Manfaat Air Bagi Makhluk Hidup Bumi

Advertisement

Manfaat Air memang sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia, tanpa air manusia tidak akan bisa hidup dengan sebagian besar tubuh manusia terdiri dari Air.  Air Bekerja Dengan Ajaib dan dengan begitu banyak manfaat. Jika anda minum banyak air bersih tanpa kuman dan jernih, maka hal tersebut akan memacu peningkatan pada kesehatan manusia dan anda sendiri. Para peneliti menemukan bahwa minum air putih minimal harus 2 liter per hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat air putih dan manfaat kesehatan memang tidak bisa terpisahkan. Apakah air cuma hanya untuk kesehatan tubuh saja ? tentu tidak karen ia sangat penting untuk menunjang kehidupan lainnnya.

Kategori Manfaat Air

Selanjutnya jika akan membahas berbagai manfaat air untuk makhluk hidup yang ada di dunia ini.

Manfaat Air Untuk Kehidupan Manusia


1. Kebutuhan Pokok

Manfaat Air untuk pencernaan memang tidak bisa diungkiri, dengan minum banyak air putih maka kita akan mendapatkan pencernaan dan metabolisme yang lebih baik. Minum air secara rutin dan dalam jumlah yang cukup akan menjadikan baik pencernaan dan metabolisme dapat bekerja pada kapasitas terbaiknya. Penelitian terbaru dan muktahir dari salah satu universitas terbaik dunia, University of Utah menyatakan dengan lugas bahwa kekurangan air dapat menyebabkan menurun dan berkurangnya metabolisme tubuh manusia.

Selain itu tentu manusia tidak dapat hidup tanpa air, air juga menunjang berbagai fungsi tubuh agar berjalan seimbang dan benar.


2. Kebutuhan Sekunder

Air juga merupakan salah satu faktor terpenting untuk kebutuhan sekunder manusia contohnya adalah sebagai berikut

  • Mandi
  • Mencuci
  • Memasak
  • Sikat Gigi, dsb

3. Kesehatan Tubuh

Ini adalah manfaat air yang paling vital, dimana ia memiliki peran untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Bahkan banyak yang mengkaitkannya dengan terapi air yang dapat menyembuhkan beberapa  masalah kesehatan.

4. Kecantikan

Tidak hanya bagian internal, air juga berfungsi untuk bagian ‘eksterior’ tubuh manusia yakni dengan memberikan kesan kecantikan untuk wajah dan kulit. Kulit yang sehat dan wajah bersinar adalah salah satu efek alami dari konsumsi air secara rutin.

Hampir sama dengan manfaat madu, manfaat lain dari air juga sangat beragam untuk tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat berharga air untuk tubuh kita.

  1. Air putih dapat mengatasi sembelit. Air putih dapat mencegah dan mengobati sembelit, jika ada gejala sembelit ini maka sebaiknya anda meminum banyak air putih.
  2. Air putih dapat meningkatkan sirkulasi darah. Minum air putih akan dapat melancarkan aliran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh.
  3. Air putih dapat mengobati panas dalam. Air putih akan mengobati panas dalam jika diminum dalam jumlah yang banyak.
  4. Minum air putih dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Minum air putih sebelum tidur dan secara rutin maka akan dapat mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung secara mendadak.
  5. Minum air putih dapat mengobati batuk, sariawan, dan gejala panas dalam lainnya.

Manfaat Air putih berbeda manfaat lidah buaya namun manfaat mereka ini sangat banyak bagi tubuh manusia.

Manfaat Air Untuk Hewan

Manfaat air ternyata tidak hanya untuk manusia, hewan juga membutuhkan air dalam menunjang keberlangsungan hidupnya.  untuk berbagai kepentingan tubuh hewan selain untuk minum, tentu air juga bermanfaat bagi hewan dalam menunjang kebutuhan sekundernya seperti untuk ‘mandi’. Sebagai makhluk hidup air, juga penting untuk metabolisme tubuh hewan

manfaat air

Manfaat Air Untuk Tumbuhan

Tumbuhan sedikit berbeda untuk pemanfaatan air, dimana air digunakan sebagai media untuk fotosintesis bagi tumbuhan. Proses membuat makanan (fotosintesis) pada tumbuhan ini berlangsung di dalam daun. Namun komponen utama agar  proses ini dapat berjalan sempurna selain matahari adalah air. Air akan di bawa melalui akar menuju batang dan akan sampai ke daun untuk selanjutnya membantu proses fotosintesi yang akan membuat makanan untuk tumbuhan tersebut.

Manfaat Air dalam Menunjang Kehidupan Bumi

Selain tentunya untuk makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Air tentu sangat menunjang kehidupan di bumi ini. Bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi apabila tidak ada air di bumi kita? ya.. tentu akan terjadi kemusnahan masal yang artinya tidak akan ada kehidupan di muka bumi ini, termasuk seluruh makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Pentingnya fungsi air ini membuat kita harus terus menjaganya bagaimana caranya ?

  1. Tidak membuang sampah sembarangan karena akan merusak ekosistem
  2. Melakukan penghijauan
  3. Menghemat penggunaan air
  4. Menjaga dan melestarikan lingkungan

Cara mudah ini dapat membuat kita dapat menikmati pentingnya air bagi umat manusia termasuk kita sendiri.

Advertisement
,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:31 Oleh :
Kategori : Minuman
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links