9 Manfaat Buah Durian di Dalam Kandungan Nutrisinya

Advertisement

Manfaat buah durian sebenarnya masih tidak banyak orang yang mengetahuinya. Buah durian memang dikenal dengan aromanya yang cukup menyengat dan tidak semua orang menyukainya. Padahal, buah berbau tajam ini merupakan buah asli Indonesia dan meskipun baunya cukup menyengat, banyak pula orang yang dibuat ketagihan karena rasanya yang begitu khas.

Rasa buah ini memang khas dan sangat menggiurkan lidah bagi pecintanya, tapi sebenarnya adakah manfaat buah durian ini?? karena buah durian ini, cukup ditakutkan untuk dikonsumsi, terlebih lagi bagi penderita hipertensi.

Kandungan Gizi Buah Durian

The King of Fruit atau durian ini, memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya seperti :

  • karbohidrat
  • protein
  • lemak tak jenuh
  • vitamin B,C
  • magnesium
  • fosfor
  • kalium
  • thiamin
  • polyfenhol
  • omega 3 dan 6
  • antioksidan

1. Kalori dan Lemak

Buah durian mengandung sekitar 357 kalori, yang terdapat di dalam 1 cangkir porsi buahnya. Buah durian juga mengandung lemak namun dalam jumlah yangsedikit lemak , yaitu sekitar 13 gram per porsi untuk 33 persen dari kalori. Batasi asupan lemak sekitar% dari kalori harian, jika menonsumsi buah durian.

2. Karbohidrat

Terdapat sekitar 130 gram karbohidrat di dalam satu cangkir durian, dan ini mencukupi sekitar setengah jumlah kalori yang disarankan per hari. Saat mengkonsumsi durian, hati-hati untuk rencana makan, dengan memonitor konsumsi karbohidrat. Terlalu banyak mengkonsumsi  makanan berkarbohidrat, dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan. Sertakan juga dalam menu makan sekitar 25-38 gram serat untuk membantu mencegah sembelit, diare dan masalah perncernaan lainnya.

3. Protein

Satu cangkir durian mengundang protein sebanyak  3,6 gram atau mencukupi kebutuhan harian protein sekitar 6,4 persen menjadi 7,8 persen. Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Mei 2010 dari “American Journal of Gastroenterology” menunjukkan bahwa protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko sindrom iritasi usus besar, sehingga mendapatkan protein dari buah-buahan, sayuran dan sumber-sumber lain mungkin akan lebih baik untuk menekan resiko ini.

4. Vitamin dan Mineral

Setiap 1 cangkir durian mengandung 80 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Vitamin C juga berfungsi dalam pembentukan kolagen pada kulit dan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, durian juga mencukupi asupan vitamin B-6 yang dibutuhkan dalam tubuh setiap hari.

5. Zat besi dan tembaga

Tembaga dan zat besi dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel darah merah yang sehat. Durian juga mengandung mangan yang membantu dengan tulang dan kesehatan kulit. Tidak hanya itu, sekitar 25 persen dari asupan riboflavin dan tembaga yang direkomendasikan, ada di dalam 1 porsi buah durian.

6. Kalium

Durian memiliki banyak kandungan kalium yang sangat membantu untuk kesehatan.Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah yang juga banyak terdapat pada manfaat pisang. Zat ini berfungsi untuk menjaga kadar natrium dan membantu mengatur detak jantung.

7. TrIptopan

Triptopan dikenal sebagai obat tidur alami yang salah satunya didapat buah durian. Triptopan bekerja dengan mengatur metabolisme menjadi berbagai neurotransmitter, dan dapat membantu dalam induksi tidur, bahkan menjadi pengobatan untuk epilepsi.

8. Tiamin

Jika tubuh membutuhkan lebih banyak tiamin, buah durian bisa menjadi sumber tiamin alami seperti yang juga ada pada manfaat kacang hijau. Buah durian mengandung sekitar 30% tiamin dari asupan harian yang direkomendasikan. Zat tiamin inilah yang berfungsi menjaga metabolisme karbohidrat dalam tubuh, untuk berubah menjadi energi dan membantu dalam hal-hal seperti otot dan kesehatan saraf.

9. Folat

Zat asam tolat  banyak didapat pada buah durian, satu porsi buah durian berisi setidaknya 20% kebutuhan harian kandungan ini. Asam folat dapat membantu tubuh mencegah penyakit jantung, perkembangan janin, bahkan membantu fungsi otak berjalan dengan benar.

Asam folat ini juga banyak terdapat pada :

Penelitian Buah Durian

Kandungan pada manfaat durian tersebut telah banyak dilakukan penelitian, diantaranya adalah sebagai :

manfaat-durian1 -  Zat phytonutrient pada buah durian disebutkan dalam penelitian Ohio State University memiliki kemampuan mematikan zat penyebab gejala kanker, gejala penyakit diabetes dan menurunkan resiko gejala penyakit jantung. Vitamin C pada buah, merupakan kadar tertinggi yang dimilikinya dari buah lain. Sektar 200 mg/100 gr buah.

2- Penelitian lain dari Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalojuga menunjukkan pada durian terkandung zat phytosterol yang berguna memperbaiki reaksi sel tumor pada tubuh dan mencegah pertumbuhan timbulnya kanker.

3- Dalam upaya untuk mengembangkan varietas durian yang cocok untuk banyak orang, para peneliti Thailand membuat rekayasa buah dengan bau yang lebih menyenangkan pada tahun 2007. Namun perkembangannya menuai protes dikalangan pecinta durian, di mana durian bernilai lebih tinggi yang memiliki aroma paling menyengat.

Konsumsi Durian Yang Baik

Pada sebuah durian banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil. Namun pengkonsumsian durian hendaklah disesuaikan, jangan sampai berlebihan. Cukup konsumsi durian 100-200 gr dalam sekali makan untuk tetap menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Advertisement
, , , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:06 Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links