Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Daun Mangga Untuk Diabetes

Sponsors Link

Apakah kamu pernah mengonsumsi buah mangga ? Ya buah mangga kaya akan vitamin c yang memiliki manfaat sebagai antioksidan. Disamping itu manfaat daun mangga ternyata mampu untuk mengatasi dan mengobati penyakit diabetes. Jadi tidak hanya buah mangga yang bermanfaat untuk kesehatan namun daun dari mangga dapat mengobati diabetes.

Kandungan daun mangga

Daun mangga dapat mengatasi diabetes atau penyakit kencing manis karena mengandung beberapa senyawa yang memiliki manfaat diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Vitamin a memiliki fungsi untuk mencerahkan penglihatan. Vitamin a ini banyak terdapat pada wortel dan rimbang.
  • Vitamin b berguna untuk mencegah penyakit beri – beri. Vitamin b banyak terdapat pada kacang – kacangan.
  • Vitamin c terdapat pada buah jeruk, mangga dan kiwi. Dari tiga buah tersebut kiwi dipercaya memiliki kandungan vitamin c yang lebih tinggi. Vitamin c berguna untuk mencegah dan mengobati sariawan.
  • Antioksidan berguna untuk mencegah serangan radikal bebas dari luar dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan juga menjaga keelastisan kulit untuk tetap muda dan mencegah penuaan dini.
  • Flanovoid berfungsi untuk anti bakteri yang menyerang tubuh.
  • Fenol memiliki fungsi di bidang kesehatan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

Jadi kandungan dari daun mangga ini mengandung banyak vitamin yang kompleks yang berguna untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari daun mangga ini adalah mengobati penyakit diabetes.

Artikel terkait daun mangga :

Diabetes merupakan salah satu penyakit diakibatkan dari ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin yang ada di dalam tubuh.  Berikut ini beberapa penyebab munculnya penyakit diabetes yaitu :

1.Makan yang berlebihan

Pada saat makan di luar dari batas kewajaran dapat menyebabkan banyaknya gula dan lemak yang menumpuk  dalam tubuh. Hal ini bisa jadi menyebabkan kelenjar prankeas bekerja secara berlebihan. Dan pada suatu saat kelenjar ini bisa berhenti memproduksi insulin yang tidak dapat mencukupi oleh tubuh maka gula tersebut tidak dapat di olah lagi sehingga bercampur dengan darah yang akhirnya menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

2. Terlalu banyak bergerak

Jika anda terlalu banyak bergerak tapi tidak di imbangi juga dengan makanan yang masuk maka cadangan makanan yang ada di dalam tubuh justru akan di bakar menjadi energi. Akibatnya insulin yang sudah di produksi oleh kelenjar prankeas tidak mendapat cukupan gula. Hal ini juga merupakan sebab munculnya penyakit diabetes.

3. Pada saat hamil

Saat hamil maka seorang ibu tidak hanya mencukupi kebutuhan dirinya namun juga kebutuhan sang janin yang sedang dikandungnya. Oleh sebab itu saat hamil seseorang bisa mengalami kenaikan berat badang sekitar 7 sampai dengan 10 kg. Jika hal ini tidak diimbangin dengan olahraga maka bisa menyebabkan penyakit diabetes.

Jadi penyebab dari diabetes dapat di ketahui dengan baik asalkan menerapkan pola hidup yang sehat dalam menjalankan kehidupan sehari – hari. Dan untuk mengetahui ciri – ciri dari penyakit diabetes biasanya penyakit ini memiliki tanda – tanda sebagai berikut :

  • Sering buang air kecil pada malam hari.
  • Sering merasakan haus.
  • Sering merasakan lapar.

Meskipun tanda – tanda diatas belum bisa menjamin bahwa anda terkena penyakit diabetes, karena untuk mengetahuinya anda perlu melakukan pemeriksaan diri ke dokter.

Artikel terkait :

Cara Mengolah Daun Mangga

Daun mangga mengandung beberapa senyawa yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Seperti diketahui diabetes merupakan akibat dari naiknya kadar gula dalam darah. Dan cara mengolah daun mangga untuk mengatasi kadar gula dalam darah adalah :

  • Ambilkan beberapa lembar daun mangga yang masih muda dan segar.
  • Cuci dengan air yang mengalir hingga bersih.
  • Siapkan panci dan masukkan air kedalamnya kemudian masukkan daun mangga yang telah dicuci tersebut ke dalam panci.
  • Panaskan diatas kompor dan tunggu hingga air mendidih. Setelah mendidih jangan lupa untuk matikan kompor.

Setelah dingin saring daun mangga tersebut pada waktu pagi hari kemudian tunggu hingga sore hari . Minum ramuan herbal ini pda waktu perut masih dalam keadaan kosong.

Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan Lainnya

Adapun manfaat rebusan dari daun mangga juga berguna untuk kesehatan lainnya. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat di atasi dengan rabusan daun mangga :

1.Batuk pilek

Manfaat rebusan dari daun mangga untuk kesehatan tubuh lainnya adalah untu mengobati penyakit batuk pilek. Batuk bisa disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang melemah pada saat itu . Menurunnya sistem kekebalan tubuh bisa disebabkan oleh cuaca yang sering berubah – ubah dari panas menjadi hujan dan juga kegiatan yang banyak sehingga tubuh kekurangan waktu untuk beristirahat. Sebelum terserang batuk pilek biasanya tubuh akan panas terlebih dahulu sebagai tanda demamnya tubuh disertai rasa sakit kepala ringan. Jadi untuk mengatasi batuk pilek tersebut cukup diobati dengan ramuan herbal seperti rebusan daun mangga.

Artikel terkait :

2. Asma

Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem pernafasan. Sistem pernafasan berfungsi sebagai jalan pertukaran pernafasan oksigen dan karbon dioksida. Asma dapat kambuh saat – saat tertentu dan membutuhkan bantuan alat pernafasan. Namun asma juga bisa disembuhkan dengan meminum rebusan daun mangga agar memperlancar pernafasan. Biasanya penyakit asma ini dapat diketahui saat bayi masih kecil, karena saat bayi baru lahir perlu di keluarkan lendir yang harus dikeluarkan karena jika tidak dikeluarkan akan menjadi penyakit asma. Banyak para orang tua yang telah mencoba beberapa cara untuk mengobati penyakit asma salah satunya dengan mencoba ramuan dari daun mangga ini. Minumkan rebusan daun mangga ini kepada penderita asma secara rutin dan teratur dalam keadaan perut yang masih kosong.

Artikel terkait :

3. Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu  peradangan sendi yang sering terjadi di jari – jari tangan, kaki dan pergelangan tangan. Peradangan pada sendi ini menimbulkan rasa sakit seperti ditusuk – tusuk oleh jarum dan menimbulkan rasa merah karena pembengkakkan yang terjadi di sekitar sendi. Asam urat dapat disebabkan oleh makanan yang memiliki kadar lemak yang tinggi seperti jeroan dan daging merah. Penyakit ini juga biasanya mulai menyerang tubuh diusia diatas 30 tahun. Karena itu penting bagi anda untuk sadar dalam menjaga kesehatan tuuh sejak kecil agar penyakit asam urat ini dapat di cegah sendini mungkin. Dan bagi anak yang memiliki orang tua dengan riwayat asam urat dianjurkan untuk lebih proteksi terhadap makanan yang  dimakan. Karena makanan yang dimakan adalah cerminan dari kesehatan yang anda punya nantinya di masa tua.

Sudah banyak penelitian yang melakukan uji coba terhadap tanaman – tanaman yang dapat mengobati penyakit asam urat. Salah satunya adalah rebusan dari daun mangga. Rebusan daun mangga memiliki senyawa – senyawa yang dapat membantu meringankan penyakit asam urat saat penyakit ini tiba – tiba datang pada anda.

Artikel terkait :

Jadi itulah manfaat yang terkandung dalam rebusan daun mangga yang memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan anda dan juga mengobati penyakit yang diderita. Rebusan daun mangga juga tidak memiliki efek samping terhadap tubuh karena berasal dari tumbuhan secara alami.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 08th, September 2016 / 02:37 Oleh :
Kategori : Herbal