12 Manfaat Mendengarkan Musik Jazz untuk Mengurangi Stress

Musik merupakan Bahasa yang universal dimana banyak sekali penikmat musik yang akhirnya justru menemukan banyak manfaat musik serta mendengarkannya. Salah satu genre musik yang mungkin menjadi favorit beberapa kalangan adalah musik jazz. Di Indonesia sendiri beberapa musisi seperti Indra Lesmana, Andien sampai Tompi sudah sangat dikenal.

Apa Itu Musik Jazz?

Banyak orang yang tidak terlalu paham dengan genre musik sering menganggap musik jazz tidak berbeda dengan blues padahal kedua genre musik tersebut sangatlah berbeda. Musik jazz awalnya berasal dari Amerika Serikat dan diperkenalkan sekitar awal tahuan 1900an. Musik ini merupakan gabungan dari beberapa jenis instrumen tak biasa seperti piano, gitar dan terompet. Tak hanya itu para penyanyi musik jazz pun biasanya memiliki suara yang memang khas dengan karakter jazzy-nya yang sangat kuat.

Manfaat Mendengarkan Musik Jazz

Jika Anda masih bingung ketika membedakan bagaimana musik jazz yang sebenarnya cobalah dengar Andien bernyanyi jazz maka Anda akan tahu apa yang sebenarnya dimaksud dengan musik jazz yang memang memiliki ketukan nada yang jazzy sekali. Sulit memang menjelaskannya tapi musik jazz memang pada intinya berbeda. Tak hanya itu ternyata ada juga manfaat mendengarkan musik jazz bagi kesehatan.

  1. Mengoptimalkan Kinerja Saraf Otak

Banyak penelitian yang menyebutkan manfaat mendengarkan musik saat belajar dimana kebiasaan mendengarkan musik seperti jazz dapat membantu mengoptimalkan kinerja saraf otak. Itu artinya otak menjadi tidak cepat lelah, lebih fokus dan dapat bekerja secara maksimal.

  1. Membantu Meningkatkan Kreatifitas

Seperti yang disebutkan pada poin pertama dimana salah satu manfaat mendengarkan musik jazz adalah baik untuk kinerja otak. Bagi Anda yang bekerja dan memerlukan kreatifitas, mendengarkan musik jazz dapat membantu meningkatkan kreatifitas dan kinerja Anda.

  1. Menjauhkan Anda dari Rasa Cemas

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi mudah merasa cemas padahal sedang tidak dalam kondisi yang membahayakan jiwa namun faktor banyak fikiran dan tekanan yang paling sering menjadi penyebabnya. Cobalah dengarkan musik-musik lembut seperti musik jazz dijamin dapat meredakan rasa cemas.

  1. Memberikan Ketenangan

Sama seperti manfaat musik klasik, alunan nada musik jazz dikenal dapat memberikan ketenangan jadi tidak heran jika ketika banyak orang yang sedang dalam tekanan memilih untuk mendengar musik jazz karena memang memberikan ketenangan.

  1. Mengurangi Stress

Karena sifat musik jazz yang memberikan ketenangan sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang stress atau menghadapi tekanan. Mendengarkan musik jazz terbukti dapat mengurangi level stress bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik jazz juga dapat mengurangi depresi.

  1. Membantu Memperbaiki Mood

Ada saja hal-hal yang menganggu fikiran Anda sehingga berpengaruh pada mood Anda sehingga bekerja menjadi tidak fokus. Cobalah pasang musik jazz pada playlist Anda dan nikmati ketukan nadanya yang nikmat dijamin dapat membantu memperbaiki mood.

  1. Dianggap Mampu Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Speech delay bisa menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani. Penelitian menunjukkan bahwa memperdengarkan musik jazz pada anak-anak yang mengalami masalah speech delay dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa mereka.

  1. Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur

Sama seperti manfaat musik kontemporer, banyak yang bilang bahwa mendengarkan musik jazz bisa bikin ngantuk. Sebenarnya tidak salah karena efek memberikan ketenangan pada musik jazz. Ternyata hal tersebut justru baik bagi Anda yang memiliki masalah gangguan tidur. Mendengarkan musik jazz sebelum tidur dianggap dapat membantu memperbaiki kualitas tidur.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Bekerja dan belajar memerlukan konsentrasi dan fokus yang baik. Dari pada mendengar lagu-lagu atau musik yang tidak jelas coba ganti playlist dengan musik-musik jazz dijamin belajar dan bekerja menjadi menyenangkan karena otak dapat berkonsentrasi secara optimal.

  1. Baik Didengar Ketika Masa Pemulihan

Ketika masa pemulihan setelah sakit diperlukan fikiran yang tenang agar tubuh cepat pulih. Mendengarkan musik jazz pada masa pemulihan sangatlah direkomendasikan.

  1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa sangat berbahaya karena dapat mengacu pada serangan jantung atau stroke. Selain pola hidup yang harus dijaga, berolahraga teratur, fikiran yang tenang juga penting. Mendengarkan musik jazz dapat membantu menjaga fikiran tetap tenang.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tahukah Anda bahwa tubuh yang sehat juga berasal dari fikiran yang sehat? Mendengarkan musik jazz terbukti dapat memberikan ketenangan fikiran serta perbaikan mood dan mental sehingga dianggap dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Bagi Anda yang sebelumnya tidak terlalu pilih-pilih soal jenis musik cobalah memasukkan beberapa lagi dari genre musik jazz ke dalam playlist Anda dan rasakan bagaimana musik ini memberikan perbedaan pada perasaan Anda ketika mendengarkannya karena memang banyak sekali manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan terutama bagi kesehatan mental bahkan penelitian juga menyebutkan terdapat beberapa manfaat mendengarkan musik metal bagi kesehatan mental jadi cobalah mengganti-ganti playlist Anda selain tidak cepat bosan juga baik untuk menjaga Anda tetap waras terutama ketika harus berhadapan dengan kemacetan di jalan.