Sponsors Link

5 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Untuk Bayi Ibu Hamil

Sponsors Link

Mendengarkan musik klasik pada bayi dan ibu hamil sudah banyak dilakukan, pasalnya banyak sekali manfaat yang didapatkan dari musik klasik. Musik klasik sangat bermanfaat bagi janin si ibu hamil, namun memang belum banyak ibu hamil yang mengetahui bagaimana manfaat yang didapatkan dari musik klasik, khususnya bagi bayi di kandungan. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan dibahas manfaat apa saja yang akan didapatkan oleh ibu hamil yang mendengarkan musik klasik.

ads

1. Membantu Bayi Dalam Belajar Sejak Dini

Musik klasik sendiri memang merupakan suatu hal yang penting untuk perkembangan ibu dan janin. Bagi bayi manfaat mendengarkan musik klasik yang pertama adalah dapat membantu bayi untuk belajar secara dini. Penelitian yang dilakukan oleh dokter mengatakan bahwa, irama dan nada yang didengarkan secara rutin sebelum anak dilahirkan ke dunia akan membuat bayi belajar pada prinsip persepsi dan belajar tentang penalaran dasar misalnya seperti perbandingan, pengulangan dan pergantian.

Saat janin yang belum lahir, merupakan masa yang efektif untuk melakukan stimulasi langsung ke dalam kandungan. Kemudian setelah lahir barulah bayi akan dapat mendengarkan pola suara melalui indera yang dimilikinya.

manfaat-mendengarkan-musik-klasik

Ibu Mendengarkan Musik Klasik

2. Membantu Belajar Menikmati Lagu Dan Melodi

Kemudian saat mendengarkan musik klasik bagi bayi dapat membantu bayi untuk belajar menikmati lagu dan juga melodi. Saat masih di dalam kandungan, bayi akan diajarkan untuk belajar mendengarkan melodi dari detak jantung sang ibu. Bayi yang belum lahir ke dunia akan dapat tidur terus tanpa harus terganggu meski otaknya dapat mendengar dan menangkap bunyi yang berulang-ulang.

3. Membantu Berkomunikasi Dengan Baik

Manfaat mendengarkan musik klasik untuk bayi dapat berguna bagi masa depannya, karena nantinya bayi akan belajar untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Sebelum bayi lahir ke dunia, suara yang selalu didengarnya menjadi sebuah acuan untuk selalu mendapatkan informasi.

ads

Musik dapat membantu dalam perkembangan otak janin untuk dapat menjalin komunikasi dan membuat kemampuan pada bayi dalam berkomunikasi. Musik yang selalu didengarkan berulang-ulang akan membuat bayi belajar mempelajari ucapan ibu mereka atau orang yang mengurus mereka, bayi juga akan belajar bagaimana cara untuk meresponnya.

4. Membantu Bayi Dapat Lebih Aktif

Musik klasik yang didengarkan oleh bayi ibu hamil akan membantu untuk mendorong bayi (janin) agar bisa bergerak lebih aktif. Irama yang melekat pada musik klasik sangatlah mirip dengan detak jantung sang ibu. Syaraf motorik bayi juga akan lebih aktif jika didengarkan musik klasik sehingga akan membuat bayi aktif dalam bergerak. Tidak hanya sampai disitu saja, setelah dilahirkan bayi juga akan menjadi lebih aktif.

5. Membantu Mengurangi Stress Untuk Ibu Hamil

Selain bermanfaat pada janin, bagi ibu hamil sendiri mendengarkan musik klasik dapat mengurangi tekanan atau stress. Biasanya seorang ibu hamil nantinya akan mengalami beberapa perubahan, entah itu fisik maupun mental. Seorang ibu hamil biasanya akan lebih sensitif sehingga mudah terkena stress.

Oleh karena itu dengan mendengarkan beberapa jenis musik seperti musik klasik contohnya, dengan sendirinya akan terhindar dari tekanan atau stress saat masa kehamilan. Sehingga kondisi ibu hamil yang stabil akan mempengaruhi juga kondisi bayinya menjadi lebih baik.

Itulah beberapa manfaat mendengarkan musik klasik untuk bayi ibu hamil. Contoh musik klasik yang paling sering didengarkan, yaitu karya mozart dan bach.  Saat janin masih berada di dalam kandungan mulai ajaklah bayi untuk terbiasa mendengarkan musik klasik. Musik dipercaya mampu membantu janin dalam perkembangan otaknya, tidak hanya otaknya saja yang berkembang namun juga fisik bayi akan mudah untuk berkembang.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, December 2014 / 04:15 Oleh :
Kategori : Sosial