Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Air Kelapa Untuk Penderita Asam Lambung

Sponsors Link

Asam lambung merupakan komponen dalam tubuh manusia yang memiliki peranan cukup penting di samping organ tubuh lainnya, salah satunya adalah untuk membantu proses pencernaan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Asam lambung atau yang juga dikenal dengan sebutan asam klorida ini memiliki pH normal antara 1,5 hingga 3,5 (sekitar 20 hingga 100 mL).

Namun, ada kalanya kondisi asam lambung manusia mengalami kondisi yang abnormal, salah satu contohnya adalah ketika pH cairan lambung tersebut mengalami peningkatan atau melebihi batas normal tingkat keasamannya. Kondisi tersebut akan dapat menimbulkan berbagai macam dampak seperti timbulnya rasa tidak nyaman pada bagian perut, serta akan dapat membahayakan lambung dan organ tubuh lainnya seperti kerongkongan. Maka dari itulah sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga agar pH cairan lambung tetap dalam kondisi yang normal.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pH asam lambung yang sudah terlanjur naik, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air kelapa. Ya, selain berfungsi sebagai isoton alami, air kelapa juga berkhasiat untuk mengatasi ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh naiknya kadar asam lambung kita. Beberapa ahli gizi telah menegaskan bahwa dengan mengkonsumsi air kelapa merupakan salah satu cara yang dapat memberikan bantuan secara permanen dari terjadinya kenaikan asam lambung maupun gangguan perut lainnya.

Artikel terkait :

Berikut ini manfaat air kelapa untuk asam lambung :

1. Dalam air kelapa terdapat kandungan berbagai nutrisi seperti serat dan enzim-enzim alami yang akan membantu anda keluar dari masalah kenaikan asam lambung. Ketika anda mengkonsumsi minuman kaya kalium yang populer di daerah tropis tersebut, maka pH asam dalam tubuh kita akan menjadi basa. Selain itu, kondisi tersebut juga akan membantu perut kita dalam memproduksi lendir yang nantinya akan berguna untuk melindungi tubuh dari efek-efek yang timbul akibat produksi asam lambung yang berlebihan.

Berikut ini adalah daftar kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram air kelapa, di antaranya :

  • Kalori                    = 18 kcal
  • Lemak                   = 0,2 gram
  • Natrium                = 105 mg
  • Kalium                  = 250 mg
  • Serat                      = 1,1 gram
  • Gula                       = 2,6 gram
  • Protein                  = 0,7 gram
  • Kalsium                = 24 mg
  • Vitamin C             = 2,4 mg
  • Zat Besi                 = 0,3 mg
  • Magnesium          = 25 mg

2. Kandungan serat pangan yang terkandung dalam air kelapa yang juga sangat berguna dalam proses pencernaan yang mana kandungan tersebut akan berguna untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul akibat kurang sehatnya sistem pencernaan tubuh, seperti kenaikan asam lambung.

3. Mengkonsumsi air kelapa juga akan membantu mengatasi berbagai kondisi yang timbul akibat kenaikan asam lambung, seperti dapat mendinginkan lapisan lambung, serta dapat membantu mengurangi timbulnya sensasi terbakar pada organ lambung.

Dari penjabaran di atas bisa kita ketahui bahwa kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa baik itu makronutrient (karbohidrat, protein, dan lemak) serta maupun mikronutrient (mineral dan vitamin) sangat bermanfaat untuk membantu kinerja organ-organ pencernaan dalam tubuh kita, salah satunya adalah organ lambung, di mana air kelapa telah dipercaya mampu menetralisir asam lambung.

Artikel terkait :

sponsored links

Cara mengkonsumsi

Bagi anda yang saat ini sedang mengalami gangguan pencernaan seperti asam lambung yang naik, maka cobalah untuk meminum air kelapa sebanyak satu gelas, 30 menit setelah anda makan. Lakukanlah kebiasaan tersebut secara rutin selama 2-3 bulan. Tapi, mengkonsumsi air kelapa saja tidaklah cukup, sertailah kebiasaan tersebut dengan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi serta minuman bermineral.

Dampak mengkonsumsi berlebihan

Meskipun telah kita ketahui segudang manfaat yang ditawarkan dari mengkonsumsi air kelapa, akan tetapi perlu anda tahu bahwa mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah yang berlebihan akan membawa berbagai macam efek samping yang justru dapat merugikan kesehatan kita. Jadi, mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah yang sewajarnya adalah sangat disarankan oleh para ahli gizi.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi air kelapa, di antaranya :

  1. Memang air kelapa dapat membantu melancarkan buang air besar bagi anda yang sedang mengalami sembelit, akan tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan maka kemungkinan anda terserang diare akan semakin meningkat.
  2. Air kelapa memang memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Akan tetapi, jangan sampai anda menggantikan peran berbagai jenis minuman yang lain seperti susu serta air mineral dengan hanya mengkonsumsi air kelapa saja.
    Kebiasaan itu justru akan dapat mengganggu kinerja organ tubuh anda yang diakibatkan oleh terjadinya malnutrisi (kekurangan nutrisi) dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan nutrisi, maka daya tahan tubuh juga akan melemah sehingga resiko terkena serangan penyakit akan lebih meningkat.
  3. Bagi mereka yang mengalami penurunan fungsi ginjal, sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi air kelapa, karena kandungan kalium serta elektrolit lainnya dalam air kelapa akan dapat menyebabkan timbulnya hiperkalemi, yaitu kadar kalium dalam darah yang tinggi (lebih dari 5 mEq/L darah). Kondisi ini akan dapat membahayakan jantung.
  4. Sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi air kelapa ketika sedang dalam perjalanan ke suatu tempat. Karena kadar kalsium dalam air kelapa dapat menimbulkan efek samping lainnya seperti rasa lelah dan kejang pada otot.

Demikianlah manfaat air kelapa  bagi asam lambung kita jika kita mengkonsumsinya dengan bijak satu gelas sehari secara rutin. Hindari mengkonsumsi secara berlebihan, karena itu tidak akan mempunyai manfaat namun penyakit baru akan datang.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 31st, August 2016 / 03:30 Oleh :
Kategori : Buah Buahan