Manfaat Cengkeh

Manfaat cengkeh sebagai tanaman apotik hidup untuk permasalahan berbagai penyakit, sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. Sebagai jenis tanaman yang melimpah ruah di Indonesia, cengkeh menjadi rempah wajib untuk berbagai masakan khas nusantara. Sifat cengkeh yang hangat kerap kali digunakan untuk pembuatan berbagai minuman, namun sebenarnya apakah manfaat mengkonsumsi cengkeh? selengkapnya pada artikel ini.

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Sebagai rempah alami cengkeh juga bermanfaat seperti halnya manfaat kunyit ataupun juga manfaat temulawak yang baik untuk kesehatan. Berikut ini di antaranya :

  • Mencegah peradangan – Berbagai zat aktif seperti flavanoid ditemui pada minyak asli cengkeh. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan pada gejala penyakit rematik misalnya. Rasanya yang hangat juga bisa menjadi ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan saluran pernapasan.
  • Mengandung nutrisi penting – berbagai vitamin, kalsium dan magnesium merupakan nutrisi penting bagi tubuh dan cengkeh menyediakannya sebagai khasiat dari alam. Bahkan terdapat zat yang menyediakan energi pada cengkeh yang juga mengandung serat.
  • Menyehatkan jantung – Sudah sejak lama penyakit jantung manjadi momok menakutkan penduduk dunia. Kandungan Eugenol pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah yang mencegah terjadinya gejala penyakit stroke.
  • Meredakan batuk –  Mengunyah cengkeh dapat menyembuhkan batuk gatal ditenggorokan. Rasanya mungkin sedikit getir dan ada pahitnya, tetapi kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.

Manfaat Cengkeh Sebagai Obat Sakit Gigi

Sudah sejak lama manfaat cengkeh ini diambil untuk penggunaan obat sakit gigi, terutama minyak cengkehnya. Minyak cengkeh (Eugenia aromatica) dapat dihasilkan dari penyulingan serbuk kuntum cengkeh kering (clove oil), serbuk tangkai kuntum cengkeh (clove stem oil), dan daun cengkeh kering (clove leaf oil). Para dokter telah menyarankan penggunaan minyak cengkeh ini untuk pereda rasa sakit gigi sebagai analgesik.

Mengatasi sakit gigi, gigi yang berlubang disumbat dengan kapas yang telah diteteskan dengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh disangrai sampai halus, lalu digiling halus, dimasukkan pada lubang gigi secukupnya, lalu ditutup dengan kapas. Lakukan dua kali sehari.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:32 Oleh :
Kategori : Herbal
Latest From Herbal