sedikit garam dan gula jawa seccukupnya. -obatMinumlah ramuan ini pada saat datang bulan, tentu saja pengobatan dengan ramuan herbal tidak ada efek samping seperti obatan kimia.

Tips Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya

Masih banyak orang yang memang tidak menyukai dengan rasa pahit daun pepaya, namun dengan tips berikut ini manfaat daun pepaya dapat diperoleh dengan menghilangkan rasa pahit yang terkandung pada daun pepaya. Daun pepaya yang sudah dibersihkan direbus dengan beberapa lembar daun jambu biji, kemudian setelah direbus dapat dibilas denga air dan diolah sesuai resep. Dengan cari lain yang lebih simpel, dapat direbus saja dengan garam sampai layu dan kemudian di bilas lagi dengan air dan rebus lagi sampai matang untuk dapat diolah untuk berbagai masakan.

Mudah bukan tipsnya? Jadi jangan takut untuk mengkonsumsi daun pepaya. Selamat mencoba..

 

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:59 Oleh :
Kategori : Tumbuhan