6 Manfaat Bekam Wajah untuk Kecantikan dan Jerawat

Salah satu metode pengobatan alternatif yang cukup dikenal di masyarakat adalah bekam, yaitu proses pengeluaran darah kental yang mengandung racun dari dalam tubuh sehingga aliran darah kembali lancar. Dengan lancarnya peredaran darah tentu tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Karena seperti yang diketahui bahwa sebagian sumber atau penyebab berbagai penyakit dalam tubuh karena tidak lancar atau tersumbatnya aliran darah sehingga berbagai sel, jaringan, dan organ tubuh tidak mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Contohnya saja penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan lain sebagainya.

Baca juga:

Bagaimana sih cara kerja bekam itu sendiri? Pada dasarnya ada dua proses yang dilakukan saat berbekam. Pertama pemvakuman, yaitu penyedotan dan pengumpulan darah kotor sehingga mengumpul di permukaan kulit. Kemudian darah tersebut dikeluarkan dari dalam tubuh dengan cara menusuk sedikit bagian kulit dimana darah kotor sudah terkumpul. Pada zaman dahulu bekam dilakukan dengan berbagai cara, ada yang menggunakan tanduk, kaca, hingga lintah. Namun pada zaman sekarang bekam dilakukan secara lebih profesional dan steril. Menggunakan semacam mangkuk yang ditaruh di atas kulit kemudian dipanaskan sehingga darah terhisap. Setelah itu dilakukan sedikit penusukan untuk mengeluarkan darah.

Baca juga:

Ada banyak jenis penyakit yang diklaim dapat disebuhkan dengan bekam mulai dari pusing, sakit gigi, jerawat, hipertensi, stroke, parkinson, depresi, hingga meningkatkan kemampuan mengingat. Tidak hanya di Indonesia bekam telah lama digunakan sejak zaman dahulu di berbagai negara mulai dari Mesir, China, hingga Timur Tengah. Bahkan menurut sejarahnya masyarakat Mesir kuno telah mempraktekkan metode pengobatan ini sejak tahun 1550 sebelum masehi. Sehingga banyak sebutan untuk metode pengobatan ini. Di Arab disebut dengan al-hijamah, orang Mandarin menyebutnya pa hou kuan, blood cupping istilah dalam bahasa Inggris, sementara orang Jawa lebih suka menyebutnya dengan cantuk atau kop.

Baca juga: manfaat daun ciplukan untuk hipertensi – manfaat mengkudu untuk hipertensi

Bekam tidak melulu mengeluarkan darah karena ada dua jenis bekam yang biasa dilakukan yaitu bekam basah dan bekam kering. Bekam basah seperti yang umumnya kita kenal dimana ada darah yang dikeluarkan. Sementara pada bekam kering juga dilakukan proses pemvakuman atau penyedotan namun tidak ada darah yang dikeluarkan. Bekam masih begitu populer dan menjadi pilihan bagi banyak orang karena lebih praktis dan tentu saja relatif lebih murah daripada pengobatan medis. Meskipun belum bisa dibuktikan secara medis mengenai manfaat bekam untuk mengobati berbagai penyakit namun praktik ini telah banyak dilakukan sejak zaman dahulu hingga sekarang untuk pengobatan.

Bekam Wajah

Bekam dapat dilakukan di berbagai area tubuh mulai dari kepala, punggung, pinggang, leher, dada, kaki, hingga wajah. Totalnya ada 350 titik di tubuh yang bisa dilakukan proses bekam namun yang umumnya dilakukan ada 12 titik. Bekam di wajah? Ya di wajah. Sekilas memang terdengar menyeramkan namun dengan proses yang benar hal ini aman dilakukan, tidak sakit, serta memang sudah banyak dicoba dan terbukti mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaat bekam wajah ? Yuk teruskan baca artikel ini.


1. Mengangkat bakteri pada wajah

Bakteri menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat dan berbagai gangguan kulit pada wajah sehingga memang harus dibasmi. Selain dengan rajin mencuci wajah dengan sabun khusus wajah sesekali anda juga dapat menerapkan metode bekam untuk mengangkat bakteri-bakteri yang masih tertinggal dan melancarkan aliran darah sehingga wajah bersih dari bakteri serta terlihat semakin cantik dan sehat.

Baca juga: manfaat laser wajah – manfaat air garam

2. Merangsang regenerasi sel kulit

Dengan melakukan bekam pada wajah juga dapat membantu merangsang regenerasi sel kulit wajah sehingga sel-sel kulit mati dapat digantikan oleh sel-sel kulit baru yang dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Baca juga: manfaat vitamin e – manfaat nourish skin

3. Mencegah pertumbuhan jerawat

Bekam wajah juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Dengan berbekam darah kotor yang terdapat di area wajah akan terangkat dan aliran darah kembali lancar serta pembuluh darah di wajah dialiri dengan darah bersih yang kaya oksigen dan nutrisi sehingga tidak ada alasan untuk tumbuhnya jerawat. Bekam juga bermanfaat untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah sehingga debu dan kotoran tidak bisa menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat. Karena seperti yang diketahui minyak inilah yang mengikat debu dan kotoran sehingga dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Baca juga: manfaat natur e – manfaat facial detox

4. Menghilangkan jerawat

Bekam wajah juga dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang sudah terlanjur tumbuh. Apalagi jerawat batu yang membuat anda tidak percaya diri. Darah kotor, minyak berlebih, nanah pada jerawat, dan bakteri akan diangkat dan dibuang sehingga aliran darah kembali lancar dan darah bersih kembali mengaliri pembuluh darah wajah. Kulit wajahpun sehat dan bebas dari jerawat.

Baca juga: 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan kulit teruji – 15 manfaat es batu untuk kulit wajah

5. Menghaluskan kulit

Manfaat lain yang juga bisa anda dapatkan dengan melakukan bekam wajah adalah kulit menjadi semakin halus dan bersih. Tidak ada lagi yang namanya komedo dan jerawat karena wajah sudah dibersihkan dari darah kotor dan kini yang mengalir pada pembuluh darah di wajah adalah darah bersih yang kaya oksigen dan nutrisi penting bagi tubuh.

Baca juga: manfaat daun sirih untuk wajah – manfaat vitamin a untuk kulit

6. Menjadikan kulit wajah lebih sehat, cerah, dan berseri

Dengan  berbekam wajah menjadi bersih dan bebas dari bakteri dan jerawat, halus, darah kotor dibuang dan aliran darah lancar sehingga kulit wajah yang sehat, cerah, dan berseri menjadi milik anda.

Baca juga: manfaat minyak zaitun untuk kecantikan – manfaat sabun amoorea

Jadi tunggu apa lagi? Anda dapat mulai mencari informasi mengenai klinik bekam yang aman dan terpercaya yang ada di kota anda untuk melakukan konsultasi dan bekam wajah guna mengatasi masalah kulit anda. Ada baiknya juga anda berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai alternatif bekam wajah ini sehingga kulit wajah anda lebih sehat, halus, dan cerah.

, ,
Post Date: Saturday 29th, July 2017 / 19:49 Oleh :
Kategori : kecantikan