Sponsors Link
     Sponsors Link

4 Manfaat Bubuk Kedelai Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Kedelai merupakan salah satu jenis polong-polongan yang menjadi dasar pembuaatan banyak makanan di Asia. Salah satu cara konsumsi kedelai adalah dengan menjadikannya kedelai bubuk untuk dijadikan minuman. Artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat kedelai bubuk.

artikel terkait:

Kandungan Gizi Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon dan beberapa kandungan nutrisi lain yang berguna. Berikut merupakan indformasi kandungan nutrisi yang terdapat dalam kedelai antara lain sebagai berikut.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Kedelai per 100 gram

Kandungan Nutrisi Jumlah
Kalori 100 gr
Jumlah lemak

  • Lemak jenuh
  • Lemak tak jenuh ganda
  • Lemak tak jenuh tunggal
20 gr

  • 2,9 gr
  • 11 gr
  • 4,4 gr
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 1.797 mg
Jumlah karbohidrat

  • Serat pangan
  • Gula
30 gr

  • 9 gr
  • 7 gr
Protein 36 gr
Vitamin A 22 IU
Vitamin B6 0,4 mg
Vitamin B12 0 mikro gr
Vitamin C 6 mg
Vitamin D 0 IU
Kalsium 277
Zat Besi 15,7 mg
Magnesium 280 mg


artikel terkait: manfaat susu auliamanfaat ikan betok

Manfaat Kedelai Bubuk

Berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi kedelai bubuk, antara lain :

1. Membantu mengatasi intoleransi laktosa

Air susu ibu (ASI) merupakan sumber makanan yang baik, bergizi, murah dan alami bagi bayi. Namun dikarenakan satu dan lain hal, terkadang ada beberapa ibu yang mencoba mengantikan asi dengan susu lainnya, misalnya susu sapi. Padahal, tidak semua anak cocok dengan konsumsi sapi tersebut terutama yangalergi terhadap susu sapi. Respon anak yang alergi terhadap susu sapi ini bisa jadi mual, muntah, diare maupun gejala lain yang menandakan sistem perncenaan anak yang tidak mamu mencerna lemak susu (laktosa) dengan baik. Keadaan ini disebut dengan intoleransi laktosa. Nah, apabila Anak Anda mengalami intoleransi laktosa, maka Anda dapat menggunakan minuman kedelai bubuk supaya kebutuhan nutrisi anak Anda tetap tercukupi.

artikel terkait: manfaat madu untuk paru-paru

2. Sebagai minuman vegetarian

Bagi Anda yang merupakan vegetarian, Anda dapat menggunakan minuman kedelai bubuk guna membantu memenuhi nutrisi harian Anda agar dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh Anda. Vegetarian pada umumnya adalah orang yang menganut pola makan anytang daging termasuk produk lainnya yang berasal dar hewan. Jangan khawatir, selain enak, kandungan nutrisi minuman kedelai bubuk ini juga tidak kalah dengan susu sapi.

artikel terkait: manfaat susu untuk paru-paru

sponsored links

3. Membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah

Kolesterol di dalam tubuh kita akan bergabung terdapat bersama protein membentuk senyawa lipoprotein yang terdiri dari low density lipoprotein (LDL) yaitu kolesterol jahat dan high density lipoprotein (HDL) yaitu kolestrerol baik. Minuman kedelai bubuk apabila dikonsumsi dapat membantu tubuh untuk mengalau kolesterol jahat dikarenakan kandungan lesitinnya. Lesitin pada kedelai bubuk ini dapat melarutkan kolesterol darah agar tidak terdaptat penyempitan pembuluh darah. Selain itu, minuman kedelai bubuk juga mengandung isofavon yang dapat berfungsi sebagai antioksidan serta meninkatkan kolesterol baik.

artikel terkait: manfaat susu jahe

4. Membantu mencegah diabetes mellitus

Diabetes mellitus merupakan penyakit yang dikarenakan kurangnya insulin dalam tubuh sehingga mengakibatkan kelainan metabolism karbohidrat, protein, lemak, air serta elektrolit. Nah konsumsi minuma kedelai bubuk dapat membantu Anda untuk menyeimbangkan hormone insulin dikarenakan kandunga asam amino glisin dan asm amino arginine di dalamnya. Selain itu, minuman bubuk kedelai ini baik dikonsumsi penderita diabetes dikarenakan kandungan protein nabatinya yang lebih mudah diterima oleh ginjal.

artikel terkait: manfaat susu prenagen esensismanfaat susu entrasol

Demikian merupakan sedikit dari manfaat konsumsi kedelai bubuk, terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 04:18 Oleh :
Kategori : Makanan