Manfaat Buah Durian

Manfaat buah durian masih tidak banyak orang yang mengetahuinya. Buah durian teradang banyak orang yang masih menutup hidung ketika melewati kios penjualnya. Buah berbau tajam ini merupakan buah asli Indonesia dan masih banyak orang yang enggan memakannya, namun banyak juga orang yang dibuat ketagihan untuk memakannya. Pohon durian sendiri kita dapat jumpai di pulau kalimantan, jawa dan sumatra. Rasa buah ini memang khas yang sangat menggiurkan lidah, tapi sebenarnya manfaat buah durian apa saja yang akan kita dapatkan ketika mengkonsumsinya, berikut akan kita bahas pada artikel ini.

Manfaat Buah Durian Pada Kandungan Gizinya

Durian mendapat julukan The King of Fruit, karena selain buahnya lezat durian memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Selain kandungan seprerti karbohidrat, protein dan lemak tak jenuh buah durian juga kaya vitamin B,C, magnesium, fosfor, kalium, thiamin, polyfenhol, omega 3 dan 6 dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Zat phytonutrient pada buah durian disebutkan dalam penelitian Ohio State University memiliki kemampuan mematikan zat penyebab gejala kankergejala penyakit diabetes dan menurunkan resiko gejala penyakit jantung. Vitamin C pada buah, merupakan kadar tertinggi yang dimilikinya dari buah lain. Sektar 200 mg/100 gr buah.

Penelitian lain dari Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalojuga menunjukkan pada durian terkandung zat phytosterol yang berguna memperbaiki reaksi sel tumor pada tubuh dan mencegah pertumbuhan timbulnya kanker.

Manfaat-manfaat Buah Durian

Seperti yang disebutkan di atas, durian mengandung begitu banyak zat yang baik untuk kesehatan tubuh. berikut ini adalah beberapamanfaat buah durian.

  • Pencegahan pada depresi

Hormon serotonin pada tubuh dapat dipicu dengan kandungan vitamin B6 pada durian. Hormon ini yang membangun suasana hati menjadi lebih baik.

  • Pencegahan penuaan dini

Kandungan  vitamin C pada durian membantu pembentukan kolagen pada kulit yang berfungsi meremajakan kulit. Kolagen juga berfungsi merawat kesehatan pembuluh darah, ligamen dan tulang tendon.

  • Sebagai obat tidur

Susah tidur menjadikan hal yang dapat menggangu kesehatan. Konsumsi durian dapat meningkatka kualitas tidur anda. Zat amino tripofan menyebabkan perasaan euforia yang menurunkan kecemasan dan insomnia. Manfaat buah durian yang terdapat pada kandungan melatonin dan seratonin yang, sangat penting untuk mengatur siklus tidur.

Dari sebuah durian banyak sekali yang bisa kita ambil. Namun pengkonsumsian durian hendaklah disesuaikan, jangan sampai berlebihan. Cukup konsumsi durian 100-200 gr dalam sekali makan untuk merasakan juga manfaat buah durian.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:06 Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Latest From Buah Buahan